Follow Us

Wah Hati-hati! Lebih dari 300 Ribu Orang Masuk Daftar Hitam dan Terancam Tak Dapat Bantuan Prakerja, Anda Salah Satunya?

Cynthia Paramitha Trisnanda - Minggu, 25 Oktober 2020 | 16:12
Ilustrasi bantuan prakerja
Tribunnews.com

Ilustrasi bantuan prakerja

GridHITS.id - Berbagai bantuan dialirkan pemerintah selama pandemi Covid-19.

Hal ini dimaksudkan agar sektor perekonomian Indonesia tetap berjalan normal meski banytak dampak yang mau tak mau diterima masyarakat.

Salah satu bantuan yakni bantuan yang berasal dari Kartu Prakerja yang kini sudah memasuki gelombang ke 9.

Sayangnya, ratusan ribu orang yang masuk daftar penerima harus menelan pil pahit jika namanya masuk daftar hitam.

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja telah menutup kesempatan bagi peserta program Kartu Prakerja gelombang 9 untuk membeli pelatihan pertamanya pada Jumat (23/10/2020) lalu.

Baca Juga: Segera Siapkan Rekening Anda! Bantuan Subsidi Upah untuk Karyawan yang Bergaji di Bawah Rp5 Juta Dipastikan Cair Seminggu Lagi

Baca Juga: Modalnya Cuma KTP! Yuk Segera Daftar BPUM BRI Rp2,4 Juta, Langsung Cek Nama Anda di eform.bri.co.id/bpum Head of Communciations PMO Kartu Prakerja mengatakan, sebanyak 28.786 penerima Kartu Prakerja yang telah dicabut kepesertaannya lantaran tidak membeli pelatihan pertama mereka. "Untuk gelombang 9, 28.786 kepesertaan sudah dicabut," ujar dia, Minggu (25/10/2020). Sebelumnya, jumlah penerima program yang dicabut kepesertaannya pada gelombang pertama hingga 8 sebanyak 344.959 orang.

Dengan demikian secara keseluruhan, jumlah peserta yang telah dicabut kepesertaannya berjumlah 373.745 orang.

Di dalam Permenko No. 11 Tahun 2020 dijelaskan setiap penerima Kartu Prakerja memiliki waktu 30 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak mendapat SMS pengumuman dari Kartu Prakerja.

Apabila melewati batas waktu tersebut penerima program belum membeli pelatihan, maka akan dicabut kepesertaannya. Louisa pun menjelaskan, peserta yang sudah ditarik kepesertaannya bakal masuk daftar hitam sehingga tidak boleh mengikuti program Kartu Prakerja lagi.

Baca Juga: Banyak Pemohon BLT Bantuan UMKM Tak Bisa Cairkan Dana Bantuan, Ini yang Harusnya Dilakukan Agar BLT UMKM Langsung Cair

Baca Juga: BLT UMKM Rp2,4 Juta Cair Hari Ini, Segera Cairkan Atau Uang Bantuan Ditarik Lagi Oleh Pemerintah

Source : Kompas.com

Editor : Cynthia Paramitha Trisnanda

Baca Lainnya

Latest