Follow Us

Waspada! Peringatan BMKG Soal Potensi Banjir Besar di Beberapa Pesisir di Indonesia Termasuk Pulau Jawa

Riska Yulyana Damayanti - Rabu, 27 Mei 2020 | 16:00
Ilustrasi banjir
freepik

Ilustrasi banjir

Waspada! Peringatan BMKG Soal Potensi Banjir Besar di Beberapa Pesisir di Indonesia Termasuk Pulau Jawa

GridHits.id - Belum usai masalah pandemi Covid-19, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan soal potensi adanya banjir rob di sejumlah wilayah di Indonesia.

Beberapa waktu terakhir, sejumlah daerah mengalami cuaca yang ekstrem seperti angin kencang hingga banjir yang terjadi di Kalimantan Timur.

Ternyata, hal tersebut tak berhenti sampai di situ, melansir dari Kompas.com (27/5/2020), BMKG kembali memberikan peringatan terkait bencana yang bisa terjadi di tanah air.

Dikabarkan bahwa ada potensi munculnya banjir rob yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Kabar Kurang Mengenakkan, BMKG Tiba-tiba Deteksi Adanya Tanda Peristiwa Alam yang Berdampak pada Cuaca Ekstrem, 6 Wilayah Ini Diminta Waspada Angin Kencang hingga Banjir Bandang

Baca Juga: Merinding! Sesuai Dengan Prediksi BMKG, Mbak You Terawang Akan Ada Musibah yang Melanda Bangsa Indonesia : Ya Allah Jaga Kami Semua

Banjir rob ini sangat mungkin terjadi akibat dari adanya berbagai kondisi alam yang mendukung volume air yang mengalami peningkatan.

"Akibat adanya aktivitas pasang air laut, kondisi gelombang tinggi, dan curah hujan tinggi dapat memengaruhi dinamika pesisir di Wilayah Indonesia berupa banjir pesisir," kata Dr Widada Sulistya DEA selaku Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau bagi masyarakat di pesisir untuk waspada.

Fenomena banjir rob ini diprediksi bisa terjadi pada tanggal 27 Mei 28 Mei 2020 di pesisir barat Lampung, pesisir selatan Pulau Jawa, pesisir selatan Pulau Bali dan pesisir selatan Nusa Tenggara Barat.

Tak hanya memberikan peringatan soal potensi banjir rob, melalui akun Instgaram, @infobmkg, BMKG juga memberikan peringatan terkait hujan lebat.

Source : Instagram, kompas

Editor : Safira Dita

Baca Lainnya

Latest