Yakinkan Bisa Bernafas Lega Karena Kebal Corona, Penelitian Terbaru Ungkap Pemilik Golongan Darah O Berpeluang Rendah Meninggal Karena Covid-19

Kamis, 03 Desember 2020 | 10:17
Freepik

Penelitian Terbaru Ungkap Pemilik Golongan Darah O Berpeluang Rendah Meninggal Karena Covid-19

Yakinkan Bisa Bernafas Lega Karena Kebal Covid-19, Penelitian Terbaru Ungkap Pemilik Golongan Darah O Berpeluang Rendah Meninggal Karena Corona

GridHITS.id -Penelitian terbaru ungkap pemilik golongan darah O berpeluang rendah meninggal karena Corona.

Seperti kita ketahui jika hingga saat ini virus Corona masih mewabah dan menjadi momok di seluruh dunia.

Sebelumnya ada penelitian yangmengungkap pemilik golongan darah O setelah disebut kebal corona.

Ya, penelitian menyebut jika pemilik golongan darah O juga punya kemungkinan kecil terserang penyakit jantung.

Sebelumnya, disebutkan jika golongan darah O lebih kebal melawan Covid-19 yang kini mewabah di Tanah Air.

Baca Juga:Kabar Terbaru Calon Vaksin Covid-19 yang Diuji Coba di Bandung Punya Efek Samping Bagi Kesehatan, Amankah Untuk Tubuh?

Baca Juga:Segera Buang Jauh-jauh! Penelitian Sebut Jagung Tak Disarankan Untuk Pemilik Golongan Darah O Karena Bisa Berakibat Fatal Bagi Tubuh

Seperti diketahui bersama jika hingga saat ini Covid-19 masih mewabah dan menjadi pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir.

Namun, penelitian menunjukkan orang dengan golongan darah O cenderung memiliki risiko lebih rendah tertularCovid-19.

Orang dengan golongan darah O juga disebutkan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit serius jika mereka sudah terinfeksi.

Sebelumnya pada bulan Maret, sebuah penelitian di China menunjukkan golongan darah O justru mendapatkan perlindungan lebih terhadap virus termasuk Covid-19.

Orang dengan golongan darah O dianggap lebih kebal terhadap Covid-19 dan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menderita sakit parah.

Pixabay.com/ geralt

Penelitian Terbaru Ungkap Pemilik Golongan Darah O Berpeluang Rendah Meninggal Karena Covid-19

Baca Juga: Belum Usai Pemilik Golongan Darah O Bernafas Lega Karena Kebal Corona, Ternyata Juga Punya Kemungkinan Kecil Terserang Penyakit Jantung

Baca Juga: Usai Kabar Gembira Pemilik Golongan Darah O Kebal Covid-19, Studi Terbaru Sebut Vitamin D Bisa Beri Hasil Lebih Baik Bagi Virus Corona

Kendati demikian, masih butuh lebih banyak penelitian lain untuk membuktikan bahwa golongan darah O lebih kebal Covid-19.

Namun, menurut penelitian terbaru yang dilakukan Rumah Sakit St. Michael di Toronto menambah bukti bahwa orang dengan golongan darah O atau Rh-negatif mungkin berisiko sedikit lebih rendah dari virus corona baru.

Diberitakan Reuters, 28 November 2020, penelitian yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine itu dilakukan pada 225.556 orang Kanada.

Hasilnya, orang dengan golongan darah O berpotensi terkena virus corona dengan tingkat sedang hingga parah lebih rendah sebanyak 12 persen dari golongan darah lainnya.

Selain itu, orang bergolongan darah O perpeluang lebih rendah 13 persen meninggal akibat Covid-19, dibanding golongan darah lainnya.

Peneliti menyebut orang dengan golongan darah Rh-negatif juga dinilai lebih terlindungi, apalagi jika mereka yang bergolongan darah O-negatif.

Menurut penulis penelitian dari RS St Michael di Toronto, Kanada, Dr Joel Ray, orang-orang dalam kelompok golongan darah ini mungkin telah mengembangkan antibodi yang dapat mengenali beberapa aspek dari virus baru tersebut.

"Studi kami selanjutnya secara khusus akan melihat antibodi semacam itu, dan apakah mereka menjelaskan efek perlindungan," kata Ray.

Baca Juga: Pemilik Golongan Darah O Boleh Bernafas Lega, Studi Terbaru Menyatakan Golongan Darah O Lebih Kebal Melawan Covid-19: Semacam Perlindungan

Baca Juga: Pemilik Golongan Darah O Bisa Bernafas Lega Karena Disebut Kebal Corona, Namun Wajib Waspada Jika Ingin Konsumsi 5 Sayuran Ini

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya