Follow Us

Kebiasaan Mengedit Foto Ternyata Bisa Memengaruhi Kesehatan Mental, Berikut Penelitian dari Ahlinya

Rachel Anastasia Agustina - Kamis, 27 Agustus 2020 | 13:00
Ilustrasi edit foto.
Freepik/marymarkevich

Ilustrasi edit foto.

Kebiasaan Mengedit Foto Ternyata Bisa Memengaruhi Kesehatan Mental, Berikut Penelitian dari Ahlinya

GridHITS.id - Mengedit foto sepertinya sudah menjadi kebiasaan yang sangat umum dan sering dilakukan oleh beberapa orang.

Tak heran, sebab ada banyak aplikasi foto yang bisa merubah tubuh kita menjadi lebih cantik, lebih kurus, lebih putih, dan lainnya.

Namun apakah hal tersebut tetap baik untuk dilakukan?

Belakangan ini sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Flinders University menyatakan bahwa mengedit foto bisa berdampak negatif pada persepsi seseorang tentang citra tubuh sendiri.

Baca Juga: Bak Benar Digoncang Prahara, Rizki DA Hapus Foto Pernikahan, Nadya Mustika Balas Kalimat Menohok: Pura-pura Mengejar Akhirat

Baca Juga: Tak Habis Pikir, Pengemis Ini Bawa Foto Anak yang Sakit Kanker Demi Memancing Rasa Iba, Tapi Hasil Uangnya Disebut untuk Beli Sabu

Melansir dari World of Buzz, peneliti dari departemen Psikologi di Flinders University meminta 130 wanita berusia antara 18 hingga 30 tahun untuk melihat gambar mirip model terlebih dahulu di Instagram sebelum memeriksa kecenderungan pengeditan mereka.

Ternyata suasana hati para peserta secara bertahap memburuk setelah melihat penampilan wajah mereka sendiri ketika mereka meluangkan waktu untuk mengedit lima foto mereka.

Rata-rata para wanita menghabiskan waktu 4,5 menit untuk foto mereka, mengedit di lingkaran hitam, noda, mengubah bentuk wajah, hingga warna kulit.

Profesor Marika Tiggemann menyimpulkan dalam studinya bahwa wanita menginvestasikan banyak waktu dan tenaga mereka dalam mengambil, memilih dan mengedit foto mereka.

Source : World of Buzz

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest