Mulai Sekarang Harus Hati-hati, Wanita Ini Meregang Nyawa Hanya Gara-gara Makan Kacang Merah, Ternyata Ini Penyebabnya

Kamis, 16 Juli 2020 | 14:03
Tribun Bali - Tribunnews.com

Bagi penderita diabetes, kacang merah miliki manfaat luar biasa untuk kesehatan

Mulai Sekarang Harus Hati-hati, Wanita Ini Meregang Nyawa Hanya Gara-gara Makan Kacang Merah, Ternyata Ini Penyebabnya

GridHITS.id - Apakah anda sering memasak kacang merah?Bagi Anda yang sering memasak kacang merah mungkin perlu berhati-hati untuk memasaknya.Karena mungkin, Anda bisa mengalami keracunan jika salah dalam cara memasakanya seperti yang dialami oleh wanita ini.

Baca Juga: Gerah Terus-terusan Disebut Kacang Lupa Kulitnya dan Tak Mau Akui Cak Malik Sebagai Suaminya, Nella Kharisma Kini Terang-terangan Bongkar Status Pernikahan yang Sebenarnya

Baca Juga: Bak Kacang Lupa Kulitnya, Ayah Angkat Syahrini Blak-blakan Mengaku Dicampakkan Saat Ambisi Sang Anak Terpenuhi, Juluki Wanita Agenda Hingga Peringatkan Korban Selanjutnya

Menurut Daily Mirror pada Senin (25/3/2019), seorang wanita mendapati dirinya sakit akibat keracunan setelah memakan kacang merah.Kok bisa ya?Bagaimana bisa terjadi?Berikut ulasannya untuk anda.

Kesalahan Memasak Kacang MerahWanita bernama Anne Sullivan menemukan resep rebusan kacang merah dan sebenarnya telah mengikuti semua intruksinya.Termasuk merendamnya dahulu sebelum memasaknya, sebelum akhirnya merebusnya sampai mendidih di slow cooker menurut laporan Yahoo.

Baca Juga: Bukan Cuma Diet, Minum Air Hangat Sebelum Sarapan Punya Sederet Manfaat Baik Bagi Kesehatan

Baca Juga: Disebut-sebut Bisa Tangkal Corona dan Penyakit, Jahe Bisa Mengancam Nyawa Bila Dikonsumsi Orang Dengan Gangguan dan Penyakit ini!

Namun, 7 jam kemudian ukuran kacang masih sama dan belum mengembang.

Anne mengambil dan memakannya meskipun kacang tersebut masih terasa keras dan kenyal.Alhasil, dia mengalami hal mengerikan, termasuk merasa pusing hingga menjadi pingsan.Dia mengatakan, "Saya merasa tidak enak badan, dan pada akhirnya bos saya menyuruh saya untuk pulang dan tidur setelah saya merasa muntah."Setelah kejadian itu, dia kembali melakukan prosedur yang sama untuk memasak kacang merah bersama pacarnya.Namun, mereka tak merasakan apapun dan bahkan tidak keracunan seperti sebelumnya.Mereka pun bertanya-tanya, mengapa kacang sebelumnya bisa membuat Anne merasakan sakit, tetapi kali ini tidak.

Ternyata hal itu disebabkan karena pada saat memasak sebelumnya, mereka membiarkannya merebus kacang merah itu selama berjam-jam, namun kurang matang.

Hal itu menyebabkan racun yang disebut dengan phytohaemagglutinin, menjadi lebih kuat. Racun tersebut menyebabkan gejala seperti diare, pusing dan mual.

Kesalahan Anne adalah tidak merebus kacang selama sepuluh menit.Apa yang seharusnya dia lakukan adalah merendam kacang selama lima jam, tiriskan, bilas lalu rebus selama sepuluh menit.Dengan merebusnya di slow cooker langsung, dia justru telah meningkatkan kadar toksin.Manfaat Kacang Merah.

Baca Juga: Tak Selamanya Baik, Vitamin C Bisa Beri Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Dikonsumi dengan Cara Ini

Baca Juga: Salah Satunya Jadi Menu Favorit, Siapa Sangka Sederet Makanan Nikmat Ini Berbahaya Bagi Kesehatan OtakBerikut ini beberapa manfaat luar biasa dari kacang merah:1. Kaya Protein

Menurut USDA, satu porsi 100 gram kacang merah mentah mengandung sekitar 24 gram protein.Ahli gizi makrobiologi dan Praktisi Kesehatan Shilpa Arora mengatakan, "Kacang-kacangan adKombinasi biji-bijian dan kacang-kacangan bekerja dengan baik jika Anda menginginkan berbagai asam amino dalam sekali makan."Namun, pastikan Anda mengontrol porsi kacang merah.Ini karena kacang merah banyak mengandung protein phaseolin, yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.2. Baik untuk PencernaanKacang merah mengandung campuran yang kaya serat larut dan tidak larut.Serat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus.Tetapi Anda juga harus memastikan bahwa tidak berlebihan mengonsumsi kacang merah, jika tidak ingin memiliki masalah seperti gas dan perut kembung.

3. Baik untuk Penderita DiabetesKarbohidrat yang ada dalam kacang merah adalah jenis yang baik.Karbohidrat ini memperlambat pencernaan, yang membantu pelepasan gula secara lambat dalam aliran darah.Kacang merah juga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, sehingga menjadi makanan yang ideal untuk penderita diabetes.4. Tinggi Akan Mineral PentingMenurut buku, "Healing Foods" oleh DK Publishing House, kacang merah mengandung zat besi pembentuk darah.Selain itu ada fosfor yang memainkan peran penting dalam tulang dan gigi yang sehat, dan vitamin K yang membantu melindungi sistem saraf dari kerusakan radikal bebas.

5. Menurunkan KolestrolKacang merah kaya akan serat larut.Serat larut menarik air dan mengubahnya menjadi gel selama pencernaan.Serat ini juga membantu menurunkan kolesterol tidak sehat (LDL).6. Penurunan Berat BadanApakah anda ingin menurunkan berat badan anda?Kacang merah dikemas dengan protein dan serat, yang keduanya membantu membuat rasa kenyang.

Ketika Anda merasa kenyang, maka akan makan lebih sedikit dan dapat mengatur berat badan lebih baik.Kacang merah juga mengandung sejumlah besar pati resisten, yang dapat memainkan peran yang efektif dalam pengelolaan berat badan.

Artikel ini telah tayang di SajianSedap.id dengan judul Miris! Wanita ini Mengalami Keracunan Setelah Makan Sepiring Kacang Merah yang Dimasaknya, Kok Bisa?

Editor : Saeful Imam

Sumber : sajiansedap.com

Baca Lainnya