Follow Us

BMKG Sebut Iklim Tropis Tanah Air akan Menghambat Penyebaran Virus Corona, Namun Jika Kita Tak Patuh dengan 1 Aturan Ini, Maka Semua Akan Gagal!

Rachel Anastasia Agustina - Selasa, 07 April 2020 | 13:00
Ilustrasi virus corona
freepik

Ilustrasi virus corona

BMKG Sebut Iklim Tropis Tanah Air akan Menghambat Penyebaran Virus Corona, Namun Jika Kita Tak Patuh dengan 1 Aturan Ini, Maka Semua Akan Gagal!

GridHITS.id - Wabah Covid-19 atau virus corona kini tengah menjadi perhatian semua kalangan masyarakat.

Sebab penyebarannya yang cukup cepat membuat ratusan negara dengan ratusan ribu pasien terinfeksi oleh virus yang satu ini.

Namun siapa sangka ternyata penyebaran virus corona dipengaruhi juga oleh iklim negara tersebut.

Baca Juga: Mbah Mijan dan Roy Kiyoshi Kompak Sebut Indonesia Akan Kembali Dilanda Bencana Setelah Virus Corona, Apa?

Baca Juga: Dianjurkan Untuk Pakai Meski Tak Sakit, Ternyata Virus Corona Bisa Bertahan Hingga Seminggu Pada Masker Kain

Seperti diketahui, Indonesia memang negara yang terkenal memiliki iklim tropis, dan itu bisa membantu meminimalisir penyebaran virus corona.

Akan tetapi semua upaya itu akan gagal jika rakyatnya tidak mematuhi aturan yang satu ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan analisis tentang pengaruh cuaca dan iklim dalam penyebaran penyakit Covid-19 di Indonesia.

Analisis dilakukan bersama 11 doktor di Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Matematika, didukung Guru Besar dan Doktor di Bidang Mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM). Kajian dilakukan dengan analisis statistik, pemodelan matematis, dan studi literatur. Kepala BMKG Dwikorita mengatakan, hasil kajian menunjukkan adanya indikasi pengaruh cuaca dan iklim dalam mendukung penyebaran wabah Covid-19, sebagaimana disampaikan dalam penelitian Araujo dan Naimi (2020), Chen et. al. (2020), Luo et. al. (2020), Poirier et. al (2020), Sajadi et.al (2020), Tyrrell et. al (2020), dan Wang et. al. (2020).

Baca Juga: Tak Ada Angin dan Hujan, Tiba-tiba Muncul Foto Syahrini dengan Pria Bule di Swiss, Siapa?

1 2 3

Source : pop.grid.id

Editor : Safira Dita

Baca Lainnya

Latest