Jangan Salahkan Kurir Lagi! Begini Cara Kembalikan Barang Belanja Online Via COD Jika Tidak Sesuai Pesanan, Ibu-ibu Wajib Tahu

Selasa, 18 Mei 2021 | 09:42
Freepik

cara komplain paket COD

GridHITS.id - Videoviral yang menampilkan seorangkurir dimaki-maki oleh seorang ibu menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen.

Pasalnya, banyak netizen yang merasa iba pada si kurir yang dimaki menggunakan kata-kata kasar.

Usut punya usut, rupanya si ibu itu merasa kecewa lantaran barang yang dia pesan lewat aplikasi belanja online datang tidak sesuai dengan pesanannya.

Ibu tersebut memilih pembayaran menggunakan sistem COD (Cash on Delivery).

Baca Juga: Viral Setelah Tragedi Perahu Terbalik, Ternyata Ada Makam Terapung di Tengah Waduk Kedung Ombo, Buat Merinding Sekaligus Takjub!

Saat paket dia buka dan periksa dan tidak sesuai harapan, ibu tersebut marah pada kurir.

Benarkah begitu?

Mari kita pelajari lagi sistem pembayaran COD.

Sistem COD ini berarti bahwa pembeli bisa memesan barang melalui aplikasi belanja online dan baru membayar saat barang diantar ke rumah oleh kurir.

Ketika barang sudah diantar kurir, kita wajib membayar sesuai nominal tagihan.

Bagaimana jika paket yang datang tidak sesuai pesanan?

Kita tidak diperbolehkan komplain atau marah pada kurir paket.

Karena paket dikemas dan dikirim oleh penjual yang sudah bertransaksi dengan kita.

Baca Juga: Mengenal Layanan Situs OSS UMKM, Daftar Agar BLT UMKM Rp1,2 Juta Cair

Tugas kurir hanyalah mengantar paket dan menjadi perantara pembayaran dari pembeli dengan penjual.

Jika ternyata barang pesanan kita tidak sesuai dengan pesanan atau keterangan dari penjual, kita bisa meminta pengembalian barang, tukar, atau pengembalian uang.

Caranya juga tidak sulit, kok!

Pembeli bisa langsung menghubungi penjual melalui aplikasi belanja online lewat fitur chat atau pesan langsung.

Sampaikan saja keluhan dan berikan bukti berupa video saat paket dibuka dan foto barang yang diterima.

Bisa juga mengajukan permintaan pengembalian uang, tergantung aplikasi belanja online yang digunakan.

Setelah komplain dilakukan pada penjual, semua tanggung jawab ada pada penjual.

Apakah komplain diterima atau tidak, dan bagaimana proses penukaran barang semua akan diurus oleh penjual.

Jadi, jangan buru-buru langsung menyalahkan kurir, ya!

Selain itu, sebaiknya saat belanja online kita juga harus memerhatikan reputasi penjual.

Pilih penjual dengan penilaian tinggi dan memiliki komentar ulasan yang baik.

Pastikan juga untuk selalu merekam saat proses membuka paket sebagai bukti jika ada kesalahan dalam pengiriman produk.

Baca Juga: Gampang! Begini Cara Memperbaiki Speaker Handphone Terkena Air Tanpa Bantuan Ahli

Editor : Poetri Hanzani

Sumber : Hits.grid.id

Baca Lainnya