Follow Us

Nyata Tapi Unik, Fakta Ular Suci Penjaga Pura Tanah Lot Bali: Tiga Kali Lebih Beracun dari Kobra tapi Tidak Mau Menggigit Manusia

Aulia Dian Permata - Selasa, 08 Juni 2021 | 11:30
Terdapat fakta unik tentang ular suci di Pura Tanah Lot Bali
dok. penulis Aulia

Terdapat fakta unik tentang ular suci di Pura Tanah Lot Bali

GridHITS.id - Semua orang yang pernah mengunjungi pura Tanah Lot di Tabanan, Bali tentu tak akan asing dengan pemandangan pura di tengah lautan yang didirikan di atas batu karang besar itu.

Pura Tanah Lot terkenal dengan air sucinya. Di tengah pura di atas batu karang itu ada sumber mata air tawar yang muncul dari tengah-tengah lautan.

Air tawar ini dipercaya oleh umat Hindu sebagai air suci pembawa berkah.

Baca Juga: Sudah Tampi Mesra Tapi Ngaku Hanya Sahabat, Jessica Iskandar Nyatanya Sudah Mau Dibangunkan Rumah Mewah oleh Vincent Verhaag di Bali, Ada Kolam Renang di Lantai 3!

Setiap harinya, para warga di sekitar Pura Tanah Lot selalu mengantar hasil bumi dan berdoa di pura serta meminum atau membasuh wajah dengan air suci tersebut.

Selain air suci, ada pula ular suci yang jadi salah satu daya tarik wisatawan di Tanah Lot.

Ular suci ini ada di gua yang terletak di seberang pura dan dijaga oleh seorang warga asli sekitar Tanah Lot lengkap dengan sesajen serta dupa di atas liang tempat tinggalnya.

Selain memiliki sarang di dalam gua, ular suci Tanah Lot juga banyak ditemui di sekitar pura dan di sekitar sumber mata air tawar di tengah batu karang Tanah Lot.

Ular suci Tanah Lot memiliki tubuh panjang dengan warna belang hitam-putih dan kadang abu-putih serta ekornya pipih, bukan tumpul memanjang.

Bli Made, nama pemangku adat yang bertugas hari itu bercerita bahwa ular ini dipercaya muncul sebagai jelmaan dari sabuk atau selendang seorang Bramana dari Jawa bernama Danghyang Nirartha.

Baca Juga: Viral! Orang Ini Terpaksa Harus Bayar Parkir Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Sebesar Rp 9,6 Juta, Ternyata Ini yang Sebenarnya Terjadi

Source : Intisari Online

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Baca Lainnya

Latest