Kabar Terbaru Bansos Cair, Begini Cara Buat Kartu Keluarga Sejahtera Untuk Dapat BST Rp 500 Ribu, Cek cekbansos.siks.kemsos.go.id
GridHITS.id -Begini cara buat Kartu Keluarga Sejahtera untuk dapat BST Rp 500 ribu yang dikabarkan segera cair.
Ya, kabarnya bantuan sosial Rp 500 ribu yang diberikan Pemerintah di masa pandemi ini akan segera cair.
Seperti kita ketahui bersama jika Pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat untuk bertahan di tengah pandemi ini.
Salah satu bantuan yang diberikan tersebut adalah BST Rp 500 ribu yang mulai akan dicairkan pada Bulan September ini.
Adapun syarat dan cara untuk mendapatkan bantuan sosial berupa uang tunai Rp 500 ribu tersebut sangat mudah.
Tidakperlu mendaftar, jika nama anda sudah masuk dalam database Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Sebab, satu diantara syarat penerima bantuan sosial ini adalah mereka yang termasuk dalam keluarga penerima manfaat (KPM).
Untuk mendaftar agar menerima bantuan Rp 500 ribu dari Pemerintah bisa mengikuti panduan berikut ini :
- Buka laman https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/
- Pilih jenis kartu identitas diantaranya NIK atau ID DTKS / BDT atau Nomor PBI JK / KIS
- Jika Anda ingin menggunakan nomor KTP, pilih 'NIK'
- Lalu masukkan 16 digit nomor KTP atau NIK
- Pada kolom 'Nama ART', tulis nama lengkap Anda sesuai KTP.
- Masukkan kode verifikasi atau captcha yang tertera
- Klik 'Cari'
Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima salah satunya adalah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
KKS atau yang dulunya bernama KPS (Kartu Perlindungan Sosial) adalah kartu yang diterbitkan pemerintah untuk rumah tangga/keluarga miskin.
Namun masih banyak masyarakat yang kebingungan membuat KKS untuk menerima bantuan pemerintah.
Nah, beginicaramembuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk mendapatkan BST rp 500 ribu dari Pemerintah:
Mendaftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke pemerintah daerah terdekat seperti RT/RW setempat.
Anda bisa bertanya tentang informasi KKS kepada pengurus RT/RW, perangkat desa/aparatur kelurahan di wilayah tinggal KPM atau Humas Kementerian Sosial.
Biasanya setelah mendaftar KPM, calon KPM akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.
Data yang telah diisi oleh calon penerima program ini lalu diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten.
Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai kartu non tunai untuk pengambilan bantuan pangan.