Follow Us

Merinding, Dokter ini Perkirakan Jumlah Kasus Covid-19 Akan Melonjak Tajam di Indonesia pada Bulan Mei, Rumah Sakit Lumpuh!

Riska Yulyana Damayanti - Selasa, 14 April 2020 | 20:40
ilustrasi pasien virus corona
Freepik.com

ilustrasi pasien virus corona

Merinding, Dokter ini Perkiraan Jumlah Kasus Covid-19 Akan Melonjak Tajam di Indonesia pada Bulan Mei, Rumah Sakit Lumpuh!

GridHITS.ID - Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia kembali bertambah.

Berdasarkan data hingga hari ini, Selasa (14/4/2020) pukul 12.00 WIB pasien yang meninggal dunia karena virus corona ada 459 pasien.

Adapun, total kasus Covid-19 di Tanah Air hingga saat ini tercatat ada 4.839 pasien.

Semakin melonjaknya kasus dan karena beberapa faktor lainnya, diperkirakan hal buruk bisa terjadi, Moms.

Dilansir oleh Kompas.com dari Theconversation.com yang ditulis oleh Ketua Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin, Irwandy menjelaskan sebagai berikut.

Baca Juga: Jadi Ketakutan, Dokter Ungkap Hal Inilah yang Sebabkan Jenazah Covid-19 Tulari Virus

Baca Juga: Mbah Mijan Bicara Soal Akan Ada Dua Artis Sekaligus Anggota Dewan, Warganet Singgung Nama Krisdayanti dan Mulan Jameela, Warganet: Pertanda Apakah Ini?

Rumah sakit di enam provinsi yang menjadi “titik terpanas” penyebaran COVID-19 di Indonesia kemungkinan besar akan lumpuh pada pertengahan Mei karena dibanjiri pasien yang terinfeksi coronavirus, seperti terjadi di Italia bulan lalu, jika tidak ada tindakan antisipatif yang memadai.

Berdasarkan perkembangan data hingga 13 April dan beberapa asumsi ilmiah merujuk pada data riset berbagai negara, saya menghitung pada 13 Mei nanti, total kasus terkonfirmasi positif di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan akan mencapai 54.278 kasus.

Dari jumlah itu, dikurangi 17% karena sembuh (8,3 persen) dan meninggal (8,7 persen) menjadi 45.051 kasus, dengan 61% (27.481) di antaranya perlu perawatan di rumah sakit.

Persentase itu diambil dari analisis data per 26 Maret pasien dalam perawatan di RS di Jakarta.

Source : Kompas.com

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest