Mana yang Lebih efektif dan Cuan Facebook Ads atau Instagram Ads? Ini Dia Perbedaannya!

Jumat, 16 Desember 2022 | 16:00
Unsplash

Mana yang lebih efektif dan cuan Facebook Ads atau Instagram Ads? Temukan jawabannya di artikel ini.

GridHITS.id -Mana yang lebih efektif dan cuan Facebook Ads atau Instagram Ads?

Baca artikel ini sebelum pasang iklan di internet!

Siapa yang tak kenal dengan media sosial Facebook dan Instagram?

Kedua media sosial ini diketahui memiliki basis pengguna yang begitu besar.

Miliki kelebihan masing-masing, media sosial ini diketahui begitu populer.

Facebook dan Instagram merupakan dua media sosial yang ada di satu naungan perusahaan Meta.

Fitur Bisnis di Facebook dan Instagram

Tak hanya untuk terhubung dengan kawan lama, kedua media sosial ini juga sering digunakan untuk berbisnis.

Salah satu fitur bisnis yang kerap digunakan adalah fitur ads.

Fitur Ads merupakan fasilitas beriklan yang disediakan oleh Facebook maupun Instagram.

Untuk Anda yang memiliki bisnis, fitur ini cocok untuk meningkatkan kesadaran publik soal produk Anda.

Karena dengan fitur beriklan ini, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang secara efektif.

Baca Juga: Ketahui Ini Cara Beriklan di Facebook Ads, Rupanya Seperti Ini

Mana yang Lebih Cuan? Ini Dia Perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads

1. Demografi

Secara demografi, pengguna Facebook memang jauh lebih besar dan luas bila dibandingkan dengan Instagram.

Bila dibandingkan dengan Facebook, pengguna Instagram lebih didominasi anak muda.

Selain itu Instagram juga didominasi perempuan dengan besaran presentase 51%.

Jika Anda ingin mengincar pasar wanita dan anak muda, Instagram tentu merupakan pilihan yang tepat.

Namun, jika Anda ingin mengincar pasar yang lebih universal, Anda bisa menggunakan Facebook.

2. Jangkauan

Jangkauan secara organik bisa didapatkan dengan lebih mudah menggunakan Instagram.

Jangkauan adalah angka total dari jumlah orang yang melihat konten Anda di media sosial.

Hal ini bisa terjadi karena beragam fitur yang dimiliki Instagram, misalnya Suggestion for You.

Walau begitu, Anda bisa menentukan target audiens secara lebih spesifik lagi bila menggunakan Facebook Ads lantaran miliki fitur Facebook Manager.

3. Engagement

Engagement adalah interaksi pengguna dengan postingan dari Anda.

Secara engagement, Instagram dinilai lebih unggul dalam mendapatkannya.

Baca Juga: Coba! Cara Pasang Iklan di Facebook Ads dan Atur Biaya Sendiri

Diketahui ada 80% pengguna Instagram yang mengikuti setidaknya 1 akun bisnis.

Bahkan terhitung 72% dari akun tersebut melakukan pembelian melalu iklan yang dilihat.

4. Jumlah Pengguna

Seperti yang diketahui, Facebook memiliki jumlah pengguna aktif terbanyak di dunia.

Tercatat ada 2,9 miliar orang yang menggunakan Facebook di seluruh dunia, sedangkan di Indonesia sendiri sudah mencapai 129 juta lebih.

Dengan jumlah pengguna yang begitu besar, Anda tentu saja akan lebih mudah untuk menjangkau lebih banyak orang bila melalui Facebook.

Lantas mana yang lebih cuan?

Semua itu tergantung dari apa tujuan Anda memasang iklan.

Jika Anda ingin mempromosikan produk Anda ke lebih banyak orang di beragam kalangan, maka Facebook adalah pilihan yang tepat karena Anda bisa menentukan target iklan secara lebih spesifik.

Sedangkan, jika Anda ingin mendapatkan engagement lebih dari iklan Anda, maka Instagram adalah pilihan yang lebih tepat.

Itulah dia jawaban darimana yang lebih efektif dan cuan Facebook Ads atau Instagram Ads.

Ingin coba yang mana?

Baca Juga: Bagaimana Cara Optimalisasi Penjualan Melalui Facebook Ads? Ikuti Langkah-langkah Ini!

Editor : Averus Al Kautsar

Sumber : GridHits.ID

Baca Lainnya