Follow Us

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia Bahaya Kertas Cokelat Pembungkus Makanan yang Sering Kamu Temui di Warung-warung Makan, Bisa Memicu Kanker!

Averus Al Kautsar - Selasa, 09 Februari 2021 | 18:00
Ini dia bahaya kertas cokelat pembungkus makanan - Ilustrasi Nasi Bungkus
Pixabay

Ini dia bahaya kertas cokelat pembungkus makanan - Ilustrasi Nasi Bungkus

GridHITS.id – Dapat sebabkan kanker, ini dia bahaya kertas cokelat pembungkus makanan.

Jika kamu penggemar nasi padang atau nasi bungkus, pasti sudah tidak asing lagi dengan kertas pembungkus makanan berwarna cokelat.

Kertas tersebut merupakan kertas pembungkus makanan sekali pakai yang memang jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan pembungkus makanan lainnya seperti sterefoam.

Baca Juga: Harganya Terjangkau, 7 Hal Menakjubkan ini Akan Terjadi Bila Makan Timun Sekali Sehari, Anda Akan Dibuat Kaget dengan Perubahannya

Sering digunakan di warung-warung makanan di Indonesia, terungkap fakta mencengangkan dari kertas yang sering kita gunakan ini.

Pakar toksikologi kimia mengatakan bahwa kertas berwarna cokelat tersebut ternyata mengandung zat kimia berbahaya bagi kesehatan manusia.

Dilansir GridHITS dari Grid.ID, kertas nasi mengandung bisphenol A atau BPA, yang memiliki bahaya tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Diketahui BPA sendiri sering digunakan sebagai bahan pembuat wadah atau pembungkus makanan bukan hanya dari plastik, tetapi juga kertas.

Terkait bahaya penggunaan kertas nasi ini juga sempat dipaparkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di website resminya.

Di mana Peneliti Pusat Penelitian Biomaterial Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Lisman Suryanagara mengingatkan masyarakat supaya berhati-hati dengan kertas nasi dan kertas daur ulang yang dipakai untuk membungkus makanan.

Sebab menurut penelitiannya kertas nasi untuk membungkus makanan seperti untuk nasi goreng, nasi bungkus, atau martabak yang berwarna cokelat itu memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Source : Grid.ID

Editor : Hits

Baca Lainnya

Latest