Benar-benar Pikirkan Perut Rakyat, Gubernur Jawa Tengah Umumkan Langsung Soal Bantuan yang Akan Diberikan pada Warganya di Ibu Kota

Sabtu, 02 Mei 2020 | 13:36
Instagram @ganjar_pranowo

Ganjar Pranowo

Benar-benar Pikirkan Perut Rakyat, Gubernur Jawa Tengah Umumkan Langsung Soal Bantuan yang Akan Diberikan pada Warganya di Ibu Kota

GridHITS.ID -Pengumuman penting baru saja dikoarkan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo terkait mudik.

Seperti yang kita ketahui, pemerintah telah melarang warga Indonesia untuk mudik ke kampung halaman guna menekan penularan virus corona.

Beberapa jalan masuk dan keluar di Jabodetabek dijaga petugas untuk memastikan tak ada warga yang mudik.

Namun, masih saja ada warga yang lolos dan bisa pulang ke kampung halaman.

Baca Juga: Saat PHK Terjadi di Mana-mana dan Masyarakat Dilarang Mudik, Kebijakan Jokowi Datangkan 500 TKA dari Cina Dikecam, Gubernur Sultra : Saya Siap Pimpin Langsung Aksi

Baca Juga: Sempat Dilarang Keras, Kini Masyarakat Miliki Peluang Untuk Mudik Asalkan Memenuhi Syarat Ini

Melihat hal tersebut, melalui tayangan di kanal YouTube Official iNews (1/5/2020), Ganjar mengimbau agar warga Jawa Tengah tak usah mudik.

Namun jangan khawatir, Ganjar tak diam saja melihat warganya ada di ibu kota.

Mulanya, Ganjar mengaku telah berkomunikasi dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur JawaBaratRidwan Kamil terkaitpenanganan warga kurang mampuyang tak mudik.

Ganjar mengaku telah menyiapkan logistik untuk membantu warga kurang mampu yang ada di ibu kota.

Ia juga menggandeng paguyuban orang Jawa Tengah yang ada di Jakarta dan Jawa Baratuntuk membantunya.

"Maka saya siapkan logistik ke kawan-kawan perwakilan, kita tidak boleh menunggu. Bantuanyang dari DKI diterima saja, nanti kekurangannya kita bantu saja. Yang penting mereka dirayu untuk tidak pulang," ungkap Ganjar.

Baca Juga: Larangan Mudik Presiden Joko Widodo Dianggap Bak Angin Lalu, Bupati Ini Masa Bodoh dengan Aturan dan Nekat Tetap Terima Pemudik: ‘Mereka itu Manusia Bukan Kerbau’

Baca Juga: Niatan Mudik Gagal Total, Pria Ini Mengemis Lesu Ucap Mendingan Mati di Kampung: Sedih Mau Ngapain di Sini

Tak hanya soal bahan pangan, Ganjar jugaberniat untuk meminjam tempat yang luas sebagai tempat penampungan bagi warga Jawa Tengah yang tak mudik.

"Saya dengan gugus tugas sampe bilang, 'kalo mereka petugas atau buruh harian lepas bagaimana caranya ya, saya boleh nggak minta ada GOR atau gedung kosong agar mereka diinepin di situ deh. Sebulan atau dua bulan gitu trus kita kasih makan'," tukasnya.

Lebih lanjut, Ganjar mengusulkan pula untuk diadakan pemberdayaan keterampilan bagi buruh lepas atau pekerja harian jika diperbolehkan menumpang tinggal di GOR.

Hal tersebut dilakukan agar mereka bisa mengisi waktu luang dengan hal yang produktif.

Ganjar kembali melanjutkan terkait pemberian bahan makanan untukwarganya yang masih ada di ibu kota.

"Sampai minggu depan, saya hitung-hitung, kalo mereka masih bertahan (tidak mudik),dan selama ini informasi yang masuk mereka kesulitanpangan, nanti akan kirimkan logistik dari Jawa Tengah," ujarnya.

"Saya sudah pesen beberapa petani-petani yang panen beras untuk kita beli dan kirim ke sana. Saya hitung-hitung sekitar 700 ton (beras) musti dikirim, untuk mereka bisa makan begitu," tegasnya.

Baca Juga: Bukannya Senang, Orangtua ini Malah Marah-marah Lalu Usir Anaknya yang Mudik, Begini Fakta di Baliknya

Editor : Saeful Imam

Sumber : YouTube

Baca Lainnya