Follow Us

Nyesel Baru Tahu! Segudang Manfaat Tanaman Temulawak Ini Bisa Anda Dapatkan Jika Rutin Konsumsinya, Mulai dari Kesehatan hingga Menurunkan Depresi

Rachel Anastasia Agustina - Senin, 26 April 2021 | 14:00
Manfaat temulawak untuk kesehatan
Pixabay

Manfaat temulawak untuk kesehatan

GridHITS.id - Ternyata ada banyak manfaat tanaman temulawak yang bisa didapatkan oleh tubuh, mulai dari kesehatan hingga mental.Manfaat tanaman temulawak sendiri diteliti melalui senyawa yang ada di dalam temulawak, sehingga hasilnya pun bisa dibilang teruji dengan baik.Seperti diketahui, banyak obat-obatan yang bisa kita beli di pasaran untuk memberikan manfaat tertentu untuk tubuh, lalu bagaimana dengan obat tradisional?

Baca Juga: Sayang Banget Kalau Dilewatkan, Ini Beberapa Khasiat Daun Kelor yang Harus Kamu Tahu!Temulawak sendiri mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang biasanya juga ada di kunyit, tanaman yang hampir mirip.Seperti diketahui, sejak dulu temulawak memang menjadi rempah yang dimanfaatkan banyak orang untuk membuat obat tradisional.Sebab manfaat yang terkandung di dalamnya sudah tak perlu diragukan lagi, selain untuk tubuh juga baik untuk pikiran.

Melansir dari Healthline, inilah berbagai manfaat tanaman temulawak yang bisa Anda jadikan obat tradisional.1. Meningkatkan fungsi otak dan menurunkan risiko penyakit otakDuku diyakini bahwa neuron tidak dapat membelah diri dan berkembang biak setelah kita melewati masa anak-anak, atau sudah dewasa.Namun sekarang diyakini melalui penelitian bahwa neuron bisa bertambah jika kadar BDNF otak atau hormon pertumbuhan neuron ada.

Baca Juga: Tak Terekspos Media! Profesor Asal Surabaya ini Rekomendasikan Kurma dan Habatussauda untuk Tangkal Corona, Kandungannya Kalahkan Jahe dan TemulawakSetelah melalukan berbagai uji coba, akhirnya temulawak sendiri dinyatakan bisa meningkatkan kadar BDNF pada otak kita.Sehingga senyawa di dalamnya bisa meningkatkan fungsi otak seperti meningkatkan memori dan membantu otak untuk berpikir lebih logis.2. Menurunkan risiko penyakit jantungMasih melansir dari healtline, penelitian menyatakan bahwa penyebab kematian nomor satu di dunia adalah penyakit jantung.

Para peneliti sudah mempelajari senyawa kurkumin yang ada pada temulawak ternyata bisa meningkatkan fungsi endotelium yang merupakan lapisan pembuluh darah.Diketahui, disfungsi endotel adalah pendorong utama penyakit jantung dan melibatkan ketidakmmampuan endotel Anda untuk mengatu tekanan darah, sehingga pembekuan darah.Maka dari itu kurkumin sendiri ditanyakan bisa meningkatkan endotel, yaitu senyawa yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung.3. Melawan depresi

Baca Juga: Selain Berjemur Yuk Intip Cara Lain Ari Lasso Lawan Virus Corona Sembari Di Rumah AjaKurkumin yang ada pada temulawak juga disebut bisa melawan depresi untuk orang-orang yang memang merasakan hal itu.Penelitian dilakukan dengan melibatkan 60 orang dengan depresi.Setelah enam minggu, untuk penyandang depresi yang mengonsumsi kurkumin menghasilkan perbaikan yang lebih baik dari obat biasa.Sampai akhirnya kurkumin sendiri ini disebut bisa menjadi antidepresan untuk semua orang yang menderita depresi.

Nah itu dia berbagai manfaat tanaman temulawak untuk kesehatan.

Source : Healthline

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest