Dulu Sombong Bisa Jadi Negara Maju dan Ngotot Berpisah dari Indonesia, Setelah 20 Tahun Timor Leste Malah Melarat Bahkan Berisiko Bangkrut

Sabtu, 11 Juli 2020 | 10:56
Jeffrey Kingston / Antonio Cruz/ABr - Agência Brasil / Wikipedia Indonesia

Belum genap 10 tahun setelah melepaskan diri dari Indonesia, Timor Leste mengalami peristiwa kelam lainnya. Presiden Timor Leste Jose Ramos Harto dan PM Xanana Gusmao diserang oleh pasukan pemberontak di Timor Leste (11/2/2008)

Dulu Sombong Bisa Jadi Negara Maju dan Ngotot Berpisah dari Indonesia, Setelah 20 Tahun Timor Leste Malah Menderita Bahkan Berisiko Bangkrut

GridHITS.id- Dulu Timor Leste ngotot ingin lepas dari Indonesia dan berencana menjadi negara maju.Padahal, sebelumnya Timor Leste masuk propinsi ke-27 di Indonesia.

Keinginan untuk menjadi negara maju pun membuncah, bahkan mereka pun memobilisasi warganya untuk berpisah dari Indonesia.

Hasilnya, sebagian masyarakat menginginkan kemerdekaan hinggapada tahun 1999 akhirnya Timor Leste akhirnya memisahkan diri dari Indonesia dan berdiri sebagai negara sendiri.

Timor Leste memisahkan diri dari Indonesia secara referendum dengan bantuan Unamet PBB.

Baca Juga: Kabar Gembira Kondisi Perekonomian di Tengah Wabah Corona, Morgan Stanley: Indonesia Negara dengan Pemulihan Ekonomi Tercepat Setelah China

Baca Juga: Penularan Corona Berhasil Ditekan, Tangan Kanan Presiden Jokowi Akan Longgarkan PSBB di Daerah ini, Mana Saja?

Berdasarkan data lembaga yang menangani pemungutan suara di Timor Leste itu,3/4 warga Timor Leste menolak opsi optimistis khusus dan lebih memilih lepas dari Indonesia.

Namun, sebelum Timor Leste memperoleh kemerdekaannya, sempat terjadi adu senjata militer oleh ABRI yang dikenal dengan operasi seroja.

Dalam operasi itu, pasukan ABRI berusaha menggulingkan pemerintahan Fretlin yang kemudian memicu pendudukan seperempat abad.

Baca Juga:KKB Makin Beringas dan Sadis! Usai 2 Tenaga Medis Covid-19 Meregang Nyawa, Warga Asli Papua Tewas dan Dimutilasi KKB

Baca Juga:Penembak Jitu Andalan KKB Peneror Masyarakat Tewas di Tangan TNI-Polri, Satu Senapan Laras Panjang Turut Diamankan

Sekitar 100.000-180.000 tentara dan warga sipil gugur dalam pertempuran tersebut.

Selama bertahun-tahun militer Indonesia menghadapi perlawanan besar-besaran di pedalaman pegunungan pulau itu.

Kemudian, pada 20 Mei 2002, Timor Leste memperoleh kemerdekaanya dari Indonesia.

Negara ini memasksakan diri untuk lepas dari Indonesia dan memilih berdiri sendiri sebagai sebuah negara medeka.

Kini 18 tahun telah berlalu, negara yang memilih mandiri itu bukannya tambah makmur justru makin sengsara dan alami kejatuhan ekonomi parah.

Mengutip Tribunnews, Timor Leste tak hanya alami kemiskinan hebat, negara ini juga digadang sebagai negara yang akan bangkrut.

Menurut Bank Dunia pada Minggu (5/7/2020), pertumbuhan ekonomi Timor Leste sangat lamban dibandingkan negara lainnya.

Negara ini juga disebut menyandang status negara termiskin di dunia.

Baca Juga:Ogah Kasih Ampun, TNI Kejar 2 Kapal China Sampai ke Perairan Singapura hingga Temukan Hal Mengenaskan di Kapal Tiongkok Itu

Baca Juga:Prediksinya Jarang Meleset, Mbah Mijan Terawang Masa Depan Indonesia dengan Negara Lain Usai Muncul Kalung Ajaib Antivirus: Seolah-olah Ada Energi Gaib yang Menerobos Melampaui Batas!

Menurut United National Development Programme (UNDP), Timor Leste menempati urutan ke 152 dari 162 sebagai negara termiskin di dunia.

PDB per kapita Timor Leste diperkirakan sekitar 2,356 dollar AS (Rp34,23 juta), sementara Indonesia tahun 2019 saja mencapai 4.274 dollar AS (Rp60 juta).

Sementara itu di sektor ekonomi, Timor Leste sangat bergantung pada Australia dan Indonesia, untuk barang-barang impor.

Tahun 2019, Bank Dunia melaporkan pertumbuhan ekonomi Timor Leste sekitar 4,1% di tahun 2020, meningkat menjadi 4,9% diperkirakan hingga 2021.

Pertumbuhan investasi di Timor Leste sangat lemah pasca-merdeka, ini terkait stabilitas politik dan ekonomi di negara yang masih bergejolak itu.

Saat ini Timor Leste mengandalkan pemasukann dari minyak, tahun 2019 lalu produksi minyak Timor Leste mencapai 38 juta barel setara minyak (BOE) dengan banyak kerja sama dengan Australia.

Namun, menurut data Timor Leste Economic Report, yang dirilis Bank Dunia 2020, ekonomi Timor Leste justru semakin buruk akibat Covid-19.

Baca Juga:Di Saat KKB Makin Mengganas, POLRI Malah Berkonflik dengan TNI dan Tewaskan 3 Anggotanya, Kapolda dan Pangdam Papua Langsung Turun Tangan

Baca Juga:Pagar Makan Tanaman! Rekan Satu Kantornya Meregang Nyawa karena Ditembak KKB, Satpam PT Freeport ini Malah Jadikan Rumahnya Markas Pemberontak Bersenjata

Di saat yang sama kondisi politik di negara itu juga belim stabil.

Pemerintah Timor Leste sampai utang 250 dollar AS dari Petroleum Fund di mana 60% digunakan untuk penanganan Covid-19.

Virus corona memperburuk kondisi ekonomi Timor Leste, menurunkan jumlah kunjungan turis asing, dan memperlambat ekspor-impor.

Di sisi lain, pengeluaran negara semakin bertambah untuk mengurangi dampak pandemi.

Artikel ini telah tayang diIntisari Online dengan judul"Sampai Angkat Senjata Ngotot Ingin Merdeka dari Indonesia, Timor Leste Kini Nasibnya Mengenenaskan, Jadi Negara Termiskin di Dunia dan Terancam Bangkrut"

Editor : Saeful Imam

Sumber : intisari

Baca Lainnya