Ramai Menkes Budi Gunadi Sadikin Diprotes karena Bukan dari Kalangan Dokter, IDI Justru Tidak Mempermasalahkan: Optimis Saja

Kamis, 24 Desember 2020 | 10:33
Kristanto Purnomo/Kompas

Ramai Menkes Budi Gunadi Sadikin Bukan dari Kalangan Dokter, IDI Justru Tidak Mempermasalahkan

Ramai Menkes Budi Gunadi Sadikin Diprotes karena Bukan dari Kalangan Dokter, IDI Justru Tidak Mempermasalahkan: Optimis Saja

GridHITS.id - Belakangan tengah ramai pembicaraan Menkes Budi Gunadi Sadikin Diprotes karena bukan dari kalangan dokter.

Latar belakang Menkes yang baru saja dilantik tersebut nampaknya menjadi sorotan bagi masyarakat Tanah Air.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo mengumumkan reshuffle menteri pada Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12/2020) lalu.

Baca Juga: Menkes Terawan Sebut Kemungkinan Ada Perubahan Besar Iuran BPJS Kesehatan Naik Lagi, Berikut Besaran Tarifnya

Baca Juga: Nonton Film Gratis NB21 Terlalu Berisiko, Klik di Sini Untuk Streaming dan Download Film Terbaru

Dalam pengumumannya, Jokowi mengenalkan enam orang sebagai menteri-menteri baru di kabinetnya.

Salah satu menteri yang menjadi sorotan ialah Menteri KesehatanBudi Gunadi Sadikin atau biasa disapa BGS.

Budi Gunadi Sadikin resmi ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) yang baru, menggantikan Terawan Agus Putranto.

Sontak, sejumlah akun media sosial ramai-ramai membagikan unggahan mengenai ditunjuknya Menkes baru oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (22/12/2020).

Beberapa di antaranya mempersoalkan mengapa Menkes yang baru ditunjuk untuk menggantikan Terawan Agus Putranto bukan berasal dari kalangan dokter.

Namun, Ikatan Dokter Indonesia justru tidak mempermasalahkan latar belakang dari Menkes baru tersebut.

Saat dimintai tanggapan, Ketua Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengatakan bahwa penunjukan Menkes yang baru ini tidak ada masalah.

Baca Juga: Satu Barisan dengan Jerinx SID, Ahmad Dhani Katakan Tak Mau Pakai Masker karena Ikut Anjuran Menkes Terawan, Tetap Ngotot Meski Sudah Disanggah Ari Lasso

Baca Juga: Akhirnya Menteri Terawan Buka Suara dan Tunjukan Kinerja Usai Dicecar Najwa Shihab, Menkes: Tunggu Tanggal Mainnya

Ia justru lebih menyorotibagaimana bisa Menkes baru ini bisa mengatasai kesehatan rakyat Indonesia dengan baik dan benar.

"Mengenai latar belakang Pak Budi Gunadi Sadikin yang ramai dipermasalahkan karena beliau bukan dokter, menurut saya itu enggak masalah," kata Zubairi yang dikutip GridHITS dari Kompas.com.

Zubairi pun turut meyakini bahwa Menkesbarutersebut akan menunjuk tim dari kalangan dokter yang mumpuni untuk membantunya melaksanakan tugas.

"Jadi dari sisi manajerial itu beliau, mungkin data-data yang lain akan dibantu oleh timnya. Optimis saja saya. Perlu didukung itu,"tambah Zubairi.

Sebagai informasi, Budi Gunadi Sadikin memang tidak memiliki latar belakang dunia kedokteran atau kesehatan.

Namun demikian, sosok Budi Gunadi Sadikin bukanlahorang baru dalam jajaran birokrasi pemerintahan.

Mengutip laman resmi Kementerian BUMN, Rabu (23/12/2020), profil Budi Gunadi Sadikin merupakan wajah lama di Kementerian BUMN.

Budi Gunadi Sadikin jugabeberapakali menjabat berbagai posisi strategis di berbagai perusahaan pelat merah.

Berkuliah di bidang Fisika Nuklir di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan lulus pada 1988, sosoknya justru memilih berkarier di bidang keuangan.

Budi Gunadi Sadikin diketahui juga memiliki sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultant (ChFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada tahun 2004.

Kini, sosok Budi Gunadi Sadikin ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.

Baca Juga: Kondisi Terkini Menteri Kesehatan Terawan Usai Dicecar Habis Najwa Shihab, Menkes: Pak MK Alhamdulillah Sehat

Baca Juga: Najwa Shihab Cecar Menteri Terawan Karena Tak Kunjung Muncul Depan Publik, Pengamat: Kita Tak Bisa Harapakan Menkes, Langsung ke Presiden Saja

Editor : Nita Febriani

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya