Waspadai Penularan Covid-19, Dokter Tegaskan Kebiasaan Milenial Makan di Restoran Tidak Disarankan Meski Pakai Masker

Rabu, 16 Desember 2020 | 06:00
Pixabay/Free-Photos

Dokter Tegaskan Kebiasaan Milenial Makan di Restoran Tidak Disarankan Meski Pakai Masker

GridHITS.id -Baru-baru ini dokter tegaskan kebiasaan milenial makan di restoran tidak disarankan meksi sudah pakai masker.

Seperti kita ketahui jika hingga saat ini pandemi Covid-19 masih mewabah dan menjadi momok di seluruh penjuru dunia.

Oleh karenanya, pemerintah meminta masyarakat untuk mematuhi segala protokol untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Peran kaum milenial dalam menekan laju pandemi virus corona (Covid-19) memang sangat penting.

Pasalnya banyak dari kaum milenial yang tertular Covid-19 justru tanpa menunjukkan gejala sedikit pun atau hanya gejala ringan saja yang dikenal dengan istilah Orang Tanpa Gejala (OTG).

Sehingga jika mereka sadar dan disiplin menjalankan protokol kesehatan maka laju pandemi virus corona dinilai dapat terkendali.

Oleh karena itu, sebagai generasi milenial yang baik sudah saatnya kita disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Salah satu langkah kecil yang bisa dilakukan milenial untuk meminimalisir penyebaran virus corona adalah dengan tidak nongkrong atau makan di tempat seperti restoran atau cafe.

Baca Juga:Kabar Terbaru Vaksin Covid-19 yang Segera Diedarkan November Justru Diumumkan Batal, Menko Luhut: Tadi Presiden Telepon Saya

Baca Juga:Vaksin Covid-19 Segera Diedarkan hingga Disebut Punya Potensi Mengubah DNA Manusia, WHO: Sengaja Disebarkan Aktivis Anti-vaksinasi

Hal itu disampaikan langsung oleh dr. Anasthasia Devina Sutedja, selaku dokter umum Rumah Sakit Royal Progres, saat menjadi pembicara di acara virtual webinar yang bertajuk "Sudut Pandang Kaum Milenial Terhadap Covid-19", Senin (14/12/2020).

Seperti diketahui beberapa wilayah Indonesia tengah menerapkan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Baca Juga:Tanpa Vaksin Covid-19, Masyarakat Tetap Bisa Hidup Tenang dengan 6 Tips dari Psikolog Klinis: Rutinitas Membuat Kita Merasa Aman

Baca Juga:Kabar Gembira Soal Vaksin Covid-19 yang Disebut-sebut Gratis Nyatanya Tak Semua Orang Bisa Menikmati, Ini Solusinya

Meski dalam aturan PSBB masih dibolehkan untuk kita makan di restoran tapi adabaiknya untuk tidak melakukan hal tersebut.

Seperti dikutip dari CDC, makan di tempat seperti restoran baik di dalam maupun di luar ruangan di mana kapasitas tempat duduk sangat dekat atau rapat termasuk ke dalam risiko tinggi penularan Covid-19.

Meski kapasitas tempat duduk juga sudah dikurangi, tapi masih terlihat padat.

Lebih lanjut, dr Anasthasia menerangkan bahwa orang-orang yang tertular Covid-19 biasanya mereka yang sering melakukan banyak kontak dekat dengan komunitas atau paparan.

"Nah, paparan itu bisa terjadi saat belanja, berkantor, pergi ke salon, atau saat makan di restoran," ungkapnya.

dr Anasthasia juga menegaskan bahwa meski kita telah melaksanakan protokol kesehatan, risiko penularan Covid-19 tetap tinggi ketika kita berada di tempat umum.

"Walaupun pakai masker tapi jika paparannya lebih banyak dan sering, makan tingkat penularan Covid-19 pun ikut tinggi."

"Jadi meski sudah mengikuti protokol kesehatan pun ternyata jika terus melakukan kontak risikonya pun juga meningkat."

"Intinya semakin besar jalan-jalan, semakin besar pula kemungkinan untuk tertular Covid-19," pungkasnya.

Baca Juga:Pemilik Golongan Darah O Bisa Bernafas Lega Karena Kebal Covid-19, Bagaimana dengan Golongan Darah A dan AB?

Baca Juga:Masih Berani Sepelekan Virus Corona? Ahli Bongkar Efek yang Terjadi pada Tubuh Jika Terinfeksi Covid-19

Artikel ini sudah pernah tayang di GridHealth.id dengan judul: Waspadai Penularan Covid-19, Milenial Disarankan Tidak Makan di Tempat Saat ke Restoran

Editor : Saeful Imam

Sumber : Gridhealth

Baca Lainnya