8 Cara Alami Meredakan Sakit Haid, Dijamin 100 Persen Ampuh!

Sabtu, 28 Mei 2022 | 13:29
Freepik

Ilustrasi meredakan sakit haid

GridHITS.id - Ternyata ada beberapa cara alami untuk meredakan sakit haid yang jarang dibahas.

Ya, menstruasi memang sudah menjadi bagian dari wanita terutama di usia produktif.

'Tamu' bulanan yang satu ini juga memberikan berbagai efek samping pada tubuh.

Namun ada juga beberapa wanita yang memang tak merasakan efek samping apapun saat menstruasi.

Salah satu efek samping yang sangat umum adalah rasa nyeri atau sakit.

Biasanya rasa sakit itu akan dirasakan disekitaran perut hingga pinggang dan pinggul.

Dan akan banyak obat atau pereda nyeri yang tentunya direkomendasikan.

Namun ternyata ada cara alami yang bisa kita coba untuk mengatasi masalah ini.

Anda cukup lakukan beberapa hal ini selama sakitnya datang.

Baca Juga: Cara Mengurangi Nyeri Haid dengan Cara Alami, Ternyata Sangat Mudah

Cara alama untuk meredakan sakit haid

1. Kompres dengan air hangatTips yang pertama meredakan haid adalah dengan cara mengompres perut bagian bawah atau bagian yang sakit dengan air hangat.Hal tersebut akan bisa meredakan rasa sakit dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.2. Olahraga ringanOlahraga ringan dipercaya dapat mengurangi sakit saat haid.Sebuah studi Taiwan menemukan bahwa 12 minggu kelas yoga dua kali seminggu mengurangi kram menstruasi pada peserta penelitian.3. OrgasmeOrgasme adalah obat yang bagus untuk meredakan sakit haid. Mirip dengan olahraga, mengalami orgasme melepaskan banyak endorfin dan hormon lain yang menghilangkan rasa sakit, membantu seseorang merasa baik.

Baca Juga: Ramuan Alami untuk Redakan Haid, Jangan sampai Salah Pilih Bahan!

4. AkupunkturPenelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur dapat meredakan sakit haid.Perawatan ini dapat mengurangi peradangan, selain melepaskan endorfin dan membantu seseorang rileks.5. PijatMelakukan pemijatan atau melakukan pemijatan sendiri pada perut juga dapat mengendurkan otot panggul dan mengurangi kram.Orang dapat dengan lembut menggosok minyak pijat, body lotion, atau minyak kelapa ke kulit mereka.6. Pijat dengan minyak esensialSebuah studi 2013 membandingkan pereda nyeri haid setelah pijat perut pada dua kelompok siswi.Satu kelompok dipijat hanya menggunakan minyak almond, sedangkan kelompok lain dipijat menggunakan campuran minyak esensial yang terdiri dari kayu manis, cengkeh, lavender, dan mawar dengan basis minyak almond.

Baca Juga: Ada Cara Mudah untuk Mengatasi Haid Tidak Teratur, Begini Caranya

Para peneliti menemukan bahwa kelompok yang menggunakan minyak esensial merasakan kelegaan yang lebih signifikan dari nyeri haid daripada kelompok yang hanya menggunakan minyak pembawa.Wanita dapat mencoba menambahkan beberapa tetes setidaknya satu dari minyak esensial ini ke minyak pembawa untuk pijat perut yang efektif.7. Minum teh herbalMeminum teh herbal dipercaya dapat mengurangi rasa sakit haid karena dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.Selain untuk meredakan rasa sakit haid meminum teh herbal juga baik untuk kesehatan.8. Jangan makan sembaranganJangan makan sembarangan karena hal ini bisa memacu rasa sakit haid.Hindari makanan seperti gorengan, alkohol, kopi, serta jangan terlalu banyak merokok sampai rasa sakit haid hilang.Itulah beberapa cara meredakan sakit haid tanpa harus minum obat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Haid Sebulan Dua Kali Tanda Apa? Jangan Cemas Dulu, Cek Sebabnya

Artikel ini telah tayang di GridHealth dengan judul 5 Cara Meredakan Nyeri Haid Tanpa Obat, Salah Satunya Olahraga

Editor : Rachel Anastasia

Baca Lainnya