Mal Margo City Tutup Usai 15 Pegawai Hipermarket Giant Kembali Dinyatakan Positif Covid-19, 15 Orang lagi Masih Menunggu Hasil Swab!

Selasa, 18 Agustus 2020 | 20:55
dokumentasi margo city

Margo City terpaksa ditutup usai 16 karyawan giant dinyatakan positif corona.

Mal Margo City Tutup Usai 15 Pegawai Hipermarket Giant Kembali Positif Covid-19, 15 Orang lagi Masih Menunggu Hasil Swab!

GridHITS.id - Mal Margo City terpaksa ditutup usai 15 karyawan Giant kembali dinyatakan positif alami corona.

Sebelumnya, beberapa hari lalu satu orang karyawan hipermarket dinyatakan positif corona, sehingga semua karyawan yang melalukan kontak terpaksa dikarantina.

Bahkan, sebanyak 30 karyawan harus menjalani tes swab karena kontak erat dengan penderita.

Baca Juga: Digadang-gadang Ampuh Sembuhkan Corona, Pakar Independen Klaim Obat Temuan UNAIR Penuh Kejanggalan! Ini Buktinya

Baca Juga: Kabar Terbaru Virus Corona di Tanah Air, Pakar Epidemiologi: Kita Belum Memasuki Puncak, Gelombang Pertama Saja Belum Sampai

Sebanyak 16 pegawai ritel Giant Extra Margo City, Depok, Jawa Barat terkonfirmasi positif Covid-19.

Jumlah ini kemungkinan masih akan bertambah, karena ada 15 pegawai lain yang saat ini masih menunggu hasil tes swab PCR mereka dirilis oleh laboratorium pada esok hari, Rabu (19/8/2020).

Dengan ini, Giant Margo City dinyatakan menjadi klaster penularan Covid-19 di Depok.

"Melihat jumlah (kasus positif) yang cukup besar, bisa dikatakan seperti itu (klaster). Jadi dengan adanya penularan dari satu ke orang lain, bisa dikatakan ini klaster Giant Margo City," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana kepada wartawan, Selasa (18/8/2020).

Dadang menjelaskan, buntut dari cukup banyaknya kasus Covid-19 di pusat perbelanjaan ini, maka upaya mitigasi lebih lanjut bakal dilakukan.

Giant Margo City disebut telah meminta pihak Gugus Tugas agar bantu memantau dan mendampingi upaya mitigasi ini.

"Mereka sudah meminta Pemadam Kebakaran dan Satpol PP untuk melakukan monitor terkait dengan pelaksanaan disinfeksi," ungkap Dadang.

Baca Juga:Waspada! Pakar Ahli Ungkap Flu Babi Jenis Baru yang Melanda China Bisa Lebih Ganas dan Menular Lewat Kontak Langsung

Baca Juga:Belum Usai Wabah Virus Corona, Muncul Flu Babi Jenis Baru yang Bisa Jadi Ancaman Meluasnya Pandemi Baru

Di pihak mal, yakni Margo City, juga akan menutup operasional mal guna kepentingan mitigasi, hingga 25 Agustus mendatang.

Sebagai informasi, Giant Margo City sendiri sudah diperintahkan tutup sementara oleh Gugus Tugas sejak 15 Agustus 2020 lalu menyusul temuan satu pegawainya positif Covid-19.

Pegawai itu diketahui positif Covid-19 pada 5 Agustus 2020.

Ia demam tinggi ketika hendak masuk kerja pada 26 Juli 2020 silam.

Sejak 5 Agustus 2020, tim pegawai Giant Margo City sebanyak 75 orang dikarantina di kediaman masing-masing dan pihak ritel menggantinya dengan tim baru, serta membersihkan area ritel.

Penelusuran kontak dari Pemkot Depok melalui Gugus Tugas Covid-19, dari 75 pegawai itu, hanya 30 di antaranya yang dilakukan tes swab karena melakukan kontak erat dengan pegawai yang positif tadi.

Baca Juga:Belum Usai Wabah Virus Corona, Muncul Virus Tick-Borne Marak di China yang Dikhawatirkan Bisa Masuk ke Indonesia

Baca Juga:Belum Usai Corona Menyerang, Ratusan Babi di Palembang Dinyatakan Mati Terinfeksi Flu Babi Afrika, Kenali Gejala Ini Sebelum Terlambat

Dari 30 pegawai itu, 15 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini.

Sementara itu, sisa 45 pegawai lain dilakukan rapid test karena tidak kontak erat.

Hasilnya, 30 pegawai nonreaktif.

Sebanyak 15 lainnya reaktif dan sudah dilakukan tes swab, namun hasilnya baru terbit besok.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belasan Pegawai Tertular Virus Corona, Giant Margo City Depok Jadi Klaster Covid-19"

Editor : Saeful Imam

Sumber : kompas

Baca Lainnya