Follow Us

Bikin Bernapas Lega, Ilmuwan Yakin Jumlah Kasus Virus Corona di DKI Jakarta Tak Akan Menyentuh Angka Puluhan Ribu, Asalkan...

Ratnaningtyas Winahyu - Minggu, 12 April 2020 | 20:15
Ilustrasi virus corona
Freepik.com

Ilustrasi virus corona

GridHITS.id – Wabah virus corona masih menjadi momok bagi banyak negara, termasuk Indonesia.

Dari 34 provinsi di Indonesia, Provinsi DKI Jakarta masih menempati urutan pertama dengan korban Covid-19 terbanyak.

Mengutip dari Kompas.com, per Minggu (12/4/2020) sore, jumlah korban yang terinfeksi virus corona di DKI Jakarta telah menyentuh angka 2.044 orang.

Baca Juga: Tak Perlu Khawatir Jalani Ibadah Puasa Saat Wabah Corona, Presiden Sudah Siapkan Hal Menenangkan ni

Baca Juga: Abaikan Imbauan Pemerintah dan Nekat Gelar Resepsi Nikahan, Keluarga Pengantin ini Dihujat karena Sebabkan 37 Tamu Undangan Positif Corona

Ironisnya, di tengah wabah yang masih merajalela, sejumlah ilmuwan justru membeberkan data penelitian yang cukup mencengangkan.

Para ilmuwan yang tergabung dalam SimcovID Team dari berbagai universitas, mengatakan bahwa virus corona sebenarnya telah menginfeksi 32.000 orang di Jakarta.

“Riset ini, kami melihat fenomena yang ada. Ada juga memasukkan estimasi kebutuhan ICU," ujar peneliti ITB, Dr. Nuning Nuraini yang terlibat dalam penelitian itu kepada Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Nuning menjelaskan angka estimasi terkait ada 32.000 orang yang telah terinfeksi virus corona, terlebih dahulu melihat angka kematian akibat virus SARS-CoV-2 ini.

Lebih lanjut, Nuning mengatakan bahwa data kematian tersebut lantas diestimasi melalui model SEIQRD (Suceptible-Exposed-Quarantine-Recovery-Death).

Olahan data tersebut lantas digunakan untuk menentukan kasus yang tidak terdeteksi.

Source : Kompas.com

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Baca Lainnya

Latest