Jangan Buru-buru Dimasak, 5 Bahan Makanan Favorit Orang Indonesia Ini Justru Lebih Sehat Dimakan Mentah

Kamis, 10 September 2020 | 09:48
freepik

makanan yang lebih baik dikonsumsi mentah

GridHITS.id -Proses memasak dibutuhkan untuk mengolah berbagai bahan makanan mentah agar lebih enak untuk dinikmati.

Sayangnya, memasak, mengukus, merebus, dan menggoreng dapat mempengaruhi kualitas nutrisi dari bahan makanan.

Menurut Dr. Rupali Datta, Ahli Gizi Klinis di Rumah Sakit Fortis-Escorts, "Memasak dapat merusak kandungan nutrisi terutama vitamin C dan vitamin B dalam makanan."

Baca Juga: Pucuk Dicinta Ulam Pun Tiba, Setelah Lama Ditunggu-tunggu, Sri Mulyani Akhirnya Kembali Bawa Kabar Baik Soal Subsidi untuk Karyawan Bergaji Dibawah Rp5 Juta, Ada Apa?

Baca Juga: Akui Sempat Takut dengan Reaksi Teman-Temannya, Nikita Willy Beberkan Proses Perjalanan Hijrahnya

Melansir dari NDTV Food, Datta menyarankan khusus untuk 7 jenis makanan ini lebih baik dimakan mentah.

Tanpa proses memasak apapun, 7 bahan makanan inipaling baik dimakan mentah demimemaksimalkan manfaat untuk kecerdasan dan kesehatankita.

Apa saja ya makanan tersebut?

1.Bawang merah dan bawang bombay

pixabay.com/PublicDomainPictures /17913 images

Bawang bombay

Baca Juga: Minum Air Rebusan Lemon Sebelum Tidur, Besok Pagi Rasakan Manfaatnya yang Tak Terduga

Baca Juga: Tetap Singset Bak Anak Perawan Hingga Buat Ahmad Dhani Selalu Klepek-klepek Meski Sudah Berusia 41 Tahun, Mulan Jameela Dikabarkan Hamil Lagi

Percaya atau tidak,zat allicin yang bisamembuat Moms menangis ketika memotong bawang adalah kandungan yang baik untuk meningkatkan kesehatan.

Fitonutrien ini membantu mencegah rasa lapar, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Moms akan mendapatkan lebih banyak zat ini saat memakan makan bawang merah dan bombay mentah daripadayang sudah dimasak.

2. Bawang putih

Pixabay
Pixabay

Ilustrasi bawang putih untuk pria

Baca Juga: Beda 180 Derajat, Dulu Hanya Jadi Asisten yang Disuruh-suruh, Kini Mantan Asisten Uya Kuya Jadi Pengusaha hingga Desainer Gaun Pengantin

Baca Juga: Saat Uang Senilai Rp2 Juta Hanya Dinjak-injak Nagita Slavina, Warganet Pun Menjerit : Sama dengan Sebulan Gajiku

Bahan makanan ini adalah salah satu jenis yang hampir selalu ada dalam makanan dan dikonsumsi setelah dimasak.

Seperti bawang bombay, bawang putih mengandung fitonutrien allicin, yang baik dikonsumsi dalam jumlah banyak jika mentah.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bawang putih mentah yang dikonsumsi dua kali atau lebih dalam seminggu melindungi Moms daririsiko kanker paru-paru.

3.Kacang mentah

Freepik

Kacang almond

Baca Juga: Seolah Kesabarannya Sudah Habis Karena Terus Cibir Calon Mantu Iis Dahlia, Rizky Billar Nekat Lakukan Hal Tak Terduga

Baca Juga: Disuntik Vaksin Corona ke Dalam Tubuhnya, Relawan Ini Memberikan Pengakuan yang Mengejutkan, Suhu Badan Mendadak Naik Drastis Hingga Rasa Kantuk yang Tak Terkendali

Kacang yang jadi camilan favorit banyak orang ini mengandung banyak zat besi, magnesium, dan fosfor.

Meski lebih tinggi kalori dibandingkan kebanyakan makanan kesehatan lainnya, kacang-kacangan merupakan sumber utama lemak sehat yang dapat membantu menyeimbangkan pola makan kita.

Lemak esensial ini benar-benar membantuuntukmenurunkan kolesterol jahat, mengurangi risiko penggumpalan darah, dan meningkatkan kesehatan arteri.

Mengonsumsi kacangseperti almond, kacang mete, hazelnut, pecan, dan jenis lainnya yang belum dipanggang dengan minyak dan tanpa tambahan garam jauh lebih baik.

Sebab kacang mentah lebih tinggi zat besi, magnesium, dan tidak mengandung minyak transgenik.

4. Brokoli

Pixabay/PDPics

Brokoli

Baca Juga: Sering Mendengarkan Musik Saat Menyetir Mobil? Simak Tips dari Ahli Agar Tak Kena Kecelakaan

Baca Juga: Kabar Gembira untuk Pasangan Pengantin yang Bakal Menikah, Hengky Kurniawan Pinjamkan Mobil Dinas Wabup Secara Cuma-cuma, Ini Syaratnya

Sayuran hijau satu ini kaya akan kandungan vitamin C dan kalsium.

Brokolijuga mengandung senyawa yang disebut sulforaphane yang dikenal untuk menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Merebus brokoli hingga empuk dapat menurunkan kadar sulforaphane hingga 70 persen.

Apalagi jika brokoli diolah dengan suhu tinggi dalam waktu yang lama, bisa-bisa kandungan dalam brokoli menjadi lebih buruk setelah dimasak.

5. Paprika

Kompas

Paprika

Baca Juga: Buruan Aktifin! Paket Kuota Belajar Telkomsel 10 GB Cuma Rp 10, Bisa Dibeli hingga Akhir Desember

Baca Juga: Belasan Tahun Menjanda Namun Tak Sudi Terima Lamaran Irwan Mussry, Desy Ratnasari Kini Harus Terima Kenyataan 'Hamil' di Usia yang Tak Lagi Muda

Paprika, terutama yang berwarna cerah mengandung vitamin C dalam jumlah yang sangat tinggi.

Menurut National Institutes of Health di Amerika Serikat, jika paprika dimasak pada suhu di atas 375 derajat, dapat merusak nilai gizinya.

Sebab vitamin C sangat sensitif terhadap panas.

Oleh sebab itu, mengonsumsi paprika jauh lebih baik dalam keadaan mentah daripada direbus, dioven, atau bahkan digoreng dalam minyak panas.

Itulah dia Moms, 5 bahan makanan yang justru lebih baik dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Jika Moms tak sepenuhnya bisa mengonsumsi kelima bahan tersebut mentag-mentah, menumis dengan api kecil dan waktu yang sebentar adalah pilihan yang lebih baik.

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul "Sering Dikonsumsi Orang Indonesia, 5 Bahan Makanan Ini Ternyata Justru Lebih Sehat Bila Dikonsumsi Mentah, Apa Saja?"

Editor : Nita Febriani

Sumber : Nakita

Baca Lainnya