Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Belum Sempat Pulang ke Rumah Usai Lulus Pendidikan, Anggota Brimob ini Dijemput Sang Ayah dalam Kondisi Tak Bernyawa, Warganet Banjir Air Mata

Rabu, 15 Juni 2022 | 16:40
Tribratanews

Belum Pernah Bertemu Sejak Berangkat Pendidikan Polisi, Ayah Bharada Aldy Tak Mampu Menahan Sedih Saat Jemput Jenazah Sang Anak

GridHITS.id - Gugur dalam tugas adalah resiko bagi setiap anggota TNI-POLRI.

Kadang, mereka gugur usai lulus dari kepolisian.

Bahkan, tak sedikit dari mereka yang langsung ditugaskan ke daerah berbahaya.

Hingga tak sedikit dari mereka yang meregang nyawa.

Ini jugalah yang terjadi pada anggota Brimob yang bertugas di Papua.

Ia menjadi korban kebrutalan KKB yang terjadi di Kabupaten Nduga, Papua, tersebut menyisakan duka mendalam bagi salah satu keluarga anggota Brimob yang gugur dalam tugas.

Padahal, ia adalah tulang punggung bagi keluarga karena ayahnya adalah seorang buruh di Nunukan.

Kontak senjata itu terjadi antara KKB dananggota Brimob yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi di Mugi, Kabupaten Nduga, Rabu (20/3/2019).

Gara-gara kontak senjata itu,satu anggota Brimob gugur dan dua lainnya luka berat.

Baca Juga:Fakta Baru dan Mengejutkan Kasus Subang, Para Saksi Dicecar Soal 3 Hape Milik Handphone Milik Amalia, Konon Salah Satu Handphone Masih Menyala dan Lokasinya Tak Jauh dari TKP

Insiden yang terjadi sekitar pukul 07.20 WIT itu terjadi saat anggota sedang melaksanakan pengamanan bandara dalam rangka pendorongan logistik serta untuk pendaratan helikopter yang membawa Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Tindak, Kombes Pol. Jhon Sitanggang, S.I.K., bersama tim.

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin kepadaAntara, Rabu (20/3/2019), membenarkan terjadinya insiden yang menyebabkan meninggalnya satu anggota Brimob itu.

Memang benar ada kontak tembak antara anggota brimob dengan KKB hingga menewaskan satu anggota brimob dan dua anggota lain terluka.

Korban saat itu langsung dievakuasi k RSUD Timika menggunakan helikopter.

Dikutip dariTribratanews, anggota brimob yang menjadi korban dalam kontak tembak tersebut adalah Bharada Aldy, sedangkan yang terluka yakni Ipda Arif Rahman dan Bharada Ravi Fitrah Kurniawan.

Bharada Aldy meninggal dunia dengan luka temba di bahu bagian ketiak kanan.

Sementara Ipda Arif Rahman menderita luka tembak di bahu kiri, tembus punggung belakang dan Bharada Ravi Fitrah Kurniawan menderita luka tembak di pinggang kanan belakang.

Facebook TPNPB/Tribratanews
Facebook TPNPB/Tribratanews

1 Anggota Brimob tewas tertembak KKB Papua

Sosok Bharada (Anumerta) Muhammad Aldy, anggota Resimen II Pasukan Pelopor Brimob Kelapa Dua Jakarta, korban penembakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua, menjadi perbincangan masyarakat di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Aldy diketahui merupakan tulang punggung dari keluarganya yang tinggal di Kalimantan Utara.

Baca Juga:Semakin Terpojok Usai DNA-nya Ditemukan Pada Benda ini di Rumah Korban Pembunuhan di Subang, Pria ini Akhirnya Akui Masuk Rumah Sebelum Polisi Tiba di Kasus TKP Subang karena Disuruh Sosok ini

Ia juga disebut kebanggaan keluarga dari ayahnya yang berprofesi sebagai buruh di Nunukan, Kalimantan Utara.

"Iya, (almarhum) termasuk tulang punggung dan kebanggaan pihak keluarga. Korban adalah putra dari seorang buruh di Nunukan, Kalimantan Utara," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, JL Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).

Handout/Brimob
Handout/Brimob

Sosok Bharada Aldy, Anggota Brimob yang Gugur Saat Kontak Senjata dengan KKB di Nduga Papua.

Bharada Aldy merupakan anak kedua dari keluarganya.

Almarhum lahir pada 3 April 1997.

Dikutip dariAntara, sebelum memutuskan mendaftar Polri pada tahun 2017, Aldy bekerja sebagai buruh di Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, membantu ayahnya.

Amir, ayah Bharada (Anumerta) Aldy, di Nunukan, Kamis (21/3/2019) menuturkan, selepas tamat SMA pada tahun 2016, almarhum sempat menganggur satu tahun.

Pada saat menganggur, ia membantu ayahnya yang bekerja sebagai buruh angkut di pelabuhan.

Aldy saat ingin menjadi anggota Polri sehingga orang tuanya mengizinkannya mendaftar Brimob pada 2017.

Tribun Kaltim / Wil
Tribun Kaltim / Wil

5 Fakta Sosok Bharada Aldy, Anggota Brimob yang Gugur Saat Kontak Senjata dengan KKB di Nduga Papua

Baca Juga:Akhirnya Terungkap Fakta Terbaru Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Polisi Gunakan Alat Deteksi Kebohongan Saat Periksa Yosef dan Istri Mudanya, Begini Hasilnya

Aldy sejak lulus pendidikan Tamtama 2018 lalu, ia bertugas di Markas Komando Brimob Kelapa Dua Depok.

Tribratanews
Tribratanews

Anggota Brimob terlibat kontak senjata dengan KKB Papua

Kemudian pada Februari 2019, almarhum mendapatkan penugasan di Papua.

Lebih dari sebulan ia ditugaskan dalam penjagaan keamanan di Nduga, Papua.

Ayahnya, Amir, sangat sedih mendengar kabar anaknya meninggal dunia akibat luka tembak kelompok bersenjata di Kabupaten Nduga pada Rabu (20/3/2019) sekira pukul 08.00 WITA.

Amir mendapat kabar duka ketika melalui telepon saat sedang bekerja di Pelabuhan Tunon Taka.

"Saya sangat sedih, Pak," tutur dia sambil bergegas berangkat ke Tarakan menjemput jenazah anaknya yang rencananya tiba malam nanti dari Balikpapan menggunakan pesawat Lion Air.

Amir menceritakan, sejak lepas pendidikan Polri, almarhum pada tahun 2018 langsung ditempatkan di Resimen II Pasukan Pelopor Brimob, Jakarta.

Selama itu pula belum pernah pulang ke Kabupaten Nunukan menemui orang tuanya hingga diberangkatkan oleh negara sebagai pasukan pengamanan di Kabupaten Nduga.

Almarhum Muhammad Aldy mendapat kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) satu tingkat menjadi Bhayangkara Satu (Bharatu).

Facebook via Tribun Medan
Facebook via Tribun Medan

Bharada Aldy bersama kawan-kawannya.

Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan bahwa tiap anggota Polri yang gugur dalam tugas, berhadapan atau kontak langsung dengan pelaku tindak pidana atau kejahatan, akan langsung diproses untuk mendapatkan KPLB.

Baca Juga:Bukannya Malu Satu Indonesia Menjulukinya Pelakor Senior, Mayangsari Mengaku Lebih Bersimpati Kepada Orang yang Pernah Selingkuh Ketimbang Setia

"Untuk anggota yang gugur atas nama Bharada Muhammad Aldy sudah mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa 1 tingkat lebih tinggi, menjadi Bharatu," katanya.

Dilansir dariTribunnews, Kamis pagi (21/3/2019) jam 07.00 WIT, jenazah almarhum Bharada Lady akan diterbangkan dari Timika ke Jayapura.

Lalu pada pukul 11.00 WIT akan diterbangkan ke Makassar lanjut ke Balikpapa, kemudian ke Tarakan.

Diperkirakan jenazah akan tiba di Tarakan pada pukul 19.30 dan akan dimakamkan pada hari Jumat (22/3/2019) siang di Taman Makam Pahlawan Jaya Sakti Nunukan.

Baca Juga:Rela Selingkuh dengan Mantan Adik Ipar Irwan Mussry, Prahara Pernikahan Aktris Sinetron Ini Berbuntut Tak Menyenangkan hingga Berakhir ke Meja Hukum Gegara Lakukan Penyerangan di Klub Malam, Siapa?

Artikel ini telah ditulis di GridPOP.ID dengan judul : Belum Sempat Pulang Kampung, Jenazah Bharada Aldy yang Gugur Dalam Tugas Negara Dijemput sang Ayah

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya