Belum Usai Pemilik Golongan Darah O Bernafas Lega Karena Kebal Corona, Ternyata Juga Punya Kemungkinan Kecil Terserang Penyakit Jantung

Senin, 30 November 2020 | 11:35
Freepik

Golongan Darah O Bernafas Lega Karena Kebal Corona, Ternyata Juga Punya Kemungkinan Kecil Terserang Penyakit Jantung

Belum Usai Pemilik Golongan Darah O Bernafas Lega Karena Kebal Corona,Ternyata Juga Punya Kemungkinan Kecil Terserang Penyakit Jantung

GridHITS.id -Satu lagi kabar gembira bagi pemilik golongan darah O setelah disebut kebal corona.

Ya, penelitian menyebut jika pemilik golongan darah O juga punya kemungkinan kecil terserang penyakit jantung.

Sebelumnya, disebutkan jika golongan darah O lebih kebal melawan Covid-19 yang kini mewabah di Tanah Air.

Seperti diketahui bersama jika hingga saat ini Covid-19 masih mewabah dan menjadi pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir.

Namun, penelitian menunjukkan orang dengan golongan darah O cenderung memiliki risiko lebih rendah tertularCovid-19.

Orang dengan golongan darah O juga disebutkan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit serius jika mereka sudah terinfeksi.

Baca Juga:Kabar Terbaru Calon Vaksin Covid-19 yang Diuji Coba di Bandung Punya Efek Samping Bagi Kesehatan, Amankah Untuk Tubuh?

Baca Juga:Segera Buang Jauh-jauh! Penelitian Sebut Jagung Tak Disarankan Untuk Pemilik Golongan Darah O Karena Bisa Berakibat Fatal Bagi Tubuh

Sebelumnya pada bulan Maret, sebuah penelitian di China menunjukkan golongan darah O justru mendapatkan perlindungan lebih terhadap virus termasuk Covid-19.

Orang dengan golongan darah O dianggap lebih kebal terhadap Covid-19 dan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menderita sakit parah.

Kendati demikian, masih butuh lebih banyak penelitian lain untuk membuktikan bahwa golongan darah O lebih kebal Covid-19.

Penelitian ini memberikan bukti lebih lanjut bahwa golongan darah mungkin berperan dalam kerentanan seseorang terhadap infeksi dan peluang mereka untuk mengalami penyakit parah.

Hanya saja alasan terkait hal ini ini tidak jelas dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengatakan apa implikasinya, jika ada bagi pasien.

Tak hanya itu,ternyata pemilik golongan darah Ojuga memiliki kemungkinan kecil terhadap penyakit jantung.

Pixabay.com/ geralt

Golongan Darah O Bisa Bernafas Lega Karena Disebut Kebal Corona

Baca Juga:Pemerintah Ngotot Gelar Pilkada, Ahli Epidemiologi Sebut Ada Kaitan dengan Testing Covid-19: Supaya Tidak Kelihatan Pandemi Tinggi

Baca Juga:Kabar Gembira Vaksin Corona Segera Diedarkan di Indonesia, Ahli Beri Tanggapan Vaksin Covid-19: Memberikan Harapan Itu Penting, tapi Tidak Harapan Palsu

Dalam studi terbaru yang dilansir dari GridHealth, peneliti membandingkan data lebih dari 1.300.000 orang dari sembilan penelitian sebelumnya.

Secara keseluruhan, mereka yang memiliki golongan darah tipe A, tipe B, atau darah tipe AB 9, lebih mungkin mengalami kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung dibandingkan mereka yang memiliki darah tipe O.

Meski tidak jelas mengapa golongan darah bisa meningkatkan risiko serangan jantung, periset memiliki beberapa dugaan.

Salah satunya, orang dengan darah tipe bukan O cenderung memiliki protein pembekuan darah lebih tinggi.

Hal ini kerap membuat penyumbatan arteri yang merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung.

Orang dengan tipe darah A, B, dan AB juga cenderung memiliki kolesterol tinggi dan tingkat peradangan yang lebih tinggi.

Baca Juga:Coba Mulai Besok Rutin Berkumur Pakai Air Garam Setiap Hari, 7 Hal Ajaib Ini Langsung Terjadi di Dalam Tubuh

Baca Juga:Tak Perlu Buru-buru ke Salon, Cara Mudah Menghilangkan Uban dengan Daun Salam Cuma Butuh Waktu 15 Menit

Editor : Safira Dita

Sumber : Gridhealth

Baca Lainnya