Inilah Tips Atur Uang yang Tepat Saat Resesi untuk Komunitas Perempuan dan Ibu Rumah Tangga

Kamis, 15 Oktober 2020 | 16:17
Freepik

Ilustrasi kiat atur uang saat resesi

GridHITS.id -Dampak pandemi Covid-19 makin meluas.

Yang paling terasa adalah pada sektor ekonomi.

Sehingga mau tak mau, setiap orang harus pandai mengatur keuangan masing-masing.

Menurut Kementrian Keuangan RI, kuartal II 2020 ekonomi Indonesia minus 5,32%, meski mulai membaik pada kuartal III, pertumbuhannya masih di level negatif.

Kondisi Indonesia yang sudah memasuki resesi ini menyebabkan banyak orang mengalami guncangan ekonomi, entah karena terkena pemotongan gaji, pengurangan bonus, sampai kehilangan pekerjaan.

Menyadari kondisi tersebut, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli berkolaborasi dengan NOVA yang merupakan bagian dari Grid Network, Kompas Gramedia, menggelar webinar dengan tema Pintar Atur Uang Saat Resesi.

Baca Juga: Sampai Rela Keuangan Bulan Ini Boros, Hobi Baru Kirana Larasati Ini Ternyata Baik Untuk Kesehatan Mental!

Baca Juga: Indonesia Terancam Resesi, Lakukan Hal ini Agar Keuangan Rumah Tangga Tak Alami Krisis! Salah Satunya Hindari Beli Barang Konsumtif Meski Harganya Sangat Miring

Kegiatan ini ingin mengajak masyarakat Indonesia khususnya komunitas perempuan dan Ibu Rumah Tangga untuk menyadari pentingnya mengelola keuangan selama resesi, sehingga semua kebutuhan kita tetap terpenuhi, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang, sehingga kualitas hidup pun tetap terjaga.

NOVA

Kiat atur uang untuk komunitas perempuan dan ibu rumah tangga bersama Allianz dan Nova

Webinar yang menghadirkan perencana keuangan, Rista Zwestika, ini merupakan bagian dari partisipasi Allianz Indonesia dalam rangkaian kegiatan tahunan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bulan Inklusi Keuangan 2020 yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk, layanan jasa keuangan, sebagai bagian dari pemulihan ekonomi nasional.

Menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini maka kegiatan tahunan kali ini diselenggarakan dalam bentuk Virtual Expo maupun Webinar dan dapat di akses melalui website http://www.bik2020.id.

“Masa pandemi yang tengah dialami menyadarkan kita untuk semakin pintar mengatur keuangan dan memikirkan berbagai risiko yang mungkin terjadi. Kami percaya masyarakat yang memiliki literasi keuangan yang baik bisa mengatur keuangan keluarga dan memilih produk keuangan terbaik sehingga dapatlebih kuat menghadapi tantangan. Kami berharap melalui kegiatan ini, Allianz Indonesia dapat terus memberikan ketenangan pikiran dan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat indonesia, terutama di masa menantang ini,” kata Sunadi, Perwakilan Yayasan Allianz Peduli.

Hal yang paling penting dalam pengelolaan keuangan adalah membuat perencanaan keuangan.

“Karena, pendapatan kita bisa berkurang, tapi biaya hidup terus berjalan, cicilan tidak bisa dihentikan, muncul biaya tambahan yang tidak terduga, sementara tabungan terkuras dengan cepat. Karena itu perencanaan keuangan seperti peta yang akan membantu kita mencapai tujuan keuangan kita,” demikian menurut Rista.

Tapi pengelolaan seperti apa yang perlu kita lakukan di masa ini?

“Tidak hanya saat resesi, tetapi kita sebagai ibu rumah tangga harus bisa mengatur keuangan dengan baik. Di masa resesi ini, kita harus ekstra kreatif dan lebih SMART. SMART yang dimaksud di sini adalah Specific, menetapkan tujuan dengan rinci dan jelas; Measurable, tujuan keuangan harus terukur; Achievable, harus bisa diwujudkan atau realistis; Relevant, antara anggaran dan tujuan sudah sesuai; serta Time-related, tujuan kita memiliki batas waktu yang jelas,” kata Sri Purnalia Susanna, perwakilan Allianz Indonesia.

Lalu bagaimana masalah ini bila dilihat dari kacamata perempuan?

Baca Juga: Siap Hitung Mundur, Menkeu Sri Mulyani Siap 'Tabok' ASN, TNI, dan Polri Lewat THR Keagaamaan yang Cair pada 15 Mei

Baca Juga: Informasi Lowongan Pekerjaan di Perusahaan Angkutan PT DAMRI Terbaru 2020 Untuk S1, Lihat Beberapa Posisinya!

“Lebih dari sebelumnya, peran perempuan, ibu, sebagai Menteri Keuangan dalam keluarga di masa pandemi dan resesi ini jadi amat penting. Saat pemasukan keluarga berkurang atau hilang, perempuan jadi penyokong dan penjaga. Artinya, wajib tahu dan paham betul pentingnya atur uang, caranya, sampai produk apa yang pas buat keluarganya. Sebab NOVA percaya kalau perempuan melek keuangan, keluarganya pasti aman sejahtera. Kami paham perempuan punya seabrek kegiatan, itu sebabnya rangkaian kegiatan seperti webinar bersama Allianz yang bisa diikuti dari rumah ini jadi tepat,” ujar Indira Dhian Saraswati, Editor in Chief NOVA, yang menjadi moderator pada webinar ini.

Bila pengeluaran sudah tidak dapat lagi ditutupi oleh pendapatan, kita perlu mengambil langkah, yaitu mengurangi pengeluaran atau menambah penghasilan.

Atau kita bisa melakukan kedua hal tersebut secara bersamaan.

“Ada dua cara yang mungkin dilakukan untukmenambah penghasilan. Pertama, secara vertikal. Bila kita bekerja di sebuah perusahaan, kita bisa berusaha untuk meningkatkan level kita, sehingga terbuka peluang untuk mendapatkan peningkatan imbalan. Cara kedua adalah secara horizontal, yaitu mencari penghasilan tambahan, misalnya dengan memulai usaha,” jelas Rista.

Yang juga penting dalam mengelola keuangan kita, yaitu melihat peluang investasi dan juga mengantisipasi risiko dengan memiliki proteksi yang tepat.

Bagaimana memilih produk investasi atau asuransi yang cocok?

Sesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan kita?

Apakah kita membutuhkan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau lainnya?

Lalu apakah kita membutuhkan investasi untuk tujuan pendidikan anak, untuk masa pensiun, dan lain-lain?

Selain itu, sesuaikan juga dengan kemampuan keuangan atau bujet yang kita miliki.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Cara Mengatur Ulang Keuangan Keluarga di Era Kenormalan Baru Lewat Festival EDUWEEK, Catat Tanggalnya Moms!

Selain webinar ini, masih ada rangkaian kegiatan lainnya dari Allianz Indonesia bersama NOVA dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan 2020, baik dalam bentuk kuliah WhatsApp, webinar, maupun YouTube Live.

Webinar kedua dengan tema Hati Senang, Duit Datang: Kembangkan Hobi Jadi Usaha akan diselenggarakan pada tanggal 26 Oktober 2020.

Selain itu, ada pula booth Virtual Expo Allianz Indonesia serta akan ada pula program live Bulan Inklusi Keuangan pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020 yang kesemuanya bisa di akses di http://bit.ly/BIK-VirtualBoothAllianz.

Editor : Cynthia Paramitha Trisnanda