Jangan Cuma Tergiur Iming-iming Manfaatnya, Waspada Terlalu Banyak Minum Susu Beruang Justru Tidak Baik untuk Kesehatan, Dokter Tirta: 'Hati-hati'

Rabu, 07 Juli 2021 | 20:40
freepik

Efek samping minum susu beruang terlalu banyak

GridHITS.id - Belum lama ini publik dihebohkan dengan informasi manfaat ampuh dari susu beruang atau bear brand.

Di mana susu beruang ini dipercaya ampuh untuk mencegah Covid-19.

Imbasnya banyak orang yang kemudian saling berebut mendapatkannya di pusat perbelanjaan sampai-sampai harganya pun melambung tinggi.

Namun faktanya, jika terlalu banyak mengonsumsi susu beruang tak juga bagus untuk tubuh.

Apa yang terjadi dalam tubuh jika kebanyakan minum susu beruang?

Susu beruang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Produk olahan Nestle yang sering disebut Susu Beruang ini berbeda dengan dengan produk susu sapi lainnya.

Bear Brand merupakan jenis susu sapi yang disterilkan diatas titik didih sehingga membuat susu Bear Brand mampu terjaga dari kontaminasi bakteri.

Susu berlogo beruang ini terbuat dari 100 persen susu murni tanpa penambahan bahan pengawet dan dapat langsung kalian dikonsumsi.

Namun perlu kalian ketahui karena tanpa bahan pengawet maka susu ini harus cepat habiskan karena tidak akan bertahan lama ketika kemasannya sudah terbuka.

Baca Juga: Diburu Masyarakat Hingga Jadi Langka dan Harganya Melonjak, Inilah 4 Fakta 'Susu Beruang': Yakin Bisa Menangkal Covid-19?

Tidak sama dengan dengan susu kambing, susu sapi biasa maupun susu kedelai, Bear Brand memiliki banyak protein dan vitamin seperti Vitamin B1, B2, D, B12, B6, A, C.

Susu ini dipercaya untuk kesehatan dan banyak manfaat:

1. Dapat menjaga kesehatan ibu hamil karena susu ini mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan bagi kesehatan ibu hamil dan pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan

2. Menjaga kesehatan kulit, Susu Beruang ini dilengkapi dengan vitamin A, C, dan E yang mampu mengurangi proses penuaan kulit dan kerusakan sel.

3. Selain dapat menetralisir racun yang masuk ke tubuh susu Bear Brand juga dapat memulihkan tubuh pasca sakit.

4. Kadar anti oksidan didalamnya mampu menjaga badan agar tetap segar.

5. Karena diolah dengan proses sterilisasi yang baik maka kandungan kalsium yang ada pada susu juga dapat menjaga tulang agar terhindar dari radang sendi.

6. Kandungan lemak yang sedikit pada susu beruang tidak membuat gemuk atau bahkan obesitas.

Sehingga tidak terlalu berakibat pada Anda yang mempermasalahkan berat badan yang berlebih.

7. Kandungan vitamin B1, B2, B6, B12 dalam susu ini mampu membantu mempercepat proses pengolahan energi.

Baca Juga: Viral Video Orang-orang Saling Sikut Panic Buying Susu Beruang, Inul Daratista Sampai Geleng-geleng Kepala Keheranan dan Angkat Suara: 'Merusak Dagangan!'

Benarkah khasiat ini bisa jadi obat atau pencegah virus corona?

Menanggapi hal itu, influencer dokter Tirta, atau yang akrab disapa Cipeng menyebut jika memborong susu tersebut tidaklah begitu penting.

Tribun Sumsel

Tangkapan layar video warga berebut susu Bear Brand

Dia menyebutkan jika kebanyakan minum susu nantinya malah bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan.

"Mau kalian borong susu-susu itu nggak penting ya, yang ada kalau kalian kebanyakan minum susu malah mencret karena bisa jadi alergi laktosa. Hati-hati dengan hal-hal seperti itu," kata dr. Tirta di akun Instagramnya @dr.tirta, dikutip Tribunnews, Selasa (6/7/2021).

Ia pun menyarankan agar, masyarakat lebih baik memakan makanan bergizi seperti buah-buahan, sayur-sayuran.

"Kalau kalian nggak percaya monggo, kalau kalian sakit yang jelas udah nggak ada ruangan," katanya.

Diunggahan lainnya, dr Trita kembali menegaskan jika mengkonsumsi susu ada baiknya di konsumsi satu hari sekali ditambah dengan buah-buahan yang kaya akan gizi.

Baca Juga: Kandungan Nutrisinya Kalahkan Susu, Kenali 5 Makanan Pencegah Corona yang Bisa Perkuat Imun

"Pemulihan penyakit? Bukan susu. Tapi makan bergizi bro. Zat pembangun komponen tubuh di penuhi semua," tulisnya diunggahan berbeda.

Upaya dalam menurunkan kurva wabah virus Corona (Covid-19) dan juga Demam Berdarah Dengue (DBD), pemerintah mengimbau masyarakatnya tetap berada di rumah.

Jesslyn Darmadi, Co-founder Everydaycplus, memberikan sejumlah kiat. Apa saja?

1. Berjemur matahari pagi

2. Olahraga cukup

3. Tingkatkan sistem kekebalan imun denganp mengonsumsi vitamin alami dari buah dan rempah-rempahan, yang mengandung jahe dan temulawak seperti jamu Jokowi yang diperoleh dari @everydaycplus

4. Makan makanan bergizi dan higienis lahan rumah

5. Hindari keramaian pasar, online shop untuk sayur dan buah-buahan melalui instagram @Panenabnormal sambil membantu aksi mengurangi sampah buah

6. Istirahat yang cukup

7. Jaga kebersihan pribadi dan ruangan. Pastikan udara bersih. Sediakan hand sanitizer dan room disinfectant seperti @Yarukiofficial untuk mengeliminasi kuman penyebab penyakit

8. Jangan lupa menjaga jarak fisik dengan orang tua, karena perlu dipahami sistem kekebalan immune nya berbeda dengan anak muda.

Dibantu dengan beragam teknologi dan moda tranportasi online, kini home quarantine atau mengisolasi diri bukanlah hal yang menyeramkan.

Baca Juga: Selama ini Kita Salah, Mencampurkan Alpukat dengan Gula dan Susu Punya Dampak Buruk ini

Hal yang sama diungkapkan dr. Jati Satriyo.

Mengutip Alodokter, dijelaskan jika meminum susu beruang dengan tujuan untuk membersihkan paru-paru, menetralisir racun, dan alkohol belum terbukti secara medis, atau dapat disebut hanya mitos belaka.

Meminum susu Beruang sebenarnya cukup satu kali dalam sehari.

Apabila ingin menaikkan hingga dua kali dalam sehari, maka dapat saja dilakukan untuk melengkapi asupan nutrisi tubuh Anda.

Artikel ini telah tayang di Tribun Kaltim dengan judul Efek Samping Jika Kebanyakan Konsumsi Susu Beruang, Dokter Tegaskan Bukan Obat Covid-19

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Tribun kaltim

Baca Lainnya