Sudah Swab Test Sebelum Berangkat, 13 Jamaah Umrah Asal Indonesia Positif Covid-19: Jadi Tanggung Jawab dari Kuasa dan Pemerintah Arab Saudi

Kamis, 12 November 2020 | 10:38
The Jakarta Post

13 Jamaah Umrah Asal Indonesia Positif Covid-19

Sudah Swab Test Sebelum Berangkat, 13 Jamaah Umrah Asal Indonesia Positif Covid-19: Jadi Tanggung Jawab dari Kuasa dan Pemerintah Arab Saudi

GridHITS.id - Kabar kurang baik datang dari jamaah umrah Tanah Air yang disebutkan positif Covid-19.

Bahkan, disebutkan jika total jamaah umrah asal Indonesia yang dinyatakan positif Covid-19 berjumlah 13 orang.

13 dari ratusan jemaah umrah asal Indonesia yang mulai diberangkatkan pada Minggu (1/11/2020) ternyata ada yang positif Covid-19.

Baca Juga: Tarif Swab Test dan PCR Terbaru di Rumah Sakit serta Klinik Banjarmasin Secara Mandiri, November 2020

Baca Juga: Paling Murah Se-Indonesia, Ini Rincian Tarif Swab Test dan PCR Terbaru di Rumah Sakit serta Klinik Riau

Jumlah jemaah umrah asal Indonesia yang positif Covid-19 bertambah menjadi 13 orangdidapat dari hasil dua kali swab test.

"Dari dua kali swab itu ada 8 jemaah umrah asal Indonesia yang terkonfirmasi positif. Dan gelombang kedua yang berangkat tanggal 3 November itu, ada lima orang yang terkonfirmasi positif," ujar dia.

Sementara itu, untuk gelombang ketiga jemaah umrah asal Indonesia hingga kini belum ada kasus positif yang terkonfirmasi.

"Penanganannya tentu ini menjadi tanggung jawab dari kuasa dan pemerintah Arab Saudi," ujar Arfi melalui channel Youtube BNPB, Rabu (11/11/2020), dikutip dari Kompas.com

Arfi mengatakan Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah melakukan penanganan terhadap jemaah yang positif ini.

Para jemaah yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut telah dilakukan isolasi danakan menjalani tes PCR Swab ulang.

Baca Juga: Kabar Gembira Datang Lagi, Penelitian Terbaru Klaim Obat dari Korea Dinyatakan Ampuh Mempercepat Kesembuhan Pasien Positif Covid-19

Baca Juga: Sudah Masuk Musim Hujan, Pakai 5 Cara Ini Dijamin Ampuh Lawan Panik Saat Pandemi Covid-19 di Cuaca Ekstrem

"Nanti akan dilakukan swab tes ulang. Mudah-mudahan hasilnya sudah negatif," tutur Arfi.

Seluruh perawatan jemaah yang positif Covid-19 ini mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Arab Saudi.

"Penanganannya sudah ditangani, advokasi, antisipasi termasuk juga perhatian terhadap konsumsi sudah menjadi perhatian dari pihak Kementerian Kesehatan Arab Saudi," kata Arfi

Wakil Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Bungsu Sumawijaya berpesan kepada calon jemaah umrah asal Indonesia di masa pandemi agar melaksanakan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya.

Salah satunya, kata dia, mengikuti aturan karantina yang diminta oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

"Kita harus mengikuti dan menghormati protokol kesehatan dan protokol karantina yang dilakukan oleh Arab Saudi. Jadi kalau misalnya kita diminta untuk karantina di kamar hotel, tolong laksanakan dengan baik, jangan melanggar protokol tersebut dengan jalan-jalan, ketemu orang, bahkan keluar dari hotel," kata Bungsu dalam diskusi virtual Perkembangan Terkini: Umrah Aman Saat Pandemi, Rabu (11/11/2020).

Selain itu, ia berpesan agar calon jemaah selalu menjaga kesehatan, baik ketika berada di Indonesia, saat berangkat, pelaksanaan ibadah, hingga kembali ke Tanah Air.

"Itu sudah ada tahapan-tahapannya, mulai dari keberangkatan, tes pada saat di sana, tes pada saat mau pulang, itu tolong diikuti dengan baik saja," ucap dia.

Tak lupa, ia mengingatkan calon jemaah agar selalu memakai masker, mencuci tangan, membawa hand sanitizer, dan menjaga jarak dengan menghindari kerumunan.

Jemaah umrah asal Indonesia pada masa pandemi wajib mengikuti protokol kesehatan yang ada, baik ketika berangkat dari Indonesia dan saat berada di Arab Saudi.

Salah satu aturannya yakni melakukan swab test pada hari kedua sejak tiba di Arab Saudi, dan swab test kembali sebelum berangkat ke Tanah Air.

Baca Juga: Tarif Swab Test dan PCR Terbaru di Rumah Sakit serta Klinik Banjarmasin Secara Mandiri, November 2020

Baca Juga: YouTube Down Tak Bisa Putar Video Apapun Pagi Ini, YouTube Music dan YouTube TV Kena Imbasnya: Tim Sedang Mengerjakannya

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya