Kabar Terbaru Usai Vaksin Covid-19 Diumumkan Batal, Menko Luhut Kembali Janjikan Vaksinasi Siap Bulan Depan: Minggu Ketiga Desember

Kamis, 05 November 2020 | 09:14
Kompas

Vaksin Covid-19 Diumumkan Batal, Menko Luhut Kembali Janjikan Vaksinasi Siap Bulan Depan: Minggu Ketiga Desember

Kabar TerbaruUsai Vaksin Covid-19 Diumumkan Batal, Menko Luhut Kembali Janjikan Vaksinasi Siap Bulan Depan: Minggu Ketiga Desember

GridHITS.id -Kabar terbaru usaivaksin Covid-19 yang segera diedarkan bulan November justru diumumkan batal.

Kabarnya Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan kembli menjanjikan Vaksin Covid-19 di Tanah Air.

Sebelumnya. Menko Luhut sempat menjanjikan vaksin Covid-19 akan segera siap dilakukan pada sekitar awal November 2020 mendatang.

Baca Juga: Kabar Terbaru Vaksin Covid-19 yang Segera Diedarkan November Justru Diumumkan Batal, Menko Luhut: Tadi Presiden Telepon Saya

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Segera Diedarkan hingga Disebut Punya Potensi Mengubah DNA Manusia, WHO: Sengaja Disebarkan Aktivis Anti-vaksinasi

Vaksin corona yang siap digunakan dalam waktu dekatsebelumnya yaknivaksin Covid-19 buatan China, antara lain Cansino, Sinopharm, hingga Sinovac.

Namun, kabarsebelumnyadari Menko Luhut justru mengumumkan kemungkinan batalnya vaksin Covid-19 tersebut.

Deutsche Welle

Vaksin Covid-19 Diumumkan Batal, Menko Luhut Kembali Janjikan Vaksinasi Siap Bulan Depan

Menko Luhut mengungkapkan adanya kemungkinan vaksin Covid-19 tidak jadi masuk ke Indonesia pada November 2020.

Hal itu telah disampaikan Menko Luhut setelah berkomunikasi lewat telepon dengan Presiden Joko Widodo.

"Tadi presiden telepon saya. Tadinya rencana kita mau (November) karena barangnya (vaksin) dapat (tapi) rencana minggu kedua November bisa saja tidak kesampaian," saat memberikan pengarahan dalam Seminar Lemhannas yang ditayangkan di kanal YouTube resmi Lemhannas, Jumat (23/10/2020).

"Bukan karena barangnya. Barangnya siap tapi karena EUA (emergency use authorization) itu dikeluarkan BPOM, karena ada aturan, step-step yang harus dipatuhi," lanjutnya menjelaskan.

Berdasarkan pembicaraan itu, kata Luhut, Presiden Jokowi menekankan agar keamanan vaksin diutamakan.

Pixabay.com/ geralt

Vaksin Covid-19 Diumumkan Batal, Menko Luhut Kembali Janjikan Vaksinasi Siap Bulan Depan

Baca Juga:Kabar Terbaru Calon Vaksin Covid-19 yang Diuji Coba di Bandung Punya Efek Samping Bagi Kesehatan, Amankah Untuk Tubuh?

Baca Juga:WHO Beri Peringatan Keras Soal Covid-19, Minta Masyarakat Waspada Karena Vaksin Mustahil Ada Sebelum Akhir 2021

"Presiden saya lihat tidak mau lari dari situ. Beliau katakan keamanan nomor satu. Jadi ya kita lihat nanti sampai kapan," katanya.

"Dan saya bicara kemarin malam dengan profesor senior-senior itu mereka juga sama. Saya kira pemerintah sangat menghormati soal aturan tadi," tegas Luhut.

"Saya dikasih untuk disuntik, tapi kan ngga bisa disuntik karena kita belum ada Emergency use Authorization (EUA)," ungkap Luhut.

Karena itu, dia menyatakan masyarakat Indonesia harus menunggu adanya EUA danhal tersebut merupakan aturan yang harus dipatuhi.

Baru-baru ini, Menko Luhut kembali menjanjikan terkait vaksinasi Covid-19 dalam waktu dekat yakni bulan depan.

Dalam acara The 7th Singapore Dialogue on Sustainable World Resources (SDSWR) secara virtual, Rabu (4/11/2020), Luhut menyatakan bahwa pemberian vaksin Covid-19 akan dimulai pada minggu ketiga Desember 2020.

“Kami akan melakukan vaksinasi di minggu ketiga Desember,” kata pria yang kerap disebut 'Menteri Segala Urusan', dikutip dari Kompas.om.

Luhut menambahkan, saat ini pemerintah tengah melakukan uji klinis fase ketiga terhadap vaksin yang dikembangkan Sinovac dan Bio Farma di Bandung, Jawa Barat.

“Saya rasa (vaksinasi akan dilakukan pada) sekitar 9 juta orang di wilayah spesifik yang kami percaya berkontribusi besar pada tingginya kasus Covid-19. Di Jakarta, misalnya,” kata Luhut.

“Ada sejumlah area yang kami percaya berkontribusi besar pada kasus Covid-19 dan berikan mereka suntikan,” imbuhnya.

"Saya kira mungkin akan mulai terkendali. Kita sudah ketemu bentuknya (formula penanganan) dan sudah mulai kerjakan. Dalam satu minggu atau 10 hari ke depan akan kelihatan hasilnya," ujarnya dalam tayangan Mata Najwa, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga:Pemilik Golongan Darah O Boleh Bernafas Lega Karena Kebal Lawan Covid-19, Namun Harus Waspada Karena Justru Rentan Terhadap Penyakit Ini

Baca Juga:Pemilik Golongan Darah O Boleh Bernafas Lega, Studi Terbaru Menyatakan Golongan Darah O Lebih Kebal Melawan Covid-19: Semacam Perlindungan

Editor : Safira Dita

Sumber : Gridhealth

Baca Lainnya