Follow Us

Kabar Kurang Mengenakkan, BMKG Tiba-tiba Deteksi Adanya Tanda Peristiwa Alam yang Berdampak pada Cuaca Ekstrem, 6 Wilayah Ini Diminta Waspada Angin Kencang hingga Banjir Bandang

Ratnaningtyas Winahyu - Kamis, 21 Mei 2020 | 20:15
Ilustrasi cuaca buruk
Pixabay.com/jeanluctelesfort

Ilustrasi cuaca buruk

GridHITS.id – Sebuah kabar kurang mengenakkan datang menimpa Tanah Air.

Bagaimana tidak, di saat wabah virus corona belum sepenuhnya terkendali, sebuah peristiwa alam diprediksi akan terjadi.

Bukan suatu hal yang biasa, peristiwa ini disebut-sebut dapat mengakibatkan munculnya cuaca yang ekstrem.

Baca Juga: Wabah Corona Belum Mereda, BMKG Kembali Wanti-wanti Soal Cuaca Ekstrem yang Bakal Menyerang Indonesia, 10 Wilayah Ini Patut Waspada!

Baca Juga: Covid-19 Kebal Cuaca Panas dan Merajalela di Arab Saudi, 150 Anggota Kerajaan Positif Corona, Raja Salman Mengungsi

Mengutip dari Kompas.com, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru-baru ini mendeteksi adanya bibit siklon tropis "98S" di sekitar wilayah Indonesia.

Siklon tropis ini diprediksi mampu berdampak terhadap cuaca yang ekstrem.

BMKG melalui Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta memantau pertumbuhan bibit siklon tropis dengan kode "98S" ini berada di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Bengkulu.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs Herizal MSi menyebutkan lokasi tepatnya berada di sekitar 1.072 kilometer barat daya Bengkulu.

Saat ini bibit "98S" memiliki tekanan udara minimum di pusatnya sebesar 1000 hPa dengan kecepatan angin maksimum berkisar antara 25 hingga 30 knot.

"Bibit siklon tropis "98S" diprakirakan berpotensi menjadi siklon dalam 6 hingga 12 jam ke depan dengan pergerakan ke arah Tenggara-Selatan menjauhi wilayah Indonesia," kata Herizal dalam keterangan tertulisnya.

Source : Kompas.com

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Baca Lainnya

Latest