Follow Us

Sering Dilakukan, Mencuci Daging Sebelum Dimasak Dapat Sebabkan Penyakit Berbahaya ini! Jangan Lakukan Lagi

Saeful Imam - Selasa, 23 Juni 2020 | 14:00
Daging ayam jangan lagi dicuci sebelum dimasak karena berbahaya bagi kesehatan
Tribun Manado - Tribunnews.com

Daging ayam jangan lagi dicuci sebelum dimasak karena berbahaya bagi kesehatan

Sering Dilakukan, Mencuci Daging Sebelum Dimasak Dapat Sebabkan Penyakit Berbahaya ini! Jangan Lakukan Lagi

GridHITS.id - Olahan daging ayam adalah favorit semua orang.'

Olahan itu bisa dibuat daging ayam goreng, daging ayam asap, sop daging, dan masih banyak lagi.

Tak usah heran, beberapa sekali kita pasti mengonsumsi olahan daging ayam ini. Rasanya yang lezat dan nikmat menjadikan daging banyak digemari sebagai hidangan keluarga.Bahkan, tak jarang banyak ibu-ibu menyetok persediaan daging di rumah.

Baca Juga: Heboh Daging Babi Diklaim Sebagi Daging Sapi Beredar di Pasaran, Simak Tips Cara Mebedakannya Agar Tidak Zonk

Baca Juga: Sudah Setahun Berjualan Daging Babi yang Diakuinya Daging Sapi, Akhirnya Siasat Licik Mereka Terbongkar Gara-gara ini

Mulai dari daging ayam, kambing, ataupun sapi punya cita rasa masing-masing.Memasak daging ayam memang terlihat mudah.Biasanya, sebelum mengolah daging ayam, kalian pasti mencucinya terlebih dahulu.Tapi, kebiasaan mencuci daging sebelum dimasak justru berbahaya dan tidak dianjurkan oleh ahli, lo.Mengapa demikian ya?

Alih-alih bersih, ternyata mencuci daging unggas saat akan memasaknya justru menyebarkan bakteri dan risiko kontaminasi.Dilansir dari Kompas.com yang mengutip dari Reader's Diggest, ayam mentah terkadang ditumbuhi oleh bakteri, seperti Campylobacter atau Salmonella.

Ilustrasi daging ayam
Pixabay

Ilustrasi daging ayam

Baca Juga: Heboh Daging Babi Disulap Mirip Daging Sapi di Bandung, Begini Cara Membedakan Daging Babi dan Daging Sapi

Baca Juga: Terlanjur Dikunyah dan Masuk Perut, Mi Rebus ini Ternyata Gunakan Taburan Daging Manusia yang Membuat Para Pelanggannya Geram!

Membasuh daging mentah dengan air tak langsung membuat bakteri tersebut hilang begitu saja.Layanan kesehatan nasional Inggris pun menyatakan hal serupa.Mencuci daging ayam justru akan semakin memperluas penyebaran bakteri.Air yang kalian gunakan untuk mencucinya justru dapat menyebarkan bakteri di sekitar wastafel, meja bahkan pakaian.Begitu juga dengan seorang chef profesional asal Amerika Serikat.Chef Ina Garten mengatakan kalau mencuci daging ayam sebelum dimasak akan berbahaya bagi kesehatan.Seperti diketahui, bakteri Campylobacter pada ayam mentah menimbulkan akibat fatal, seperti diare, perut keram, nyeri perut, dan demam.Lalu, apa yang harus dilakukan untuk membersihkan daging?

Source : Gridpop.id

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest