Selama Ini Selalu Dikira Sebagai Jamu yang Bermanfaat, Ternyata Minum Air Rebusan Jahe Justru Berbahaya Jika Anda Alami Masalah Kesehatan Ini, Ada Risiko Pendarahan!

Selasa, 29 Juni 2021 | 12:26
Freepik.com/ 8photo

Bahaya meminum air rebusan jahe jika Anda alami masalah kesehatan ini.

GridHITS.id -Selama ini selalu dikira sehat, ternyata minum air rebusan jahe bisa jadi berbahaya jika Anda alami ini.

Siapa yang tak pernah minum air jahe?

Air jahe adalah salah satu jamu khas Indonesia yang miliki beragam manfaat.

Air rebusan jahe diketahui bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menghangatkan badan, hingga bisa bertindak sebagai antioksidan.

Walaupun kaya akan manfaat, nyatanya minum air rebusan jahe bisa menjadi bumerang untuk Anda.

Terlebih, jika Anda mengalami kondisi kesehatan seperti yang di bawah ini:

Baca Juga: Semua Wanita Wajib Coba, Minum Campuran Jahe dan Gula Merah Tiap Hari Ternyata Bisa Berikan 8 Manfaat Luar Biasa Bagi Tubuh!

Orang dengan Gangguan Darah

Meminum air rebusan jahe dapat meningkatkan sirkulasi aliran darah sehingga dapat mencegah pembekuan darah.

Jika Anda mengalami kelainan daran atau sedang dalam pengobatan untuk memperlambat pembekuan darah, hal ini dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Orang dengan Batu Empedu

Meminum air rebusan jahe tidak dianjurkan untuk orang yang menderita batu empedu karena jahe dapat merangsang produksi empedu.

Orang dengan Ulkus atau IB

Jika Anda mengalami penyakit radang usus atau usus tersumbat, ada baiknya anda tidak minum air rebusan jahe karena bisa berisiko penyumbatan usus.

Orang yang Akan Melakukan Operasi

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007, air rebusan jahe dapat meningkatkan risiko pendarahan internal pada orang yang akan dioperasi.

Baca Juga: Ternyata Selama Ini Salah! Jangan Lagi Seduh Jahe dengan Air Panas Jika Tak Ingin Hal Ini Terjadi Pada Tubuh Anda

Ahli kesehatan akan menyarankan untuk tidak minum air rebusan jahe 2 minggu sebelum melakukan operasi.

Ibu hamil

Sejumlah penelitian menghubungkan jahe untuk menurunkan penyerapan zat besi dan vitamin yang larut dalam lemak pada ibu hamil dan juga dapat menyebabkan kontraksi uterus.

Selain itu, hindari minum teh jahe terutama di trimester terakhir karena ada peningkatan risiko pendarahan.

Orang-orang yang Mengonsumsi Obat Tertentu

Jahe berinteraksi dengan obat-obatan tertentu termasuk antikoagulan, barbiturat, beta-blocker, obat insulin atau terapi anti-platelet.

Layanan medis dari National Institutes on Health mengungkapkan bahwa jahe juga mengganggu efek dari beberapa obat lain termasuk antasida karena merangsang produksi asam di lambung.

Orang yang memakai obat untuk jantung, antihistamin, perawatan kanker dan obat penurun berat badan juga harus menghindari rempah ini.

Orang dengan Diabetes dan Hipertensi

Jahe mungkin menurunkan gula darah dan tekanan darah, sehingga orang yang mengonsumsi obat untuk diabetes atau hipertensi harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsi jahe dalam bentuk apa pun.

Baca Juga: Ketahuilah 5 Manfaat Jahe yang Tak Terduga dan Mungkin Anda Belum Sadari Hingga saat Ini, Jangan Sampai Kelewatan!

Jahe Menekan Nafsu Makan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Metabolism: Clinical and Experimental" tahun 2012, jahe mengurangi nafsu makan dengan memberikan rasa kenyang.

Para peneliti menjelaskan bahwa jahe memengaruhi kadar serotonin dalam darah, maka terjadilah efek pengekangan pada nafsu makan.Ini berartiminum air rebusan jaheharus dihindari oleh orang yang mencoba menambah berat badan.

Jahe Berinteraksi dengan Beberapa Bahan Herbal

Kecuali untuk obat-obatan, jahe juga mengganggu herbal yang merangsang aliran darah dan memperlambat pembekuan darah.

Ini termasuk cengkeh, bawang putih, gingko biloba.

Minum air rebusan jahe dengan rempah-rempah tersebut menempatkan Moms pada risiko perdarahan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Segampang Ini Ternyata Cara Mengolah Jahe Sebagai Ramuan Sakit Kepala, Segera Coba dan Rasakan Manfaatnya yang Tak Terduga

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya