Bisa Meningkatkan Stamina Selama Berpuasa, Berikut Ini Resep Mudah Membuat Air Nabeez Infused Water Kurma

Selasa, 27 April 2021 | 19:01
Pixabay

Tanaman kurma sudah ada sejak 8000 tahun lalu.

GridHITS.id - Berikut ini cara mudah membuat air nabeez atau infused water kurma.

Buah kurma memang tak lagi diragukan khasiatnya.

Baca Juga: Resep Rahasia Chef Terkemuka, Begini Cara Membuat dan Manfaat Susu Kurma Bagi Kesehatan Jantung hingga Tulang

Selain manis dan lezat, kurma juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Kurma juga kini sering dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman.

Menjelang puasa Ramadan 2021, berikut resep minuman sehat yang terbuat dari kurma.Kurma adalah salah satu hidangan yang identik dengan bulan suci Ramadan yang biasanya tumbuh di daerah panas.Buah dari tanaman palma ini sangat populer di daratan Timur Tengah seperti Arab Saudi Mesir, dan wilayah sekitarnya.

Berikut ini cara mudah membuat air nabeez atau infused water kurma.

Tak hanya rasanya yang manis dan legit, kurma mengandung banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.Kurma mengandung protein, gula sehat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitaman K, vitaman B kompleks (B1, B2, B3, B12, dll), kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan sodium.

pekanbaru.tribunnews.com

Air nabeez merupakan minuman kegemaran Rasulullah.

Baca Juga: Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa, Ini Dia Cara Membuat dan Manfaat Air Nabeez atau Air Rendaman Kurma yang Sayang untuk Dilewatkan, Baik untuk Membuang Racun Tubuh!Meskipun masuk kategori buah dan sering dijadikan camilan, buah kurma bisa dikonsumsi dengan berbagai cara.Satu di antaranya dengan merendam kurma dengan air matang atau infused water.Infused water buah kurma ini dikenal dengan sebutan air nabeez.Lantas, bagaimana cara membuat rendaman infused water kurma atau air nabeez?Cukup siapkan kurma dan segelas air matang.Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez adalah kurma ajwa atau dikenal dengan nama kurma nabi.Jika tidak ada, bisa menggunakan buah kurma yang lainnya.Cukup siapkan kurma dan segelas air matang.Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez adalah kurma ajwa atau dikenal dengan nama kurma nabi.Jika tidak ada, bisa menggunakan buah kurma yang lainnya.

Berikut ini cara mudah membuat air nabeez atau infused water kurma.Cukup siapkan kurma dan segelas air matang.Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez adalah kurma ajwa atau dikenal dengan nama kurma nabi.Jika tidak ada, bisa menggunakan buah kurma yang lainnya.

Baca Juga: Nyesel Banget Baru Tahu Manfaat Air Rendaman Kurma Sekarang, Ada Segudang Khasiat yang Rugi Kamu Lewatkan!Dikutip dari Alodokter, meski demikian sangat mudah dibuat, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat air nabeez.Hindari merendam kurma di suhu ruangan, karena bisa membuat air hasil rendaman kurma sebagai media pertumbuhan kuman.Di samping itu, Anda juga disarankan untuk tidak merendamnya lebih dari 1 hari, karena kurma yang direndam terlalu lama dapat mengalami pembusukan.Air nabeez merupakan minuman yang menyehatkan, asalkan dibuat dengan cara yang benar dan higienis.Jika Anda mengalami keluhan tertentu setelah mengonsumsi air nabeez, seperti diare, mulas, atau sakit perut, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.Lantas apa saja manfaat mengkonsumi air nabeez ini?Dikutip TribunPalu.com dari Alodokter, berikut ini lima khasiatnya.

Berikut ini cara mudah membuat air nabeez atau infused water kurma.1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuhSelain air putih, air nabeez dapat digunakan sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

Baca Juga: Cocok Jadi Menu Berbuka Puasa, Ini Dia Cara Membuat dan Manfaat Air Nabeez atau Air Rendaman Kurma yang Sayang untuk Dilewatkan, Baik untuk Membuang Racun Tubuh!Tak hanya itu, air nabeez juga lebih menyehatkan daripada jenis minuman manis lainnya, seperti teh manis, soda, atau jus kemasan.2. Meningkatkan energiKurma mengandung karbohidrat dan gula yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh.Hal ini menjadikan air nabeez baik dikonsumsi untuk mengatasi rasa lelah, baik setelah berolahraga atau menderita kondisi tertentu yang membuat Anda membutuhkan asupan energi lebih banyak.3. Melancarkan pencernaanSaat tubuh kekurangan cairan, kotoran akan menjadi lebih keras dan lebih sulit dikeluarkan.Hal inilah yang menjadi alasan mengapa dehidrasi bisa menyebabkan sembelit.Air nabeez bisa menjadi pilihan untuk mengatasi keluhan sembelit yang Anda alami.Minuman ini bekerja dengan dua cara, yaitu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan memberikan asupan serat yang dapat melancarkan pencernaan.

Berikut ini cara mudah membuat air nabeez atau infused water kurma.4. Mengontrol gula darahMeski memiliki rasa yang manis, tetapi kurma tidak menyebabkan peningkatan gula darah.Buah ini justru dapat menjaga gula darah tetap stabil karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Baca Juga: Jadi Primadona Bulan Ramadan, Ini Dia Cara Menyimpan Kurma Agar Tahan Lama, Ternyata Caranya Mudah dan Sederhana!Hal tersebut menjadikan air nabeez baik dikonsumsi sebagai altenatif bagi Anda yang ingin membatasi asupan gula.Namun, agar tetap sehat, air nabeez yang dikonsumsi sebaiknya tidak ditambahkan gula atau pemanis tambahan.5. Mencegah penyakitSelain menjaga kadar gula darah tetap normal, kurma diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung.Tak hanya itu, kurma juga mengandung banyak antioksidan, seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik.Kandungan tersebut juga bisa mengurangi peradangan dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, mulai dari diabetes, degenerasi makula, hingga kanker.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Palu dengan judul Cara Mudah Bikin Air Nabeez, Infused Water Kurma Direndam dengan Jumlah Ganjil, Berikut 5 Manfaatnya

Editor : Saeful Imam

Sumber : TribunPalu.com

Baca Lainnya