Jangan Disepelekan! Racikan Daun Sirih Ini Disebut Bisa Atasi Berbagai Masalah Tubuh Termasuk Menyingkirkan Bau Badan

Selasa, 15 September 2020 | 07:15
Pexels/Sankarasastry AB

Daun sirih

Jangan Disepelekan! Racikan Daun Sirih Ini Disebut Bisa Atasi Berbagai Masalah Tubuh Termasuk Menyingkirkan Bau Badan

GridHITS.id -Banyak tanaman yang ada di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai obat, loh, salah satunya daun sirih.

Daun sirih disebut bisa membantu mengatasi berbagai masalah tubuh, seperti menghilangkan jerawat hingga menyingkirkan bau mulut.

Tanaman bernama latin "Piper Batle L"tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena mengandung minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati, dan juga minyak terbang atau betlephenol.

Baca Juga: Dipercaya Punya Khasiat Luar Biasa, Daun Sirih Bisa Luluhkan Diabetes Seketika Jika Diolah dengan Cara Ini

Baca Juga: Punya Khasiat Ajaib Sejak Ratusan Tahun Lalu, Dokter Ini Bagikan Cara Daun Sirih Bisa Luluhkan Diabetes Seketika

Melansir dari India.com, berikut beberapa khasiat daun sirih untuk tubuh.

1. Mengurangi rambut rontok

Daun sirih digunakan dalam praktek Ayurveda untuk masalah rambut rontok.

Moms dapat membuat obat rambut rontok sendiri dengan menggiling beberapa daun sirih dengan minyak wijen untuk membuat masker rambut anti rambut rontok.

Oleskan pasta ini ke semua bagian kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Cuci bersih menggunakan sampo lembut dan keringkan rambut dengan handuk.

2. Menghilangkan jerawat

Khasiat daun sirih lainnya yakni bisa membantu menghilangkan jerawat.

Daun sirih memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri sehingga Moms bisa menggunakan daun sirih jika memiliki kulit yang rentan berjerawat.

Ambil beberapa lembar daun sirih dan haluskan hingga menjadi pasta yang halus. Tambahkan sejumput bubuk kunyit dan oleskan di wajah.

Cuci bersih setelah mengering dan tepuk-tepuk kulit hingga kering dengan handuk lembut.

Baca Juga: Sering Disepelekan, Siapa Sangka Ternyata Daun Sirih Lebih Ampuh Dari Hand Sanitizer, Simak Cara Mudah Pembuatannya

Baca Juga: Ajaib, Hanya Minum Rendaman Air dan Biji Ketumbar Bisa Bantu Tangkal Diabetes hingga Turunkan Risiko Penyakit Jantung

3. Menenangkan ruam dan alergi

Sifat anti-inflamasi dan menenangkan membuat daun sirih paling baik untuk digunakan pada ruam dan alergi.

Mengoleskan ramuan daun sirih akan memberikan banyak kelegaan.

Cobalah, rebus 10 lembar daun sirih, setelah air menjadi hangat suam-suam kuku, campurkan ke dalam air mandi atau langsung gunakan untuk berendam di dalamnya untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak.

4. Mencegah bau badan

Bau badan ternyata bisa menjadi masalah yang memalukan dalam situasi sosial, dengan menggunakan daun sirih dapat membunuh bau tak sedap tersebut, loh.

Yang harus Moms lakukan adalah menambahkan sedikit jus daun sirih atau beberapa tetes minyak daun sirih ke dalam air mandi.

Mandi dengan air rendaman daun sirih ini akan membunuh kuman penyebab bau badan di tubuh dan segala jenis bau badan yang tidak sedap.

Baca Juga: Kisah Nyata, Wajah Seorang Wanita Alami Perubahan Seperti Ini Usai Rutin Pakai Air Rendaman Beras Selama Seminggu

Baca Juga: Coba-coba Minum Air Rendaman Bawang Putih Selama Dua Minggu, Pria ini Kaget karena Perutnya Lebih Rata dan Batuk Pileknya Hilang

5. Menghilangkan bau mulut

Daun sirih juga bisa membantu menghilangkan bau mulut, Moms.

Moms bisa mengunyah daun sirih setelah makan atau merebus beberapa daun sirih dalam air dan menggunakan ramuan daun sirih ini untuk berkumur.

Ini tidak hanya menyegarkan napas, tetapi juga mencegah kerusakan gigi dan memperkuat gusi.

(Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul "Jerawat Membandel hingga Bau Badan Bisa Teratasi dengan Ramuan Daun Sirih, Cara Buatnya Mudah!")

Editor : Riska Yulyana Damayanti

Sumber : Nakita

Baca Lainnya