Follow Us

Sebuah Penelitian Menyatakan Anak yang Tumbuh di Area Hijau Memiliki Kecerdasan yang Lebih, Begini Paparan Ahli

Rachel Anastasia Agustina - Minggu, 30 Agustus 2020 | 15:50
Ilustrasi anak bertumbuh di area yang lebih hijau.
Freepik/prostooleh

Ilustrasi anak bertumbuh di area yang lebih hijau.

Sebuah Penelitian Menyatakan Anak yang Tumbuh di Area Hijau Memiliki Kecerdasan yang Lebih, Begini Paparan Ahli

GridHITS.id - Siapa yang menyangka ternyata membesarkan anak di daerah yang banyak ruang hijaunya bisa bermanfaat bagi kecerdasannya.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa anak-anak yang tumbuh di daerah yang lebih hijau berpotensi memiliki IQ yang lebih tinggi.

Semua itu bukanlah omong kosong semata, sebab sudah ada beberapa ahli yang dengan nyata melakukan penelitian tersebut.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Cara Menjaga Lingkungan Ala Nadine Chandrawinata, Istri Dimas Anggara Curhat: Akhirnya Lahir Satu Prakarya Lagi!

Baca Juga: Siapa Sangka Ahli Menyebutkan Bahwa Penggunaan Masker Katup Dianggap Belum Tentu Aman, Begini Penjelasannya

Melansir dari Daily Mail, sebuah tim dari Universitas Hasselt, Belgia, menganalisis IQ lebih dari 600 anak dan kemudian menggunakan citra satelit untuk memeriksa daerah hijau di lingkungan mereka.

Anak-anak dalam penelitian tersebut semuanya berusia antara 10 dan 15 tahun, menurut tim tersebut, peningkatan penghijauan sebanyak 30 persen di daerah tersebut menyebabkan peningkatan IQ sebanyak 2,6 poin.

Peneliti juga menemukan bahwa anak-anak dalam studi tersebut memiliki tingkat masalah perilaku yang lebih rendah jika mereka tinggal di area yang lebih hijau.

Maka dari itu untuk anak-anak yang berada di kategori rendah dalam IQ-nya bisa memanfaatkan penelitian ini untuk dicoba.

Meski pun masih belum ditemukan mengapa lingkungan hijau itu lebih baik untuk kecerdasan, para ahli meyakini bahwa orang yang hidup di lingkungan yang lebih hijau akan memiliki tingkat stres yang lebih rendah.

Source : Daily Mail

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest