Follow Us

Profil Leon Alvin da Putra, Ketua BEM UI yang Kritik Pedas Jokowi

Hanifa Qurrota A'yun - Senin, 05 Juli 2021 | 23:05
profil leon alvinda putra
kompas.com

profil leon alvinda putra

GridHITS.id - Inilah profil Ketua Badan Eksektuf Mahasiswa (BEM) UI, Leon Alvinda Putra.

Belakangan ini nama Leon Alvinda Putra memang tengah jadi sorotan.

Hal tersebut terjadi usai leon memberikan kritik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Profil Enny Sri Hartati, Ekonom INDEF yang Meninggal Karena Covid-19Kritikan pedas tersebut diunggah dalam akun resmi BEM UI, @BEMUI_Official, Sabtu (26/6/2021).Dalam kritiknya, BEM UI memberi julukan terhadap Jokowi sebagai The King of Lip Service. "Jokowi kerap kali mengobral janji manisnya, tetapi realitanya sering kali juga tak selaras.""Katanya begini, faktanya begitu. Mulai dari rindu didemo, revisi UU ITE, penguatan KPK, dan rentetan janji lainnya," tulis akun @BEMUI_Official.

Unggahan itu disertai meme sebuah kartu bridge dengan gambar Jokowi mengenakan mahkota. Leon mangatakan, postingan itu sebagai kritik terhadap Jokowi. BEM UI, lanjut Leon, mengingatkan sang presiden terkait segala perkataan yang telah diucapkan.

Menurutnya, selama ini, apa yang telah disampaikan Jokowi tak sesuai dengan kenyataan di lapangan."Sebenarnya infografis yang dibuat oleh brigade UI, organ taktis di bawah BEM UI, itu kami ingin mengingatkan bapak Presiden kita untuk bisa memastikan perkataan-perkataan yang beliau sampaikan sesuai dengan realita di lapangan.""Kami melihat banyak sekali kontradiksi antara perkataan beliau dengan apa yang terjadi di lapangan," ucap Leon, dikutip dari tayangan Kompas TV, Minggu (27/6/2021).

Baca Juga: Profil Arief Harsono, CEO Samator Group yang Dijuluki Bapak OksigenSalah satu perkataan Jokowi tak sesuai dengan realita menurut Leon, yakni ucapan Jokowi yang rindu didemo.Kenyataannya, lanjut Leon, banyak aksi represif dilakukan kepada mahasiswa, saat melakukan aksi demo.Ia mencontohkan, aksi demo mahasiswa ketika peringatan hari buruh 1 Mei."Misalnya, pertama, terkait pernyataan bahwa beliau rindu didemo. Sayangnya, banyak sekali represifitas yang terjadi ketika kami melakukan demo.""Contohnya, pada tanggal 1 Mei, lebih dari 160 mahasiswa mengalami represifitas ketika melakukan aksi hari buruh di jakarta," jelas Leon.

Profil Leon Alvinda PutraBerikut ini profil Ketua Badan Eksektuf Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI), Leon Alvinda Putra.Organisasinya tengah menjadi sorotan, seperti apa profil Leon Alvinda Putra?Dikutip dari laman resmi BEM UI, Senin (28/6/2021), Leon merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Ia masuk di UI tahun 2017.Leon menjabat sebagai Ketua BEM UI sejak Desember 2020 setelah ia memenangi pemilihan presiden BEM UI.Sementara itu, di bio akun Linkedin-nya, Leon menuliskan sejumlah pretasi yang ia raih.Ia pernah menjadi juara tiga debat marketing yang diadakan Sekolah Manajemen Trisakti pada 2018.

Baca Juga: Profil lengkap Mbak You, Punya 3 Orang Anak dan Ayahnya Seorang Anggota TNIPrestasi ini juga pernah ia posting di akun Instagramnya. Ia juga pernah meraih juara tiga kompetisi manajemen oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada 2018.

Penelusuran Tribunnews.com, semasa pelajar, Leon bersekolah di Sukoharjo, Jawa Tengah.Ia menempuh pendidikan di SMPN 1 Grogol Sukoharjo dan SMAN 1 Sukoharjo.Sejak pelajar, ia telah aktif berorganisasi.Ia tercatat pernah menjadi Duta Sanitasi Kabupaaten Sukoharjo pada tahun 2013 yang mengantarkannya menjadi Dutasi Sanitasi Jawa Tengah.Sebenarnya, ini bukan kali pertama BEM UI melancarkan kritik pada pemerintah dan menjadi sorotan.Pada 2018, Ketua BEM UI saat itu pernah mengacungkan kartu kuning kepada Jokowi saat hadir di kampus UI, Depok.

Baca Juga: Profil Ryan Hidayat, Pria Idaman Nike Ardilla Pada Masanya Aksi lain dari BEM UI yang sempat viral adalah saat mereka menyampaikan mosi tidak percaya kepada DPR pada 2019.Bahkan BEM UI menyebut DPR sebagai Dewan Pengkhianat Rakyat.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews dengan judul BEM UI Kritik Presiden Jokowi, Ini Profil Ketua BEM UI Leon Alvinda Putra

Source : tribunnews

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest