Selama Ini Kita Salah, Merebus Telur dengan Cara Ini Ternyata Bisa Mengancam Nyawa Semua Anggota Keluarga

Senin, 14 Juni 2021 | 16:30
rawpixel

Cara yang tepat untuk merebus telur

GridHITS.id - Begini cara merebus telur yang baik dan benar.

Telur merupakan makanan yang kerap disajikan sebagai lauk pauk di rumah.

Telur juga kaya akan protein yang begitu menyehatkan.

Namun, cara memasak yang salah justru bisa membuat telur menjadi makanan yang membahayakan bagi tubuh.

Kok bisa ya?

Baca Juga: Biasa Taruh di Kulkas, Ibu ini Iseng Taruh Telur Ayam di Atas Beras , Ia Kaget Temukan Hal Menakjubkan ini

Ya, cara memasak yang salah akan membuat bakteri masuk ke dalam telur.

Akibat hal tersebut, tak sedikit yang penasaran bagaimana cara merebus telur yang benar, anti gagal, dan bakteri menghilang.

Seperti apa ya caranya?

Berikut cara tepat merebus telur supaya tidak retak dan bakteri berbahayanya juga hilang.1. Gunakan air dingin atau panas?Saat memasukkan telur ke dalam panci dalam kondisi air sudah panas memang membutuhkan waktu yang lebih cepat.Tetapi, dengan cara itu justru membuat cangkang telur jadi retak karena terguncang oleh didihan air panas.

Jika cangkang retak, biasanya putih telur akan keluar dari sela-sela retakan, sehingga membuat tampilan tampak tak bersih dan cantik.Cara yang tepat adalah dengan menggunakan air suhu sedang, meski butuh waktu lebih lama tetapi telur tidak akan retak.

Baca Juga: Ternyata Semudah Ini Membuat Telur Dadar yang Tebal dan Nikmat Ala Rumah Makan Padang, Cukup 5 Langkah!2. Waktu merebus telurKuning telur akan menjadi lebih keras setelah direbus kurang lebih 6 menit.Untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada telur tambahkan 2 sampai 4 menit agar bakteri benar-benar hilang.Namun, jika Anda terlalu lama merebus telur juga bukan cara yang benar.Sebab, kandungan nutrisi dan mineral pada telur akan berkurang.

Efek buruk lainnya jika merebus telur terlalu lama adalah terjadinyadegenerasi protein yang justru berdampak pada kesehatan.

3. Cara cegah telur retakJika sudah memasukkan telur pada air dingin tetapi masih saja retak, coba diberi udara dengan menggunakan jarum.Atau Anda juga bisa menggunakan irisan jeruk nipis agar kulit telur tak retak dan memiliki tampilan yang indah saat dikupas.

Baca Juga: Jangan Dilakukan lagi, Ini Dia Bahaya Menyimpan Telur di Dalam Kulkas yang Dapat Berdampak Buruk bagi Kesehatan Keluarga, Banyak Bakteri!Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan irisan jeruk secara bersamaan saat air mulai dipanaskan.

Nah, itu dia cara yang tepat merebus telur supaya tidak retak. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Sajiansedap dengan judul Selama Ini Kita Salah, Begini Cara Rebus Telur yang Benar Supaya Bakterinya Betul-Betul Mati dan Tak Bikin Keracunan

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Sumber : sajiansedap.com

Baca Lainnya