Komentari Face Shield Melly Goeslaw yang Tak Biasa, dr Tirta Anjurkan Copot Saja: Nggak Guna, Mirip Cyberpunk Malah

Minggu, 10 Januari 2021 | 13:00
Kolase Instagram @dr.tirta

Komentari Face Shield Melly Goeslaw yang Tak Biasa, dr Tirta Anjurkan Copot Saja: Nggak Guna, Mirip Cyberpunk Malah

GridHITS.id - Dr Tirta komentari face shield Melly Goeslaw yang tak biasa pada akun sosial medianya.

Hal tersebut lantaran dr Tirta merasa terganggu dengan pemakaian face shield yang digunakan oleh sederet selebriti.

Seperti kita ketahui bersama jika hingga saat ini virus Covid-19 masih mewabah dan menjadi pandemi di Tanah Air.

Baca Juga: Usia di bawah 5 Tahun Dilarang Pakai Masker, Orangtua Wajib Catat Panduan Menggunakan Masker Terbaru dari WHO Untuk Anak

Baca Juga: Katanya BCL, dr Tirta, Najwa Shihab hingga Raffi Amad Masuk Daftar Penerima Vaksin Covid-19 Pertama, Kemenkes: Bukan Rilis Resmi Kami Ya

Oleh karenanya, Pemerintah mengimbau masyarakat di Tanah Air untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Salah satu protokol kesehatan yang dianjurkan adalah penggunaan masker yang kini bisa diperkuatdengan penggunaan face shield.

Namun, nampaknya penggunaan face shield masih belum begitu dipahami oleh beberapa kalangan.

Pasalnya,WHO mengatakan jika face shiled atau pelindung wajah dapat membantu mencegah virus, tetapi harus dibarengi dengan penggunaan masker.

Diketahui jikamunculnya face shield sebagai salah satu perangkat perlindunganturut banyak digunakan.

Namun, banyak dijumpai orang-orang yang mengenakan face shield tanpa mengenakan masker seperti yang dianjurkan WHO.

Padahal, diperingatkan oleh para ahli jika masker tetap diperlukan meski memakai face shield demi menjaga perlindungan dari Covid-19.

Baca Juga:Jangan Sampai Salah, Penggunaan Masker pada Orang-orang dengan 4 Kondisi Ini Justru Bisa Membahayakan Nyawa

Baca Juga: Jangan Salah Lagi, Masker Bekas Dinilai Lebih Berbahaya Daripada Tak Pakai Sama Sekali, Ini Panduan Menggunakan Masker Menurut Ahli

Menanggapi penggunaan face shield yang tak biasa dari kalangan selebriti, dr Tirta turut buka suara.

Dilansir dari unggahan Instagramnya pada Sabtu, (09/01/2021), dr Tirta tampak memberikan komentar.

Dalam unggahannya tersebut, dr Tirta tampak mengunggah beberapa foto pengunaan face shiled selebriti yang disebutnya tidak berguna.

Hal tersebut lantaran penggunaan face shield yang tidak menutupi wajah dan tanpa dibarengi penggunaan masker.

Baca Juga:Kehadiran Teh Rini Bak Duri di Rumah Tangganya, Psikolog Sebut Teh Ninih Alami Kekecewaan Mendalam: 'Dulu Aa Gym Gencar Promosi Non Poligami'

"Saran saya buat artis yg mengisi acara, daripada pake faceshield, yowis ga usah pake sama sekali. Soale ga ngefek dan percuma. Dengerin podcast @dr_tompi. Bagus," tulis dr Tirta dalam keterangannya.

Baca Juga: Waspadai Penularan Covid-19, Dokter Tegaskan Kebiasaan Milenial Makan di Restoran Tidak Disarankan Meski Pakai Masker

Baca Juga: Kabar Terbaru Covid-19 hingga Prediksi Pakai Masker dan Jaga Jarak Masih Berlangsung Lama, Ilmuwan WHO: Itu Memakan Waktu hingga 2022

Tak hanya itu, dr Tirta juga turut mencantumkan hal-hal yang harus diterapkan termasuk menghindari pemakaian face shield.

"1. Swab rutin2. Abis perform > masker, cuci tngan, bersihkan studio3. Hindari pemakaian faceshield" tulis dr Tirta lagi.

Bahkan, dr Tirta juga menyarankan untuk melepas face shield tersebut karena menurutnya tidak berguna.

Lebih lanjut, dr Tirta justru menyebut penggunaan face shield tersebut lucu namun meminta selebriti tersebut untuk tidak baper.

"Kita tetap utamakan masker, tapi kan beberapa stasiun tv ga bisa gitu. Saya yakin ini pasti mreka kepaksa pake krena disuru studio tv," tambahnya.

"Jdi yowis copot aja face shieldnya. Selalu clearkan penonton bahwa pemirsa ttp pake masker, bahwa kalian ga pake, tapi sudah swab antigen rutin, dan karena harus perform nyanyi, makanya gapakeKalo gini, kocak asli wkwkwkw . Jangan baper ye. Soalnya itu bener2 bisa jadi missleading.Ini mirip cyberpunk malah haha," tulis dr Tirta mengakhiri keterangannya.

Dirangkum GridHITS dari Kompas.com,Departemen Kesehatan di Swiss mengingatkan agar masyarakat tidak memakai face shield berbahan plastik tanpa masker.

Baca Juga:Mendadak Bagikan Kabar Duka, Mantan Gading Marten: 'Tuhan Tolong...'

Sebab, sempat ada kasus seseorang yang hanya memakai face shield justru terinfeksi Covid-19, sementara orang yang memakai masker dalam kondisi sehat, tidak terpapar virus.

WHOpun juga turutmenyatakan, pelindung wajah dapat membantu mencegah virus, tetapi harus dibarengi langkah-langkah pencegahan lainnya.

Langkah pencegahan lainnya tersebut seperti memakai masker, social distancing, dan sering mencuci tangan.

Nah, sudah tahu kan penggunaan face shiled yang benar? Semoga masyarakat di Tanah Air tidak salah lagi ya.

Baca Juga: Satu Barisan dengan Jerinx SID, Ahmad Dhani Katakan Tak Mau Pakai Masker karena Ikut Anjuran Menkes Terawan, Tetap Ngotot Meski Sudah Disanggah Ari Lasso

Baca Juga: Dr Tirta Ungkap Penyebab Orang Gila dan Gelandangan Bisa Kebal Covid-19: Kenapa Saya Nggak Kena? Karena Pernah Hidup Keras

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas.com, Instagram

Baca Lainnya