Jadi Akhir dari BSU Rp 600 Ribu Gelombang 1 untuk Karyawan Swasta, 618.588 Karyawan Swasta Dapat Transferan dari Menaker Ida Fauziyah Hari Ini, Segera Cek Rekening

Rabu, 07 Oktober 2020 | 08:58
Tribun Jogja

BSU tahap 5 cair hari ini

Jadi Akhir dari BSU Rp 600 Ribu Gelombang 1 untuk Karyawan Swasta, 618.588 Karyawan Swasta Dapat Transferan dari Menaker Ida Fauziyah Hari Ini, Segera Cek Rekening

GridHITS.id - Bantuan Subsidi Upah ata BSU senilai Rp 600 ribu bagi karyawan swasta non BUMN dan BUMD akhirnya menemui titik akhir.

Terhitung sejak akhir Agustus lalu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menunaikan janjinya untuk memberikan bantuan berupa uang Rp1,2 juta rupiah bagi karyawan swasta.

Bantuan ini dimaksudkan untuk semua karyawan swasta di Indonesia dapat memperbaiki ekonomi masing-masing yang sempat carut marut akibat pandemi.

Total senilai Rp2,4 juta rupiah BSU yang akan diberikan Menaker Ida dalam 2 gelombang. Jadi BSU senilai Rp600 ribu diterima karyawan swasta sebanyak 2 kali nantinya.

Baca Juga: Hore, Uang Bantuan Subsidi Gaji Rp1,2 Juta Bakal Mampir Lagi ke Rekening Bulan Ini, Pastikan BPJS Ketenagakerjaan Tetap Aktif

Baca Juga: Kabar Baik! Tak Cuma Honorer dan Karyawan Swasta, Guru Ngaji Juga Kecipratan BSU, Segini Besarannya

Sekali transfer karyawan swasta mendapatkan Rp1,2 juta rupiah untuk 2 bulan.

Dari 15 juta lebih karyawan swasta yang mengajukan BSU ada 12,4 juta orang yang lolos seleksi BSU.

Meski ada kendala, tapi akhirnya pemerintah sudah menunaikan janjinya di gelombang 1 ini.

Total ada 618.588 pekerja yang mendapat transferan BSU Rp600 ribu rupiah.

Menteri Ida Fauziyah yang mengawal jalannya pemberian BSU bagi karyawan swasta benar-benar yakin bahwa hari ini (07/10) adalah tahap terakhir dari gelombang 1.

Total ada 5 tahap pemberian BSU untuk 12,4 juta pekerja.

Dan hari ini adalah yang terakhir, karena Menaker Ida Fauziyah sudah menerima petunjuk teknis atau juknis dari BPJS Ketenagakerjaan terkait BSU tahap akhir ini.

https://www.instagram.com/idafauziyahnu
https://www.instagram.com/idafauziyahnu

Ida Fauziyah bicara soal BSU bagi 12,4 juta karyawan swasta

“Insya Allah akan bisa dicairkan sebagaimana sebelumnya akan disampaikan kepada KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara). Kemudian KPPN mencairkan kepada bank penyalur. Dari bank penyalur akan disampaikan kepada penerima subsidi gaji atau upah,” ujarnya di Bogor pada Selasa (06/10).

Baca Juga: Bantuan 600 Ribu Gelombang 4 Segera Cair, Yuk Cek di Sini Untuk Memastikan Apakah Kamu Salah Satu Penerimanya

Baca Juga: Jangan Sampai Gigit Jari! Faktanya Rekening Bank Karyawan Swasta yang Bakal Dapat Bantuan Subsidi Upa Rp600 Ribu Ada yang Tidak Valid, Begini Kriterianya

Ia menegaskan, penerima bantuan subsidi gaji tidak hanya pekerja yang memiliki nomor rekening bank-bank BUMN, tetapi juga pekerja yang memiliki nomor rekening di luar bank milik negara tersebut.

“Alhamdulillah mudah-mudahan kita bisa menyelesaikan seluruh subsidi upah ini kepada penerima 12,4 juta penerima program. Semuanya sudah diverifikasi dan divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan,” ucapnya.

Data Kementerian Ketenagakerjaan per 5 Oktober 2020 mencatat, secara total penyaluran subsidi gaji tahap I telah mencapai 99,32 persen, tahap II mencapai 99,32 persen, tahap III mencapai 99,32 persen, dan tahap IV mencapai 95,32 persen.

Dia berharap, program bantuan subsidi gaji memberikan manfaat dan meningkatkan daya beli masyarakat sehingga dapat meningkatkan konsumsi masyarakat di era pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, bantuan subsidi gaji/upah diberikan kepada para pekerja/buruh yang memiliki upah di bawah Rp5 juta sesuai upah yang dilaporkan dalam kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Bantuan subsidi gaji sebesar Rp600ribu rupiah diberikan selama empat bulan sehingga secara total penerima akan mendapat Rp2,4 juta per orang.

Bantuan ini disalurkan dalam dua termin masing-masing sejumlah Rp1,2 juta.

Baca Juga: Belum Mendapat Bantuan Rp600 Ribu dari Pemerintah? Begini Cara Mengecek Daftar Penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Via SMS Aplikasi dan sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Baca Juga: 5 Hal Ini Jadi Penyebab Anda Tak Kunjung Mendapat Transferan Subsidi Gaji Rp 1,2 Juta dari Pemerintah, Apa Saja?

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya