Jadi Angin Segar Kemunculan Obat Alami Covid-19, Penelitian Sebut Kulit Manggis Dipercaya Ampuh Tangkal Virus Corona

Jumat, 16 Oktober 2020 | 10:58
pixabay/taboty

Obat Alami Covid-19, Penelitian Sebut Kulit Manggis Dipercaya Ampuh Tangkal Virus Corona

Jadi Angin Segar Kemunculan Obat Alami Covid-19, Penelitian Sebut Kulit Manggis Dipercaya Ampuh Tangkal Virus Corona

GridHITS.id -Ada sebuah penelitian terbaru yang menyebut jika ekstrak kulit manggis dipercaya bisa tangkal virus corona.

Tentunya kabar penelitian ini menjadi angin segar bagi seluruh masyarakat di Indonesia yang berharap virus Covid-19 lekas hilang.

Terkait dengan penelitian ini, bagi masyarakat Indonesia mungkinsudah tak asing lagi dengan buah eksotik satu ini, manggis.

Dikenal kaya akan antioksidan, manggis berpotensi melawan radikal bebas hingga melawan berbagai penyakit kronis.

Namun siapa sangka, di balik kulitnya yang cukup keras, kulit manggis disebut-sebut dapat menjadi penangkal virus corona (Covid-19).

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Mahasiswa Unpad ini menemukan senyawa turunan alfa mangostin yang memiliki potensi aktivitas terhadap virus SARS-CoV-2, atau virus corona penyebab Covid-19.

Baca Juga: Pemerintah Ngotot Gelar Pilkada, Ahli Epidemiologi Sebut Ada Kaitan dengan Testing Covid-19: Supaya Tidak Kelihatan Pandemi Tinggi

Baca Juga:Kabar Gembira Vaksin Corona Segera Diedarkan di Indonesia, Ahli Beri Tanggapan Vaksin Covid-19: Memberikan Harapan Itu Penting, tapi Tidak Harapan Palsu

Pixabay.com/ geralt

Obat Alami Covid-19, Penelitian Sebut Kulit Manggis Dipercaya Ampuh Tangkal Virus Corona

"Studi ini didasarkan atas penelitian tentang beberapa senyawa yang memiliki potensi berinteraksi dengan virus SARS-CoV-2. Sumber senyawa tersebut berasal dari bahan alam," ujar Syahrul Hidayat, saslah satu tim peneliti, dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (13/10/2020).

Senyawa bahan alam ini memiliki beberapa keunggulan.

Misalnya, toksisitasnya yang rendah, serta risiko terjadinya efek samping lebih sedikit jika dibandingkan dengan bahan kimia yang dibuat di pabrikan.

“Selain itu, sampai saat ini pengelolaan Covid-19 masih seputar mengobati gejala, karena belum ada obat atau vaksin yang secara definitif mampu mengatasi Covid-19 itu sendiri. Karena itu, ini menjadi peluang menemukan senyawa baru yang lebih baik,” kata Syahrul.

Baca Juga:Waspada Peringatan Terbaru Covid-19 di Indonesia, Penelitian Menyebut Virus Corona Bisa Bertahan 28 Hari di Uang Kertas hingga Ponsel

Baca Juga:Vaksin Corona Seharga Rp 1,3 Juta Segera Diedarkan, Ahli Epidemiologi Justru Sarankan Obat Generik: Menyelamatkan Nyawa dengan Biaya Sangat Rendah

Salah satu senyawa sumber alam yang dilirik Syahrul dan teman-temannya adalah alfa mangostin.

Ini didasarkan atas penelitian lain yang menunjukkan bahwa senyawa hasil isolasi kulit buah manggis ini memiliki aktivitas antivirus yang mirip dengan nelfinavir, atau obat anti-HIV yang digunakan sebagai salah satu pengobatan gejala Covid-19.

Aktivitas nelfinavir pada SARS-CoV-2 berperan menghambat pertumbuhan virus.

“Kita punya ide, kalau aktivitasnya sama, maka senyawa alfa mangostin pun memiliki aktivitas yang sama terhadap virus SARS-CoV-2,” kata dia.

Berangkat dari rujukan penelitian tersebut, ketiganya mencoba melakukan studi awal dengan cara memodifikasi senyawa alfa mangostin.

Modifikasi dilakukan untuk memperbaiki sifat-sifat dari senyawa alfa mangostin.

Studi dilakukan dengan menggunakan metode komputasi dibantu Guru Besar Fakultas Farmasi Unpad Prof Muchtaridi.

Hasilnya, senyawa FKS9 atau senyawa modifikasi dari alfa mangostin secara spesifik memiliki aktivitas terhadap protein Mpro, salah satu protein pada virus SARS-CoV-2.

Baca Juga:Belum Usai Wabah Virus Corona, Muncul Virus Tick-Borne Marak di China yang Dikhawatirkan Bisa Masuk ke Indonesia

Baca Juga:Pemerintah Ngotot Gelar Pilkada, Ahli Epidemiologi Sebut Ada Kaitan dengan Testing Covid-19: Supaya Tidak Kelihatan Pandemi Tinggi

Meski demikian, studi ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut di laboratorium untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik.

“Penelitian ini bisa memberikan informasi terkait potensi senyawa alfa mangostin, bahwa senyawa ini memiliki aktivitas terhadap SARS-CoV-2 sebagai solusi untuk mengatasi Covid-19,” kata Syahrul.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Penelitian Mahasiswa Unpad, Ekstrak Kulit Manggis Berpotensi sebagai Anti-Corona

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya