Kopi Dinyatakan Bisa Menurunkan Risiko Bunuh Diri Sebanyak 50 Persen, Begini Penjelasan Penelitinya

Jumat, 14 Agustus 2020 | 15:00
Freepik/onlyyouqj

Kopi bisa menurunkan risiko bunuh diri sebanyak 50 persen.

Kopi Dinyatakan Bisa Menurunkan Risiko Bunuh Diri Sebanyak 50 Persen, Begini Penjelasan Penelitinya

GridHITS.id - Memiliki wangi dan rasa yang khas, bagi beberapa orang tentunya kopi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Biasanya banyak yang minum kopi untuk memberikan energi lebih saat di pagi hari agar bisa menjalani hari dengan penuh semangat.

Akan tetapi ada juga yang suka minum kopi untuk menemani ketika sedang duduk bersantai bersama dengan teman-teman di kafe.

Baca Juga: Nanti Malam Coba Tambahkan Bahan Ini Saat Menyeduh Kopi, 4 Manfaat Ajaib Akan Diterima Oleh Tubuh Keesokan Paginya

Baca Juga: Layak Dicoba! Tambahkan Bahan Alami Ini Saat Membuat Kopi, Manfaat Luar Biasa pada Tubuh Akan Diterima Setelahnya

Namun siapa sangka, ternyata ada manfaat kopi yang jarang diketahui oleh banyak orang, yaitu bisa menurunkan angka risiko bunuh diri sebanyak 50 persen.

Melansir dari World of Buzz, penelitian ini dilakukan oleh Harvard School of Public Health kepada beberapa pria dan wanita.

Minum beberapa cangkir kopi hitam setiap hari dapat mengurangi risiko bunuh diri sebanyak 50 persen, penelitian ini ditulis dalam The World Journal of Biological Psychiatry.

Menurut Harvard Gazette, studi ini dilakukan dengan meninjau tiga kelompok besar berdasarkan data yang dikumpulkan di Amerika Serikat (AS) dalam jangka 20 tahun.

- 43.599 laki-laki terdaftar dalam Health Professionals Follow-Up Study (HPFS) (1988–2008).

- 73.820 wanita di Nurses Health Study (NHS) (1992-2008).

- 91.005 wanita di Nurses Health Study II (NHSII) (1993-2007).

Baca Juga: Lebihi Obat Kuat! Minum Kopi Diyakini Dapat Dongkrak Kemampuan Seksual, Begini Faktanya

Baca Juga: Bukan Hal Buruk, Kebiasaan Minum Kopi di Pagi Hari Saat Sarapan Malah Bermanfaat Bagi Kesehatan Hati

Para penulis penelitian menyatakan bahwa orang dewasa yang minum dua hingga empat cangkir kopi dalam sehari memiliki keinginan bunuh diri lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak minum kopi.

Para peneliti percaya bahwa itu adalah efek dari kafein yang dianggap sebagai elemen terbaik dalam kopi selama tidak berlebihan.

Peneliti menyatakan bahwa kafein bisa merangsang sistem saraf pusat dan dapat bertindak sebagai antidepresan ringan.

Rangsangan tersebit yang bisa meningkatkan produksi neurotransmitter tertentu di otak, termasuk serotonin, dopamin, dan noradrenalin.

Maka dari itu para peminum kopi memiliki risiko depresi yang lebih rendah.

Baca Juga: Bagi Penderita Maag Sebaiknya Jangan Lagi Nekat Minum Kopi! Tubuh Akan Jadi Seperti Ini Jika Melanggarnya

Baca Juga: Awalnya Iseng, Ternyata Hal Sepele Ini yang Buat Hotman Paris Kepincut Mampir ke Kedai Kopi Johny

Dalam data yang dianalisis, sumber utama kafein informan adalah kopi, namun para peneliti tidak merekomendasikan orang dewasa yang depresi untuk meningkatkan asupan kafeinnya.

Sebab meningkatkan kadar kafein yang terlalu berlebihan bisa mengakibatkan beberapa efek samping yang kurang menyenangkan.

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : World of Buzz

Baca Lainnya