Sudah Masuk Musim Hujan, Pakai 5 Cara Ini Dijamin Ampuh Lawan Panik Saat Pandemi Covid-19 di Cuaca Ekstrem

Selasa, 10 November 2020 | 11:30
Freepik

Masuk Musim Hujan, Pakai 5 Cara Ini Dijamin Ampuh Lawan Panik Saat Pandemi Covid-19

Sudah Masuk Musim Hujan, Pakai 5 Cara Ini Dijamin Ampuh Lawan Panik SaatPandemi Covid-19 di Cuaca Ekstrem

GridHITS.id - Cukup pakai 6 cara ini dijamin ampuh lawan panik saat pandemi Covid-19 di cuaca ekstrim.

Seperti kita ketahui bersama jika di Tanah Air kini sudah memasuki musim hujan dimana banyak penyakit yang ikut berdatangan.

Padahal, hingga saat ini pandemi Covid-19 masihmenjadi momok di Indonesia dan belum tahu kapan akan berakhir.

Baca Juga: Kabar Gembira Pemerintah Sebut Zona Merah DKI Jakarta Berkurang, Anies Baswedan: Covid-19 Terkendali Menuju Aman

Baca Juga: Memasuki Musim Hujan Pandemi Covid-19 Masih Menyerang, Para Ahli Wajibkan Bawa Barang Cadangan Ini Untuk Cegah Virus Corona

Setiap memasuki akhir tahun, masyarakat di tanah air dihadapkan dengan musim hujan yang kerap mengundang banyak penyakit.

Terlebih ancaman penyakit ini bertambah seiring dengan pandemi virus corona (Covid-19) yang tengah melanda Indonesia.

Karenanya masyakat kini diimbau untuk lebih ekstra lagi dalam menjaga daya tahan tubuh tetap baik.

Merujuk imbauan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipublikasikan di situs Covid19.go.id, berikut upaya menjaga daya tahan tubuh saat pandemi corona dan musim hujan.

1. Berjemur di bawah matahari pagi

Berjemur di bawah sinar matahari pagi baik untuk kesehatan karena tubuh mendapatkan asupan vitamin D.

Untuk mendapatkan Vitamin D, kita memerlukan paparan sinar ultraviolet B yang muncul antara Pukul 09.30 - 14.30.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 merekomendasikan untuk berjemur di bawah matahari pagi selama 5-15 menit. Berjemur harus dilakukan rutin, minimal 2 sampai 3 kali seminggu.

Baca Juga:Paling Update, Ini Tarif Swab Test dan PCR Terbaru di Rumah Sakit serta Klinik Surabaya Secara Mandiri

Baca Juga:Ingin Test Covid-19? Ini Tarif Swab Test dan PCR Terbaru di Rumah Sakit serta Klinik Solo yang Harganya Masih Terjangkau

2. Olahraga rutin

Cara menjaga daya tahan tubuh berikutnya adalah dengan berolahraga rutin. Olahraga baik untuk melepas stres sekaligus melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Tidak perlu melakukan olahraga yang menguras tenaha karena kalau sampai terlalu lelah justru akan menurunkan imun tubuh kita. Lakukan olahraga teratur sekitar 150 menit per minggu, atau 30 menit per hari.

3. Minum air putih

Cara menjaga daya tahan tubuh berikutnya adalah dengan minum air putih sekitar 2 liter per hari. Kecukupan konsumsi air penting untuk menjaga fungsi tubuh tetap optimal.

Kekurangan minum air membuat fungsi tubuh menurun. Akibatnya, daya tahan tubuh pun rawan melemah.

4. Konsumsi vitamin

Cara menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan konsumsi vitamin dan suplemen. Tapi jangan sembarangan konsumsi vitamin dan suplemen.

Konsultasikan dengan dokter, vitamin dan suplemen apa yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Biasanya, untuk menjaga daya tahan tubuh diperlukan vitamin C.

Baca Juga:Ramai Kabar Virus Corona Menular Lewat Udara, 3 Hal Ini Ternyata Bisa Bawa Covid-19 Walau Berdiam di Rumah Saja

Baca Juga:Bioskop XXI Dibuka Namun Penonton Wajib Keluar Hidup Udara Segar, Berikut Panduan Nonton Bioskop Lainnya di Tengah Pandemi

5. Pola makan

Cara menjaga daya tahan tubuh yang lainnnya adalah dengan menjaga pola makan. Konsumsilah makanan sehat dan gizi seimbang.

Ingat, malnutrisi akibat makanan tidak sehat dan tidak teratur dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Kurangi makanan junkfood dan berlemak agar daya tahan tubuh terjaga. Perbanyak makanan yang mengandung serat.

6. Tidur cukup

Cara menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah dengan istirahat cukup sekitar 7-8 jam per hari. Menjaga jam tidur merupakan cara untuk menjaga sistem imun tetap baik.

Tidur yang cukup dan pola tidur yang baik dapat menurunkan risiko stres yang dapat menurunkan imun pada tubuh. Jadi pastikan waktu tidur selalu tercukupi, kurangi begadang.

Artikel ini sudah pernah tayang di GridHealth dengan judul: Musim Hujan Saat Pandemi Covid-19, Ini Cara Paling Efektif Jaga Daya Tahan Tubuh dan Terhindar Dari Segala Penyakit

Editor : Safira Dita

Sumber : Gridhealth

Baca Lainnya