Follow Us

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan karena Pemakaian Masker Jangka Panjang

Rachel Anastasia Agustina - Kamis, 24 September 2020 | 13:44
Ilustrasi pakai masker.
Freepik

Ilustrasi pakai masker.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan karena Pemakaian Masker Jangka Panjang

GridHITS.id - Salah satu protokol kesehatan yang wajib dipatuhi selama berada di ruang publik adalah penggunaan masker.

Namun tak dapat dipungkiri, karena jarang menggunakan masker, tentunya sekarang ada rasa tak nyaman yang muncul.

Salah satunya adalah sakit tenggorokan yang menjadi salah satu efek jangka panjang menggunakan masker.

Baca Juga: Kabar Terbaru Covid-19 hingga Prediksi Pakai Masker dan Jaga Jarak Masih Berlangsung Lama, Ilmuwan WHO: Itu Memakan Waktu hingga 2022

Baca Juga: Viral Diperbincangkan karena Ada Petugas Medis yang Kena Razia, Ternyata Ini Kata Ahli Soal Perlukah Pakai Masker Saat Mengendarai Mobil SendirianMengapa hal ini bisa terjadi? Menghimpun data Cleveland Clinic, pakar pengobatan medis Neha Vyas mengatakan memakai masker terlalu lama memang bisa menyebabkan sakit tenggorokan.Menurutnya, orang-orang cenderung harus berbicara lebih keras agar bisa didengar oleh lawan bicara ketika memakai masker. Akibatnya, hal ini bisa menyebabkan ketegangan pada tenggorokan yang memicu rasa sakit.

Selain itu, virus atau kuman yang terperangkap di dalam masker juga bisa menyebabkan sakit tenggrokan.Masker yang kotor, entah karena terlalu lama dipakai atau cara pemakaian yang keliru, membuat kuman atau virus menumpuk di dalamya dan bisa memicu sakit tenggorokan.

"Sakit tenggorokan juga bisa dipicu oleh iritasi lingkungan, seperti udara kering atau adanya penyakit Gerd," tambah Vyas.

Baca Juga: Sudah Tak Disarankan, Catat yang Perlu Kita Ketahui dari Masker Scuba dan Buff

Baca Juga: Disukai dan Banyak Dipakai karena Praktis, Satgas Penanganan Covid-19 Malah Sebut Masker Scuba Tak Bisa Tangkal CoronaVyas juga berkata, beberapa orang memang rentan mengalami sakit tenggorokan karena berbagai faktor. "Setiap orang bisa mengalamis akit tenggorokan. Tapi, mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, menderitalaergi, atau sering berbicara bisa sangat rentan mengalaminya," ujarnya.Cara mengatasiSelain memastikan kebersihan masker yang kita pakai, Vyas menyarankan kita untuk sebisa mungkin membatasi diri agar tidak menyentuh atau melepas masker.

Ketika benar-benar perlu melepasnya, pastikan tangan kita bersih saat melepas dan memakainya kembali. Untuk mengatasi sakit tenggorokan yang sudah terjadi, kita bisa menggunakan obat antihistamin atau obat anti-inflamasi yang dijual bebas, seperti asetaminofen dan ibuprofen. Untuk memastikan cara terbaik menangani sakit tenggorokan, sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter.

Source : Kompas.com

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest