Polisi Diduga Temukan Jalan Buntu, Krimonolog UI Ungkap Fakta-fakta Menyebutkan Pelaku adalah Orang di Sekitar Korban : 'Pelaku Bukan Orang Jauh-jauh'

Minggu, 29 Mei 2022 | 09:30
tribun

Kriminolog UI sebut pembunuh kasus Subang adalah orang yang dikenal korban

GridHITS.id- Sudah8 bulan berlalu,pelaku pembunuhan ibu dan anak di Subang belum juga ditemukan.

Aparat tampaknya berhati-hati hingga belumjuga mengumumkan tersangka.

Beberapa waktu lalu, saksi-saksi sudah dihadirkan, tapikasus ini belum juga terungkap.

Sampai sekarangpolisi masih bekerja kerasmelakukan penyidikanuntukmembongkar kasus ini.

Pelaku sudah dibuatkan sketsa dan dikejar.

Namun, belum ada tanda-tanda pelaku ditangkap.

Sampai saat ini pun, polisi belum mengungkapkan pelakunya.

Namun, kriminolog UI ungkap pelaku kasus Subang pasti orang dekat korban

Beberapa bukti menguatkan ke arah hal itu.

Baca Juga:KALEIDOSKOP 2021: Berikut Ini 5 Berita Kriminal Paling HITS 2021, Oknum Guru Hamili Belasan Santriwati hingga Kasus Subang yang Masih Jadi Misteri

Meski begitu, sang ahli menilai wajar dengan apa yang dilakukan polisi.

Kriminolog Universitas Indonesia Adrianus Maliala beranggapan justru lebih baik polisi belum merilis tersangka, daripada polisi menetapkan tersangka karena diburu dan dipaksa.

"Itu bahaya juga," kata Adrianus dikutip dari tayangan Buser yang diunggah di channel youtube Liputan 9, Jumat (27/5/2022).

Menurut Adrianus, kasus ini menarik karena korban dan kemungkinan pelaku bukan orang lain.

Bukan tanpa alasan Adrianus berpendapat demikian, karena menurutnya korban memiliki lingkungan pergaulan yang sebetulnya kecil, bukan pejabat, pengusaha besarserta bukan orang yang memiliki social hitam.

"Dengan kata lain, lingkungan pergaulannya terbatas. Dapat diduga pelaku pun orang-orang di sekitar korban saja," katanya.

Fakta lain yang memperkuat dugaan ini karena pelaku leluasa melakukan aksinya.

"Pelaku menguasai betul situasi, kemungkinan pernah kesini. Kemungkinan dikenal korban juga sehingga dia sangat familier. Dia tahu di kanan kiri depan sangat sepi sehingga beranggapan tidak ada orang yang akan mendengar walaupun ada teriakan," ujar Adrianus.

Menurut Adrianus, waktu enam jam yang dipakai pelaku memungkinkan dia bisa melakukan banyak hal dalam rangka menghilangkan jejak barang bukti.

Baca Juga:Fakta Baru dan Mengejutkan Kasus Subang, Para Saksi Dicecar Soal 3 Hape Milik Handphone Milik Amalia, Konon Salah Satu Handphone Masih Menyala dan Lokasinya Tak Jauh dari TKP

Dari keleluasaan itu sangat memungkinkan juga jika ada dugaan korban sempat dibawa dengan mobil lalu masuk lagi.

Lalu kenapa kalau korban bukan orang lain, polisi kesulitan menemukan link antara korban dan pelaku?

Menurut Adrianus, kondisi ini justru yang membuat menarik kasus ini.

Karena biasanya kesulitan itu dialami ketika pelakunya random seperti orang yang kebetulan lewat atau musuh korban.

"Tapi di sini korban hanya ibu rumah tangga baik-baik yang sederhana. Demikian juga anaknya juga tidak memiliki pergaulan yang luas sehingga bisa dipastikan pelaku bukan orang jauh-jauh sebetulnya," katanya.

Kalau sampai sekarang polisi belum menemukan tersangka, Adrianus menduga penyebabnya karena kualitas pemeriksaan dokter forensik dalam rangka memperkirakan penyebab kematian, kapan dan hal lain yang tidak baik sehingga korban harus diotopsi ulang.

Bahkan, otopsi kedua ini menganulir pendapat dari otopsi pertama.

"Itu saja bisa memperlambat lho, tadinya polisi berkesimpulan A, gara-gara kesimpulan matinya ternyata, terpaksa berubah," katanya.

Selain itu, saat pertama polisi datang ke TKP juga penanganannya agak jorok. "Yang datang siapa saja, semaunya, megang-megang, masuk, ngacak-ngacak sehingga tIdak jelas mana jejak pembunuh dan jejak polisi," katanya.

Baca Juga:Semakin Terpojok Usai DNA-nya Ditemukan Pada Benda ini di Rumah Korban Pembunuhan di Subang, Pria ini Akhirnya Akui Masuk Rumah Sebelum Polisi Tiba di Kasus TKP Subang karena Disuruh Sosok ini

Mungkinkan pelaku seorang profesional?

Menurut Adrianus di kasus ini bisa saja tidak dilakukan oleh profesional.

Profesional dapat ditutupi dengan perencanaan yang matang, sekaligus punya waktu yang panjang dan waktu mengenal situasi sehingga dia bisa berbuat sepeti seorang profesional.

"Dia tidak pernah membunuh dan tidak punya riwayat itu, tapi karena merencanakan secara matang, apalagi mengenal lokasi, kenal korban, dan punya waktu yang cukup untuk melakukan sesuatu, sehingga itu bisa berbuat seperti laiknya profesional," tandasnya.

Di bagian lain, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, perkara ini memang belum menunjukkan titik terang.

Terkait janji pengungkapan yang sebelumnya akan dilakukan di bulan ramadhan lalu, Ibrahim Tompo mengatakan pihaknya cuma bisa memberikan harapan.

"Memang kita cuma bisa memberikan harapan saja, tetapi itu bukan sebuah janji

"Terkait pengungkapan kasus, kita pengen cepat terungkap, namun dengan kendala yang ada kita belum bisa menyelesaikan dan tetap jadi utang bagi kita," katanya.

Dia berjanji jika kasus ini sudah terungkap pasti akan diinformasikan ke publik, "Penyidik sangat bekerja keras. TIdak berhenti update kejadian Sampai ada 216 alat bukti yang sudah terkumpul, ini termasuk banyak. Dan ada saksi 121 saksi yang di=BAP maupun yang diinterogasi di lapangan Kita update terus, bilamana ada petunjuk kita telusuri," tegasnya

Baca Juga:Akhirnya Terungkap Fakta Terbaru Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Polisi Gunakan Alat Deteksi Kebohongan Saat Periksa Yosef dan Istri Mudanya, Begini Hasilnya

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul TERBARU KASUS SUBANG, Kriminolog Sebut Pelaku Orang di Sekitar Korban, Fakta-Fakta ini Menguatkan

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya