Sering Disepelekan, Siapa Sangka Ternyata Daun Sirih Lebih Ampuh Dari Hand Sanitizer, Simak Cara Mudah Pembuatannya

Senin, 15 Juni 2020 | 18:39
GridFame.id

Dipercaya Sejak Turun-temurun, Minum Ramuan Rebusan Air Daun Sirih Ternyata Miliki Sejuta Manfaat untuk Kesehatan Pencernaan

Sering Disepelekan, Siapa Sangkan Ternyata Daun Sirih Lebih Ampuh Dari Hand Sanitizer, Simak Cara Mudah Pembuatannya

GridHITS.id - Hand sanitizer dipercaya mampu membersihkan telapak tangan sehingga mencegah penyebaran virus corona.

Orang-orang lalu memburunya sebagai persediaan untuk beberapa hari ke depan karena hingga saat ini, pasien corona terus bertambah.

Daripada harus merogoh kocek demi sebuah hand sanitizer yang sebenarnya tak jauh lebih efektif dari cuci tangan dengan sabun, lebih baik bikin sendiri.

Baca Juga: Laku Keras di Tengah Pandemi, Ternyata Hand Sanitizer Tak Bisa Melindungi Tangan dari Virus Corona untuk Waktu yang Lama

Baca Juga: Hati-hati Membawa dan Menyimpan Hand Sanitizer di dalam Mobil, Efeknya Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Jika Nekat Dilakukan

Hand sanitizer bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di pasaran.

Informasi mengenai cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami ini sudah diuji coba oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya.

Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR, Dr Retno Sari menjelaskan cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami.

"Sebenarnya pembuatan hand sanitizer banyak digunakan di mana bahan aktifnya adalah etanol dengan kadar 70 persen itu mudah pembutannya, hanya masyarakat umum untuk mendapatkan bahan bakunya mungkin tidak mudah ya, karena ada persyaratan khusus," jelas Retno Sari.

Retno merasa tidak semua orang bisa menemukan etanol sehingga ia berinisiatif untuk menggunakan bahan lain yang lebih mudah dicari, yakni daun sirih.

"Sebenarnya ini hasil penelitian kami sudah sejak 2006, pada saat itu sedang flu burung. Nah kita membuat alternatif hand sanitizer dari alam dengan bahan daun sirih," jelasnya.

Baca Juga: Usai Penimbun Masker Kena Karma, Kini Giliran Salah Seorang Penimbun Hand Sanitizer Menjerit karena Rugi Rp150 Juta

Baca Juga: Heboh Wajah Bupati Klaten Muncul di Hand Sanitizer hingga Berujung Klarifikasi, Mantan Wakil Ketua KPK Singgung Soal Malunya Sri Mulyani

Retno pun menuturkan, ia menambahkan bahan lain pada penelitiannya itu sehingga hand sanitizer yang bisa digunakan semua orang.

"Kemudian Maret kita coba menambahkan bahan lain yang juga mempunyai efek anti bakteri dan juga untuk mengatasi masalah pada sirih sendiri," kata dia.

Daun sirih, kata Retno Sari, menjadi salah satu bahan yang sering digunakan sebagai antiseptik.

"Nah kalau ada di rumah, kita bisa gunakan rebusan daun sirih, kemudian karena daun sirih ini mudah teroksidasi, jadi warnanya biasanya berubah menjadi cokelat. Nah ini bisa diatasi dengan menambahkan jeruk nipis, nanti dia bisa mencegah oksidasi," terangnya kemudian.

Ia berharap masyarakat bisa mencoba hand sanitizer sendiri ini di rumah.

"Tidak perlu terjadi kepanikan ya untuk membeli hand sanitizer sampai memborong dan segala macam, masyarakat bisa membuat hand sanitizer untuk penggunaan sendiri, tapi tidak untuk diperjual belikan, karena tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama," kata dia.

Baca Juga: Tak Lagi Masker dan Hand Sanitizer, Bahan Ini Mendadak Ramai Diburu Tuk Jaga Kesehatan Tubuh, Apa Itu?

Baca Juga: Banyak Dicari Masyarakat, Hand Sanitizer Merek Terkenal Banyak Dipalsukan, Ternyata Isinya Berbahaya

Berikut bahan dan langkah pembuatannya:

Bahan-bahan:

Daun sirih 50 gram

Air 200 ml

Jeruk Nipis

Cara membuat:

Ambil 50 gram daun sirih dari halaman, kemudian cuci bersih dan diangin-angin supaya kering

Dipotong-potong kecil

Panaskan air 200 ml

Tuangkan air panas ke daun sirih yang sudah dipotong-potong

Rendam kemudian steam dalam panci dengan api kecil selama 30 menit

Setelah itu disaring hingga dapat ekstra air

Tambahkan jeruk nipis

Aduk dan tambahkan air

Agar hasilnya tidak berwarna, pada saat penyaringan ditunggu sampai dingin dulu daun sirihnya, kemudian jeruk nipisnya kita masukkan dulu dalam wadah penyaringan, baru daun sirinya disaring di situ. Jadi warnanya akan bening.

"Baunya pasti memang daun sirih, tapi ini efektif. Jadi kadar daun sirih yang 15 persen ke atas itu sama efektifnya dengan etanol, kemampuan mengurangi jumlah bakteri, semoga bermanfaat," tutup Retno Sari.

Artikel ini telah tayang di GridFame.id dengan judulMeski Tanpa Alkohol, Faktanya Daun Sirih Bisa Jadi Bahan Hand Sanitizer yang Tak Kalah Ampuh Untuk Virus Corona! Begini Cara Membuatnya

Editor : Saeful Imam

Sumber : gridfame.id

Baca Lainnya