Disebut-sebut Bisa Tangkal Corona dan Penyakit, Jahe Bisa Mengancam Nyawa Bila Dikonsumsi Orang Dengan Gangguan dan Penyakit ini!

Senin, 13 Juli 2020 | 20:30
food.detik.com

Air jahe.

Disebut-sebut Bisa Tangkal Corona dan Penyakit, Jahe Bisa Mengancam Nyawa Bila Dikonsumsi Orang Dengan Gangguan dan Penyakit ini!

GridHITS.id - Jahe dikenal sebagai rempah yang sarat dengan manfaat.

Bahkan, beberapa waktu lalu masyarakat menggunakan ramuan jahe untuk menangkal virus corona yang sedang mewabah.

Ya, secara turun temurun dan tradisional, jahe memang sarat dengan manfaat.

Rempah ini sering kali digunakan untuk memasak atau dinikmati sebagai minuman.

Jahe sendiri dikenal memiliki banyak manfaat, seperti menghangatkan tubuh sampai meringankan gejala flu.

Hanya saja, pernahkan Moms berpikir kalau jahe ternyata bisa menyebabkan kondisi kesehatan memburuk jika dikonsumsi dengan aturan tertentu?

Mengutip dari Kompas.com, berikut adalah aturan-aturan yang harus dilakukan agar jahe dengan sejumlah manfaat kesehatannya tak menjadi bumerang untuk tubuh.

Baca Juga:Iseng Minum Campuran Air Jeruk Nipis dan Jahe Tiap Sebelum Tidur, Jangan Kaget dengan Khasiatnya Pada Kesehatan Tubuh

Baca Juga:Bukan Jahe atau Kunyit, Paranormal Mbak You Sarankan Warganet Beli Kentang dan Ubi Untuk Perangi Covid-19

1. Gula

Sensasi pedas jahe ketika diminum kadang tidak sesuai dengan selera orang, yang akhirnya membuat mereka menambahkan gula.

Hanya saja, mengosumsi jahe dengan gula berlebih bisa berefek buruk.

Menurut anjuran Kementerian Kesehatan, konsumsi gula orang dewasa dengan aktivitas normal, maksimal empat sendok makan atau 50 gram per hari.

"Tambahan gula berlebih dalam ramuan jahe justru membuat daya tahan tubuh anjlok, kortisol naik, stres oksidatif (radikal bebas dalam tubuh meningkat). Salah-salah infeksi virusnya malah menjadi-jadi," kata Tan Shot Yen, seorang ahli gizi.

Tidak cuma itu, jika dikonsumsi berlebihan jahe justru bisa memicu sariawan, sembelit, demam, sampai iritasi saluran pencernaan.

"Kalau sekadar satu hari satu cangkir, ya okelah. Hanya saja, yang mengganggu justru tambahan gulanya. Pertimbangkan takaran gulanya," kata dia.

2. Penderita hipertensi dan diabetes

Penderita penyakit diabetes dan juga hipertensi dianjurkan untuk bijak dalam mengonsumsi jahe.

Hal ini karena rempah tersebut punya sifat menurunkan tekanan dan kadar gula darah.

Baca Juga:Dikenal Bermanfaat, Orang dengan 5 Kondisi Ini Dilarang Keras Minum Air Kelapa Jika Tak Ingin Alami Gangguan Kesehatan

Baca Juga:Minum Air Kelapa Saat Perut Kosong Tapi Tak Sadar Sudah Seminggu Mengkonsumsinya, Wanita Ini Terkejut Dapati Perubahan Drastis pada Tubuhnya

Apabila jahe dikonsumsi dengan obat penurun darah tinggi atau pengontrol diabetes, maka hal buruk bisa terjadi.

Namun demikian, penderita hipertensi dan diabetes tidak bisa mengandalkan jahe sebagai obat penyakit tersebut.

Hal ini karena penyitas hipertensi dan diabetes tetap membutuhkan obat racikan untuk mengontrol kondisi tubuh mereka.

3. Keamanan dan kebersihan bahan pangan

Dalam keterangannya, Tan mewanti-wanti agar lebih memperhatikan kebersihan pangan ketika mengonsumsi jahe.

"Yang paling penting, orang yang mengonsumsi jahe perlu memperhatikan keamanan pangan dan faktor kebersihan," jelas dia.

Menurut studi yang diterbitkan Hindawi, kontaminasi mikroba dan bahan kimia produk herbal seperti jahe bisa terjadi saat proses panen, penyimpanan, pengolahan hingga distribusi.

Baca Juga:Rutinlah Awali Hari Minum Ramuan Ajaib Air Madu Hangat, Khasiatnya Sungguh Luar Biasa Bagi Tubuh

Baca Juga:Dipercaya Ampuh Turunkan Berat dan Dianggap Menyehatkan, Rutin Minum Air Putih Hangat Justru Diungkap Peneliti Punya Risiko Tinggi

Kontaminasi zat kimia maupun jamur pada produk herbal bisa berbahaya, terutama bagi pengidap gangguan imun atau seseorang yang sistem daya tahan tubuhnya sedang lemah.

Kontaminasi zat kimia maupun jamur yang tak kasatmata tersebut dapat memengaruhi kesehatan hati, paru-paru, sampai sistem saraf pusat.

(Artikel ini sudah tayang di Nakita.id dengan judul:Dikenal Punya Sedabrek Manfaat Kesehatan, Jahe Justru Bisa Jadi Bumerang Buruk Buat Tubuh Jika Kesalahan-kesalahan Ini Dilakukan)

Editor : Saeful Imam

Sumber : KOMPAS.com

Baca Lainnya