Bukan Hoaks, Ahli Ungkap Kabar Baik Soal Kapan Vaksin Covid-19 Bisa Digunakan Massal, Akhir Tahun Ini?

Jumat, 29 Mei 2020 | 13:39
freepik

Ilustrasi virus corona

Bukan Hoaks, Ahli Ungkap Kabar Baik Soal Kapan Vaksin Covid-19 Bisa Digunakan Massal, Akhir Tahun Ini?

GridHITS.ID-Ahli kembali memberikan kabar baik terkait perkembangan vaksin untuk Covid-19.

Seperti yang kita ketahui, hingga saat ini banyak ahli dunia yang mencoba untuk menemukan vaksin untuk membasmi virus corona.

Beberapa vaksin untuk Covid-19 dikabarkan telah memasuki uji coba, termasuk pada manusia.

Baca Juga: Satu Berita Baik, Ilmuwan Ungkap Uji Coba Vaksin Covid-19 Pada Ratusan Sukarelawan Perlihatkan Hasil Memuaskan

Baca Juga: Jadi Kabar Buruk di Awal Bulan Syawal Terkait Virus Corona, Tangan Kanan Jokowi Beberkan Para Ahli Seluruh Dunia Belum Temukan Titik Terang Terkait Vaksin Corona, Tanda Dunia Belum Bisa Bebas dari Virus Corona?

Pada Selasa (26/5/2020) Perusahaan Bioteknologi Novavax lakukan uji coba vaksin virus corona pada manusia di kota Melbourne dan Brisbane, Australia.

Apabila uji coba itu berhasil, maka vaksin akan dirilis tahun ini juga.

Perusahaan itu menguji keamanan vaksin pada 131 relawan. Tujuannya untuk memastikan efektivitas vaksin dalam mengatasi virus corona.

Menurut kepala penelitian perusahaan bioteknologi itu, Dr Gregory Glenn, vaksin ini dibuat oleh pihaknya secara paralel dengan harapan mampu menyembuhkan pasien dengan virus corona di dalam tubuhnya.

Harapan Dr Glenn vaksin yang diuji sekarang dapat digunakan oleh dunia pada akhir tahun ini.

"Kami berharap vaksin sudah dapat digunakan pada akhir tahun ini," kata Dr Glenn dalam jumpa pers virtual di Melbourne, dari kantornya di Maryland, Amerika Serikat,dilansir olahKompas.comdariABC Australia..

Baca Juga: Kabar Baik dari Hasil Uji Coba Fase Pertama Vaksin Covid-19, Ampuhkan untuk Lawan Virus Corona? Begini Penjelasan Ahli

Baca Juga: Ahli Beri Secercah Harapan Bagi Warga Dunia Soal Virus Corona Meski Belum Ditemukan Vaksin untuk Covid-19

"Vaksin itu mukjizat dan mampu melindungi penduduk dari penyakit kronis ini. Saya sangat optimis hal itu bisa terwujud," katanya.

Vaksin yang diujicoba di Melbourne merupakan pilihan dari kelompok 30 potensi vaksin yang telah ada.

Telah banyak lembaga pengembangan vaksin Covid-19 diseluruh dunia.

Hanya belasan dari ratusan lembaga pengembangan vaksin Covid-19 yang telah mencapai uji coba ke manusia, China, Amerika Serikat (AS), dan Eropa.

Metode pengembangan yang digunakan berbeda-beda, hal ini yang menyebabkan belum diketahui apakah setiap uji coba tersebut akan aman dan efektif.

Vaksin dari Amerika Serikat

Sebelumnya, dikabarkan bahwa hasil uji coba fase pertama vaksin buatan perusahaan bioteknologi AS, Moderna memberikan hasil yang cukup baik.

Dilansir dariBBC(18/5/2020), Moderna mengatakan antibodi penawar ditemukan pada delapan orang pertama yang mengambil bagian dalam uji keamanan dari vaksin mRNA-1273.

Baca Juga: Ditemukan 5 Ribu Lebih Jenis Virus Corona dan Diduga Terus Mengalami Mutasi, Peneliti Khawatir Pengembangan Vaksin Akan Sia-sia, 'Ini Adalah Peringatan Dini'

Baca Juga: Lagi Bernapas Lega, Ada Kabar Baik Soal Penemuan Terbaru Terkait Penangkal Virus Corona yang Dibuat Oleh Ahli di Italia

Studi ini dikenal sebagai uji coba fase 1 karena dirancang untuk menguji apakah vaksin itu aman digunakan, dan bukan apakah vaksin itu efektif atau tidak.

Sehingga masih dibutuhkan uji coba yang lebih besar untuk melihat apakah orang terlindungi dari virus setelah diberi vaksin.

Semoga vaksin untuk Covid-19 bisa segera diproduksi massal ya.

(Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Australia Uji Coba Vaksin Virus Corona pada Manusia, Bisa Tersedia Tahun Ini")

Editor : Saeful Imam

Sumber : kompas

Baca Lainnya