Pembakaran Lemak Tidak Sempurna, Mungkin Kamu Perlu Meningkatkan Metabolisme Tubuh dengan 5 Cara Mudah Ini

Minggu, 13 Desember 2020 | 19:30
E+

Ilustrasi Berolahraga.

GridHITS.id -Metabolisme adalah suatu hal yang penting dari tubuh.

BerdasarkanEncyclopaedia Britannica(2015) metabolisme berhubungan dengan aktivitas pada tubuh yang menentukan fungsi organ tubuh, memperbaiki sel, pencernaan makanan, hingga pernapasan.

Baca Juga: Menikmati Bawang Putih Laiknya Permen, Sederet Manfaat Ini yang Akan Dirasakan Tubuh

Baca Juga: Tidur dengan Lampu Menyala Dikaitkan dengan Penambahan Berat Badan Wanita, Begini Isi Penelitiannya

Mudahnya, metabolisme merupakan cepat lambatnya tubuh dapat menyerap dan mencerna makanan untuk diubah menjadi sebuah energi.

Ketika metabolisme berjalan baik dan cepat, maka semakin cepat pembakaran kalori yang membuat berat badan kita ideal dan sehat.

Kecepatan metabolisme tersebut disebabkan oleh beragam faktor, di antaranya ialah sebagai berikut :

1. Sarapan Tinggi Gula

Sarapan adalah sesuatu yang penting untuk mengisi energi selama beraktivitas, namun memilih menu untuk sarapan juga tidak boleh sembarangan.

Sarapan dengan menu yang memiliki kadar gula terlalu tinggi dapat menyebabkan kadar gula darah tubuh meningkat drastis.

Hal tersebut justru dapat membuat tubuh merasa lebih lemas dan konsumsi gula yang berlebihan dapat menghambat metabolisme.

Baca Juga: 7 Trik Makan Malam yang Bantu Diet Anda Tetap Sukses, Yakin Nggak Mau Coba?

Baca Juga: Ini Cara Menjaga Mata Tetap Sehat Bila Seharian Lihat Layar Komputer, Cuma Dalam Hitungan Menit!

2. Terlalu Sedikit Asupan Kalori

Walaupun defisit kalori direkomendasikan paa saat program penurunan berat badan, namun justru tidak baik jika asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh turun drastis.

Ketika kalori yang masuk turun drastis, tubuh akan merasakan kelangkaan makanan dan akan secara otomatis menurunkan kecepatan pembakaran kalori, yang akhirnya membuat program dietmu tidak maksimal.

3. Kurang Protein

Asupan protein harus tetap dipenuhi karena selain membantu merasa kenyang, protein memang merupakan sebuah zat yang dapat meningkatkan laju pembakaran kalori pada tubuh secara signifikan.

Penelitian menunjukkan mengonsumsi protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 20-30% dibandingkan dengan karbohidrat yang hanya 5-10% dan lemak 3%.

4. Hanya Melakukan Kardio

Tidak menkombinasikan latihan kardio dengan latihan yang lainnya akan menurunkan keefektifan dalam peningkatan laju metabolisme tubuh.

Latihan kardio lebih baik jika dikombinasikan dengan latihan angkat beban atau latihan kekuatan karena telah terbukti meningkatkan laju metabolisme orang yang sehat, pasien penyakit jantung, atau pengidap obesitas.

Baca Juga: Ingin Punya Badan Bagus Seperti Nia Ramadhani? Hanya dengan Cara Sederhana Ini Berat Badan Bisa Turun 28 kilo!

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Bukannya Sehat Mandi dengan Kebiasaan Ini Justru Memberi Dampak Buruk Bagi Kesehatan

5. Tidur Kurang

Untuk memaksimalkan laju metabolisme, tubuh memerlukan tidur yang cukup dan ahli menyarankan setiap orang untuk melakukan tidur berkualitas 7-8 setiap hari.

Tubuh yang kurang cukup tidur dapat menyebabkan stres dan juga kepala pusing ketika bangun tidur.

Ketika stres, fungsi biokimia tubuh cenderung bekerja lebih sedikit dalam memetabolisme makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya