Sampai Buat Orang Terheran-heran Ternyata Ini Alasan Kenapa Kopi Geisha Dibanderol Rp 1,3 Juta per Kilogramnya

Sabtu, 03 Oktober 2020 | 09:00
freepik

Kopi geisha

Sampai Buat Orang Terheran-heran Ternyata Ini Alasan Kenapa Kopi Geisha Dibanderol Rp 1,3 Juta per Kilogramnya

GridHITS.id- Bagi Anda pecinta kopi pasti mengenal varietas kopi terkenal salah satunya kopi geisha.

Selain terkenal dikalangan pecinta kopi, kopi geisha dibanderol dengan harga yang tak murah.

Lantas, mengapa kopi geisha dibanderol dengan harga yang tak murah? Begini penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Besok Pagi Coba Gantikan Kopi dengan Campuran Air Jahe dan Lemon Setiap Hari, Jangan Kaget Lihat Perubahan yang Terjadi

Baca Juga: Serangga, Nyamuk, Hingga Kecoak Akan Kabur Kalau Kamu Taburkan Ampas Kopi di Sudut-sudut Ruangan, Ampuh Banget!

Gesha atau geisha adalah salah satu varietas kopi terkenal. Kopi ini juga jadi salah satu kopi paling mahal di dunia.

Dari tahun ke tahun, harga varietas kopi asal Panama ini bisa mencapai jutaan rupiah per kilogramnya.

Misalnya saja pada 2019, terjadi pemecahan rekor harga geisha dalam lelang yang dilakukan Best of Panama (BOP).

“(Orang) yang menang lelang, orang Jepang, dengan harga 2.000 dollar Amerika atau sekitar Rp 28 juta per kilogramnya,” kata Hendri Kurniawan, CEO ABCD School of Coffee ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (17/9/2019).

Sementara untuk hasil lelang tahun ini harga tertinggi kopi geisha washed mencapai 1.300 dollar AS per pon atau sekitar Rp 40 juta per kilogram.

Menurut laman auction.bestofpanama.org, harga biji kopi geisha di sini bervariasi. Paling rendah Rp 1,3 juta per kilogram hingga yang paling tinggi adalah Rp 40 juta per kilogram.

Baca Juga: Pergi ke Dapur Lalu Ambil Lima Sendok Kopi Hitam, Tak Banyak yang Tahu Cara Ini Ampuh Menghilangkan Rambut Putih atau Uban Seketika

Baca Juga: Kopi Dinyatakan Bisa Menurunkan Risiko Bunuh Diri Sebanyak 50 Persen, Begini Penjelasan Penelitinya

Mengapa kopi gesha mahal? Harga geisha yang sangat tinggi ini bukan tanpa alasan. Salah satu aspek yang paling mempengaruhi harga tersebut adalah kualitas rasa dan suplai biji kopi geisha yang sangat terbatas.

Menurut Adi Tjaroepratjeka, salah satu juri Indonesia Barista Competition (IBC), sebenarnya rasa kopi lain bisa dibilang tak kalah nikmat dari kopi geisha. Namun profil rasa yang beragam dari kopi geisha menjadikannya lebih populer.

“Gesha mempunyai rasa yang sangat jelas, sehingga mudah untuk seorang barista menyajikan beberapa karakter rasa,” jelas Adi.

Namun hal tersebut sangat bergantung pada letak penanaman kopi dan metode penanamannya. Letak kopi ditanam dan metode apa yang digunakan bisa memberikan perbedaan rasa yang menonjol.

Misalnya, beberapa orang melaporkan mencicipi notes rasa mangga, berry, jambu biji, jeruk, pepaya, persik, melati, hingga nanas.

Tipikal notes rasa dari kopi geisha adalah fruity dan floral. Apalagi dengan adanya tren rasa tertentu yang senantiasa berubah di kalangan pencinta kopi, juga berdampak pada popularitas geisha semakin naik daun.

Baca Juga: Nanti Malam Coba Tambahkan Bahan Ini Saat Menyeduh Kopi, 4 Manfaat Ajaib Akan Diterima Oleh Tubuh Keesokan Paginya

Baca Juga: Layak Dicoba! Tambahkan Bahan Alami Ini Saat Membuat Kopi, Manfaat Luar Biasa pada Tubuh Akan Diterima Setelahnya

Kesulitan kopi geisha Walaupun punya harga yang tinggi, tanaman kopi varietas geisha sebenarnya sulit tumbuh.

Tanaman geisha berbuah sangat sedikit tetapi membutuhkan pemeliharaan yang tinggi.

Pohon geisha punya sistem akar yang lebih pendek dari biasanya dan temperamental mengenai ketinggian. Geisha cocok ditanam di ketinggian 1.600 mdpl hingga 2.100 mdpl.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kopi Geisha Sangat Mahal, Capai Rp 40 juta Per Kilogram"

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya