Janjikan Tagihan Listrik Tak Akan Lagi Membengkak, PLN Minta Foto Meteran Listrik Dikirim Lewat WhatsApp
GridHITS.id - Beberapa bulan terakhir ini, banyak dari masyarakat yang mengeluhkan tagihan listrik yang membengkak.
Banyak dari pelanggan PLN yang akhirnya melayangkan protes massal karena tagihan yang dianggap tak masuk akal ini.
PT. PLN selaku penyedia jasa listrik di seleruh Indonesia ini juga ikut mencari solusi terbaik agar tagihan listrik tak lagi membengkak.
Untuk hal itu, PLN akhirnya membuka layanan berbasis aplikasi WhatsApp (WA) untuk mengirimkan meteran listrik secara mandiri lewat nomor WA yang sudah tersedia.
Tepat pada hari ini (24/06), PLN membuka layanan mandiri agar pelanggan PLN tak lagi menelan pil pahit akibat tagihan listrik yang tak masuk akal.
Layanan tersebut akan dibuka hingga Sabtu, 27 Juni 2020.
Adapun pengiriman angka stand dan foto kWh meter di luar tanggal tersebut tidak dapat dijadikan perhitungan tagihan listrik, tetapi menggunakan hasil pencatatan yang dilakukan petugas PLN.
Adapun pelaporan baca meter mandiri ini dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA) PLN 123 dengan nomor 08122123123.
Pelaporan tersebut dapat dilakukan setiap bulannya pada tanggal 24-27, termasuk bulan ini.
Menurut keterangan resmi yang diterima Kompas.com, (21/06) lalu, pelaporan mandiri pelanggan yang valid akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik.
"Jadi, kalau pelanggan mengirimkan angka stand kwh meter dan kami nyatakan valid, kami akan menggunakan laporan tersebut sebagai dasar perhitungan rekening," kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, Agung Murdifi.
"Meskipun petugas catat meter mengunjungi rumah pelanggan," lanjutnya.
Cara melaporkan meteran listrik rumah secara mandiri
Berikut adalah cara menyampaikan pelaporan stand meter mandiri (baca meter mandiri) PLN melalui WhatsApp:
1. Hubungi PLN melalui nomor WhatsApp (WA) di 08122123123.
2. Ketik "Halo".
3. Ketik 2 untuk melakukan stand meter mandiri (baca meter mandiri).
4. Baca informasi yang muncul Masukkan ID pelanggan.
5. Jika ID pelanggan dan hari baca sudah sesuai, ketik angka stand kWh meter.
6. Ambil dan kirimkan foto kWh meter (angka stand harus terlihat jelas).
7. Selesai dan PLN akan melakukan verifikasi data yang telah dikirimkan oleh pelanggan.