Pemilik Golongan Darah O Bisa Bernafas Lega Karena Disebut Kebal Corona, Namun Wajib Waspada Jika Ingin Konsumsi 5 Sayuran Ini

Senin, 26 Oktober 2020 | 14:59
Freepik

Golongan Darah O Bisa Bernafas Lega Karena Disebut Kebal Corona, Namun Wajib Waspada Jika Ingin Konsumsi 5 Sayuran Ini

Pemilik Golongan Darah O Bisa Bernafas Lega Karena Disebut Kebal Corona, Namun Wajib Waspada Jika Ingin Konsumsi 5 Sayuran Ini

GridHITS.id - Disebutkan jika golongan darah O lebih kebal melawan Covid-19 namun harus waspada jika ingin konsumsi 5 sayuran ini.

Adapenelitian terbaru yang menunjukkan orang dengan golongan darah O cenderung memiliki risiko lebih rendah tertularCovid-19.

Orang dengan golongan darah O juga disebutkan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit serius jika mereka sudah terinfeksi.

Baca Juga:Kabar Terbaru Calon Vaksin Covid-19 yang Diuji Coba di Bandung Punya Efek Samping Bagi Kesehatan, Amankah Untuk Tubuh?

Baca Juga:Segera Buang Jauh-jauh! Penelitian Sebut Jagung Tak Disarankan Untuk Pemilik Golongan Darah O Karena Bisa Berakibat Fatal Bagi Tubuh

Sebelumnya pada bulan Maret, sebuah penelitian di China menunjukkan golongan darah O justru mendapatkan perlindungan lebih terhadap virus termasuk Covid-19.

Orang dengan golongan darah O dianggap lebih kebal terhadap Covid-19 dan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menderita sakit parah.

Kendati demikian, masih butuh lebih banyak penelitian lain untuk membuktikan bahwa golongan darah O lebih kebal Covid-19.

Penelitian ini memberikan bukti lebih lanjut bahwa golongan darah mungkin berperan dalam kerentanan seseorang terhadap infeksi dan peluang mereka untuk mengalami penyakit parah.

Hanya saja alasan terkait hal ini ini tidak jelas dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengatakan apa implikasinya, jika ada bagi pasien.

Meski demikian,ternyata pemilik golongan darah O tidak sepenuhnya kebal terhadap penyakit karena justru rentan terhadap penyakitdemam berdarah.

Pixabay.com/ geralt

Golongan Darah O Bisa Bernafas Lega Karena Disebut Kebal Corona

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa golongan darah O memiliki risiko digigit nyamuk dua kali lipat dibandingkan golongan darah A.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Medical Entomology tahun 2014 ini menemukan bahwa risiko orang bergolongan darah O untuk digigit nyamuk dua kali lipat golongan darah A.

Baca Juga:Pemerintah Ngotot Gelar Pilkada, Ahli Epidemiologi Sebut Ada Kaitan dengan Testing Covid-19: Supaya Tidak Kelihatan Pandemi Tinggi

Baca Juga:Kabar Gembira Vaksin Corona Segera Diedarkan di Indonesia, Ahli Beri Tanggapan Vaksin Covid-19: Memberikan Harapan Itu Penting, tapi Tidak Harapan Palsu

Berbeda dengan pemilik golongan darah O, orang dengan golongan darah B berada di antara kedua golongan itu.

Tak hanya rentan terhadap penyakit demam berdarah, ternyata pemilik golongan darah O juga harus waspada terhadap 5 jenis sayuran berikut ini.

Melansir Buku Jus Sehat Golongan Darah O: Berdasarkan Buku Laris Dr. Peter J. D’ Adamo (2007) oleh Wied Harry Apriadhi.

Berikut5 jenis sayuran yanglebih baik dihindari pemilik golongan darah O apabila tidak ingin mendapatkan gangguan kesehatan.

1. Kubis-kubisan

Freepik.com

Golongan Darah O Wajib Waspada Jika Ingin Konsumsi 5 Sayuran Ini

Sayuran dari keluarga kubis-kubisan alias Brasicca diketahui dapat menghambat fungsi tiroid pemilik golongan darah O, yang notabene secara alami lebih lemah dibanding pemilik golongan darah lainnya.

Berikut daftar sayuran yang termasuk dalam keluarga kubis-kubisan: Kol hijau, Kol putih, Kol merah, Kembang kol Cuciwis.

Baca Juga:Mulai Pagi Ini Rutin Bangun Tidur Langsung Minum Air Putih Hangat Campur Garam, 3 Manfaat Ajaib Ini Akan Didapat

Baca Juga:Ampuh Gantikan Obat, Mulai Hari Ini Rutin Minum Ramuan dari 5 Bahan Alami Ini di Pagi dan Sore Hari, Terbukti Efektif Atasi Demam

2. Taoge

Pemilik golongan darah O juga patut berhati-hari terhadap taoge alfalfa karena mengandung senyawa yang dapat mengiritasi saluran pencernaan, sehingga bisa memperparah hipersensitivitas yang mungkin diderita.

3. Jamur

Pemilik golongan darah O juga perlu waspada terhadap jamur shiitake dan buah zaitun hitam yang diawetkan karena bisa memicu alergi.

4. Terong

freepik
freepik

Golongan Darah O Wajib Waspada Jika Ingin Konsumsi 5 Sayuran Ini

Sayuran lain yang sebaiknya diwaspadai pemilik golongan darah O, adalah sayuran dari keluarga terung-terungan alias Solanacea, terutama terung dan kentang.

Kandungan lektin pada sayuran ini tergolong tinggi sehingga bisa memicu nyeri sendi dan merangsang munculnya penyakit artritis.

Sayuran dari keluarga ini yang menjadi pengecualian, yakni tomat.

Sayuran dari keluarga Solanacea ini memang mengandung lektin yang kuat, yakni panhemaglutinan, suatu senyawa khusus yang mampu membekukan darah semua golongan darah.

Tapi, kandungan lektin ini ternyata tidak dapat dinetralkan di dalam tubuh pemilik golongan darah O.

Baca Juga:Coba Mulai Besok Rutin Berkumur Pakai Air Garam Setiap Hari, 7 Hal Ajaib Ini Langsung Terjadi di Dalam Tubuh

Baca Juga:Tak Perlu Buru-buru ke Salon, Cara Mudah Menghilangkan Uban dengan Daun Salam Cuma Butuh Waktu 15 Menit

5. Jagung

Jagung juga perlu dihindari oleh para pemilik golongan darah O karena kandungan lektinnya dapat menghambat produksi insulin.

Kondisi ini akan menjadikan pemilik golongan darah O lebih mudah mengalami kegemukan dan berisiko menderita kencing manis atau diabetes mellitus.

Jadi, demi menjaga kesehatannya, pemilik golongan darah O tidak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi 5 jenis sayuran tersebut.

Editor : Safira Dita

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya