Follow Us

Kotak Hitam Ditemukan, Temuan Fakta Baru Ini Ungkap Bahwa Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Masih Hidup dan Tidak Meledak saat Jatuh di Perairan Kepulauan Seribu

Averus Al Kautsar - Rabu, 13 Januari 2021 | 12:18
Pencarian Tim SAR untuk mencari puing-puing Sriwijaya Air
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pencarian Tim SAR untuk mencari puing-puing Sriwijaya Air

GridHITS.id - Pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dan pengungkapan penyabab jatuhnya pesawat tersebut mulai menunjukkan titik terang.

Penemuan Flight Data Recorder (FDR) kotak hitam milik Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak tersebut dikatakan bisa mempercepat pengungkapan penyebab jatuhnya pesawat tersebut di perairan Kepulauan Seribu.

FDR kotak hitam dari Sriwijaya Air tersebut ditemukan pada pukul 16.40 WIB oleh petugas yang tergabung di KRI Rigel 933.

Baca Juga: Pencarian Masih Dilakukan, Inilah Jumlah Ganti Rugi untuk Ahli Waris Korban Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182 Menurut Undang-undang

Baca Juga: Tak Disangka, Seorang Pramugari Terhindar dari Kecelakaan Maut Pesawat Sriwijaya Air karena Hal Ini hingga Nyaris Bikin Keluarga Syok

Namun sekarang, tim SAR kembali masih berfokus untuk mencari bagian lain dari kotak hitam yang belum ditemukan yaitu Cockpit Voice Recorder (VCR) yang berisi rekaman percakapan dalam kokpit pesawat.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meyakini tim SAR gabungan akan segera menemukan keberadaan CVR yang masih menjadi misteri ini.

"Kami meyakini semua bahwa karena cockpit voice recorder akan ditemukan (di lokasi) sekitar itu, maka dengan keyakinan tinggi, cockpit voice recorder juga akan segera ditemukan," kata Panglima TNI dalam konferensi pers di Pelabuhan JICT II, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/1/2021) petang.

Dalam kesempatan lain, pengamat penerbangan Gerry Soejatman mengatakan jika penemuan ini merupakan tanda baik dan isi kotak hitam bisa saja segera diketahui apabila tidak mengalami kerusakan.

Namun dirinya menuturkan jika data tersebut tak akan segera diumumkan karena harus dianalasisi terlebih dahulu.

Berdasarkan hasil investigasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), sistem pesawat Sriwijaya Air SJ 182 tersebut masih berfungsi sesaat sebelum terbentur ke permukaan air.

Baca Juga: Kabar Terbaru, Dua Penumpang Sriwijaya Air SJ 182 Diduga Menggunakan KTP Orang Lain untuk Bisa Terbang ke Pontianak, Polisi dan Avsec Lakukan Investigasi Internal: 'Nanti Kita Tanya Disdukcapil'

Source : Kompas.com

Editor : Cynthia Paramitha Trisnanda

Baca Lainnya

Latest